Apa saja tugas administrasi keuangan secara umum?
Submitted by admin on Mon, 07/25/2022 - 23:17

Setelah belajar online gratis membagikan tentang 5 tips melakukan rencana keuangan jangka pendek pada artikel sebelumnya, melanjutkan berbagi artikel tentang keuangan pada artikel ini kita akan Memahami tugas dan tanggung jawab sebagai administrasi keuangan.

Apakah Sobat memiliki latar belakang di bidang keuangan? Atau apakah Sobat lebih suka presisi, detail, dan perhitungan? Sobat dapat memilih bekerja sebagai administrator keuangan. Dikatakan bahwa pengelolaan keuangan itu sulit atau tidak sulit, apalagi mudah.

Apabila Sobat belajar online sedang mencari lowongan perusahaan, salah satu lowongan  yang paling umum adalah Administrator Keuangan, posisi ini memang cukup penting, karena hampir setiap jenis bisnis membutuhkan peran karyawan administrasi keuangan.

Hampir seperti tugas staf administrasi umum, tugas administrasi keuangan secara umum tidak jauh berbeda dengan pekerjaan penyimpanan dan kearsipan. Hanya menjadi tugas administrator keuangan untuk fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Tugas utama Administrator keuangan adalah menyiapkan anggaran  yang telah disepakati, melakukan pembukuan dan mencatat semua transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran. Dengan pengelolaan keuangan, uang  masuk dan keluar harus dicatat dengan cara yang wajar, sehingga penggunaan pengeluaran dalam bisnis menjadi efektif dan efisien. 

Memang, deskripsi pekerjaan yang dilakukan oleh tugas manajemen keuangan cukup panjang, membutuhkan tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Untuk mendekatkan dan membuka gambaran tentang pekerjaan manajemen keuangan, berikut ini adalah ikhtisar tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan yang harus Sobat ketahui.

1. Perencanaan keuangan bisnis
Sobat perlu membuat rencana keuangan bisnis. Mulai dari perencanaan pinjaman, penerimaan dan pencairan, hingga pelunasan utang yang jatuh tempo. Biasanya perusahaan akan meminta Sobat untuk melakukan laporan keuangan secara berkala. Sobat akan diinstruksikan oleh perusahaan untuk mengetahui dan mengenali jumlah yang dianggarkan dan pendapatan yang diperoleh.

2. Mengatur arus kas bisnis
Administrasi keuangan perusahaan juga bertanggung jawab untuk mengelola arus keuangan dalam perusahaan. Mulailah dengan membuka rekening baru, tentukan jumlah yang disetorkan ke rekening bisnis, dan catat seluruh arus kas bisnis.

3. Mengetahui dan membayar hutang perusahaan
Tugas dan tanggung jawab manajer keuangan perusahaan selanjutnya adalah mengetahui jumlah kredit yang diberikan oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk melunasi pinjaman lebih awal.

4. Menyiapkan kebijakan anggaran keuangan perusahaan
Sebagai manajer keuangan, Sobat juga harus bisa merencanakan kebijakan penganggaran keuangan perusahaan. Artinya Sobat perlu berkomunikasi dengan departemen lain tentang kebutuhan anggaran yang akan dikeluarkan. Selain itu, Sobat juga berhak menentukan laba atas investasi (return on investment) dari uang yang dikeluarkan. Artinya Sobat berhak meminta hasil saat mengajukan anggaran.

5. Pengelolaan surat berharga perusahaan
Administrator keuangan juga sering terlibat dalam pengelolaan sekuritas perusahaan. Tugasnya meliputi pendaftaran, verifikasi operasi pengembalian dana, penyimpanan judul sesuai dengan kebijakan. Oleh karena itu, pengelolaan keuangan juga memerlukan keahlian khusus seperti pengetahuan dasar tentang isi dan konteks judul yang akan disimpan.

