Belajar Online Keuangan Jelaskan apa yang dimaksud dengan rumus 1234 dalam mengelola keuangan

Submitted by admin on Fri, 11/25/2022 - 15:50

Bagaimana cara mengelola uang dengan formulir 1234 ? Mencapai situasi keuangan yang baik membutuhkan keterampilan manajemen keuangan yang cerdas. Beberapa orang menggunakan cara atau metode yang berbeda-beda untuk memperbaiki pengelolaan keuangan dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing keluarga. Salah satu metode yang paling populer dalam mengatur keuangan adalah rumus 1233.

Rumus Mengelola Keuangan 1234 itu seperti apa ? Rumus keuangan 1234 adalah rumus manajemen keuangan yang menentukan jumlah distribusi presentasi untuk anggaran keuangan bulanan. Biasanya orang menggunakan rumus 1234 ini untuk menentukan gaji bulanannya, berikut penjelasan rumus pengelolaan keuangan dengan rumus 1234 untuk Sobat.

Apa Yang Dimaksud Rumus 1234 ?

1. 10% untuk sedekah
Sobat dapat menyisihkan 10% dari penghasilan untuk berbagai hal baik, misalnya untuk bersedekah setiap bulan. Selain itu, 10% penghasilan juga bisa diberikan kepada orang tua. Jadi Sobat masih bisa berbuat baik dengan penghasilan yang didapatkan setiap bulan.

2. Menyisihkan 20% untuk asuransi investasi dan dana darurat
Ketika Sobat menerima gaji, Sobat juga harus menyisihkan 20% untuk asuransi investasi dan dana darurat. Hal ini juga penting dalam pengelolaan keuangan agar memiliki dana untuk masa depan untuk dana darurat. Dengan asuransi investasi atau dana darurat, Sobat bisa menabung, misalnya dengan menabung, dan invest di berbagai instrumen investasi, seperti reksa dana dan saham.

3. Mengalokasikan 30% untuk bayar cicilan
Dalam hal utang-utang tertentu, besarnya cicilan tidak melebihi 30%. Pengalokasian penghasilan 30% dari penghasilan untuk membayar utang atau cicilan merupakan salah satu risiko finansial yang perlu Sobat waspadai. Jika Sobat sedang bergumul dengan rasio hutang ini, sebaiknya perbaiki manajemen keuangan agar keadaan keuangan Sobat membaik dan tetap stabil di masa depan.

4. 40% untuk kebutuhan hidup
Kebutuhan hidup terdiri dari berbagai hal seperti makan, minum, transportasi dan pengeluaran lainnya. Bagian 40% ini dapat mencakup semua kebutuhan hidup, termasuk gaya hidup sehari-hari. Misalnya, jika gaji bulanan Sobat Rp 6 juta, biaya hidup yang tersedia adalah 2,4 juta.

Metode pengelolaan uang
 Selain rumus pengelolaan keuangan 1234, Sobat juga dapat mencoba rumus lain, seperti berikut ini:

A. Rumus 50 30 20
Pertama, Sobat harus menyisihkan 20% dari penghasilan untuk ditabung. Sobat bisa menabung dalam bentuk apapun, seperti menabung di rumah atau berinvestasi di obligasi atau dana saham. Sebaiknya dana 20% ini tidak diganggu gugat jika dialokasikan.

Pilihan lainnya adalah menyisihkan 30% dari penghasilan untuk kebutuhan yang tidak mendesak, seperti membeli baju, membeli barang elektronik untuk liburan, dll.

50% dari pendapatan Sobat harus digunakan untuk kebutuhan penting atau prioritas seperti makan, minum, pindah rumah, dan lainnya.

B. Rumus Mingguan Sobat bisa lebih fleksibel dengan Rumus Mingguan
 karena pembagian pendapatan dibagi menjadi 4 bagian. Kemudian tetapkan batas pengeluaran setiap minggu dan Sobat dapat membelanjakannya selama tidak melebihi batas anggaran yang telah ditetapkan. Jika perlu, Sobat dapat membagi dalam 5 bagian yang 1 bagian, Sobat simpan untuk disimpan.

C. Rumus 50 x 50
Sobat dapat menggunakan metode 50/50, dimana setiap anak menerima gaji setiap bulan kemudian langsung menyisihkan 50% dari pendapatan untuk ditabung dan tidak boleh digunakan untuk hal lain. Kemudian 50% sisanya dapat digunakan untuk kebutuhan Sobat, kemudian Sobat dapat membagikannya kembali menggunakan aturan atau rumus lain yang sesuai dengan Sobat.

Tips menentukan gaji bulanan
1. Tentukan pengeluaran dengan bijak

Hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah menentukan pengeluaran dengan bijak. Jika Sobat tidak dapat menahan diri untuk tidak membelanjakan uang, hal itu dapat menjadi bumerang bagi manajemen keuangan Sobat di masa depan. Ini karena menahan diri untuk tidak mengeluarkan uang secara bebas adalah keterampilan pertama yang harus Sobat miliki. Semakin Sobat dapat memprioritaskan pengeluaran Sobat, semakin baik situasi keuangan Sobat. Untuk melakukan ini, tetapkan skala prioritas pengeluaran.

2. Melakukan pencatatan
Melakukan pencatatan dengan baik agar dapat mengatur keuangan dengan lebih sistematis. Menyimpan catatan yang jelas tentang pendapatan dan pengeluaran keuangan Sobat dapat membantu Sobat menjalani kehidupan yang disiplin dalam hal membelanjakan uang. Selain itu, ini dapat membantu Sobat meninjau secara teratur apa yang Sobat konsumsi. Pendaftaran gaji bulanan dapat dilakukan secara sederhana dengan memiliki sumber pendapatan di bagian-bagian seperti pendapatan bulanan atau kegiatan sampingan untuk memenuhi kebutuhan pokok, sekunder, dan tersier.

3. Gaya hidup sederhana
Jika gaji Sobat tidak terlalu tinggi, sebaiknya disesuaikan juga dengan gaya hidup Sobat. Kegagalan dalam mengatur keuangan juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang terlalu banyak melebihi pendapatan bulanan. Oleh karena itu, sangat penting membiasakan diri dengan gaya hidup sederhana tanpa terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

4. Gunakan perkiraan biaya yang tepat
Dengan memilih metode atau formula manajemen keuangan tersebut di atas, dapat membantu Sobat menyusun perkiraan biaya. Ini seperti formulir 1234 dengan koneksi dan item pengeluarannya sendiri untuk membuat manajemen keuangan lebih bersih dan lebih baik.

Inilah cara menentukan gaji bulanan dengan rumus 1234  yang bisa Sobat gunakan. Mulailah mengelola keuangan sekarang dan nikmati hasilnya di masa mendatang. Dengan pengelolaan keuangan yang optimal, Sobat akan lebih cepat mencapai tujuan keuangan Sobat.