Jobdesk dan tugas Administrasi keuangan
Seperti namanya,  tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan tentunya tidak jauh dari bagian keuangan. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam proses melakukan pekerjaannya, kesalahan sekecil apapun bisa berakibat fatal. Untuk mengetahui deskripsi pekerjaan departemen Administrasi keuangan, teman belajar online dapat merujuk ke pekerjaan berikut:
 
1. Perencanaan keuangan seperti perencanaan pinjaman, pendapatan, pengeluaran hingga pembiayaan.  
2. Membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan dan tahunan, kemudian memberitahukan kepada atasan.
3. Mengelola arus kas perusahaan, mulai dari tabungan bank, penentuan simpanan, pencatatan transaksi, dll.  
4. Berkoordinasi dengan karyawan  dan atasan lain, menetapkan kebijakan pengelolaan keuangan.
5. Membuat, memverifikasi dan menyimpan faktur, catatan vendor, laporan AP/AR untuk memastikan status hutang/piutang.
6. Mencatat  pembayaran  pelanggan.
7. Kelola semua pembayaran tagihan sehingga pembayaran dilakukan tepat waktu, termasuk pembayaran ke pemasok.
8. Menyimpan dokumen transaksi untuk menjaga ketertiban administrasi dan untuk memudahkan pemrosesan di kemudian hari jika diperlukan setiap saat.
9. Melakukan analisis  dan pelaporan keuangan untuk organisasi.
10. Dukungan dalam pengelolaan kegiatan utang dan piutang perusahaan.

Kualifikasi profesional dalam manajemen keuangan bisnis
Jika Teman belajar online belum bekerja dan ingin mengambil posisi ini,  mengetahui kualifikasi di bawah ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena dapat memaksimalkan keterampilan atau kemampuan yang sebelumnya sepele, tetapi mengetahui bahwa itu diperlukan untuk posisi itu, mereka akan terus dimaksimalkan.

Selain memahami tugas dan tanggung jawab, Sobat juga harus mengetahui kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi manajer keuangan. Berikut kriteria yang harus Sobat penuhi:

Secara umum, kriteria untuk menjadi seorang manajer keuangan adalah memiliki pengetahuan dasar akuntansi, termasuk  pajak. Sedangkan dari segi karakter, manajer keuangan setidaknya adalah orang yang teliti, teratur dan tentunya jujur. Karena pengelolaan keuangan adalah kerja keras, jika Sobat tidak stabil, Sobat bisa terpikat ke korupsi.

Agar tidak terlalu panjang artikel tugas administrasi keuangan secara umum yang disampaikan oleh teman belajar online, berikut adalah beberapa kualifikasi yang biasanya diberikan untuk posisi di administrasi keuangan:
A. Memahami  akuntansi dan manajemen keuangan
B. Mahir menggunakan aplikasi Microsoft Office, terutama MS Word dan MS Excel.
C. Memahami software akuntansi.
D. Memiliki minimal ijazah SMA sederajat  jurusan akuntansi, manajemen atau administrasi perkantoran.
E. Mampu berkomunikasi dengan baik secara verbal dan non verbal.
F. Mampu berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
G. Teliti, rapi dan gesit dalam bekerja.
H. Rajin dan disiplin.
I. Dapat diandalkan dan bertanggung jawab.
J Bersedia bekerja keras.
K. Orientasi hasil kerja.
L. Dapat bekerja sama dengan baik dengan karyawan.
M. Kemampuan bahasa asing merupakan nilai tambah.
N. Cermat, teliti, gesit, rapi dalam melakukan pekerjaan
O. Harus memahami manajemen keuangan
P. Dapat berkomunikasi dengan baik dengan departemen lain
Q. Harus dapat diandalkan dan sangat bertanggung jawab
R. Kemampuan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran keuangan bisnis
S. Berperilaku ramah, sopan dan beretika
T. Selalu memperhatikan pekerjaan yang sempurna.

Nah, Itulah sedikit wawasan tentang tugas administrasi keuangan secara umum yang dibagikan oleh belajaronlinegratis.com kali ini, apabila teman belajar online ingin menambahkannya silahkan menuliskan tentang pangangan sobat tentang tugas administrator keuangan pada kolom komentar.