Mengapa Peringkat Pencarian pada Beberapa Kata Kunci Berfluktuasi Begitu Banyak ?

Submitted by admin on Fri, 06/10/2022 - 22:21

Apakah Sobat belajar SEO sedang mengelola dan mengurus website baru dan ranking website tersebut peringkat pencarian pada beberapa kata kunci (keywords) berfluktuasi begitu banyak? Apakah penyebab berfluktuasinya peringkat kata kunci yang ditargetkan tersebut di hasil pencarian pada mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya ?

Ada banyak alasan mengapa peringkat pencarian berfluktuasi.

    “Mengapa peringkat target kata kunci tertentu misalnya belajar seo online sangat berfluktuasi ? Misalnya, kata kunci tertentu peringkat 8 pagi, 10 sore, 15 malam, 9 larut malam. Kata kunci dicari dari satu lokasi dan satu alamat IP saja.”

Saya telah menenangkan ketakutan klien ketika mereka mengetikkan kueri dan melihat bahwa situs mereka telah jatuh selama 21 tahun sekarang. Ada banyak alasan mengapa peringkat situs akan berfluktuasi – dan pada kenyataannya, dalam banyak kasus, Sobat tidak akan tahu pasti mengapa peringkatnya berubah. Namun dalam banyak kasus, Sobat dapat membuat beberapa asumsi yang cukup bagus ketika peringkat kata kunci turun .


Apakah Sobat Menimbang Diri Setiap Hari ?

Siapa pun yang telah mencoba menurunkan berat badan tahu bahwa menimbang diri sendiri setiap hari adalah kontraproduktif. Hal yang sama berlaku untuk peringkat mesin pencari. Jika Sobat memeriksa peringkat Sobat setiap hari atau beberapa kali per hari, Sobat tidak akan melihat gambaran yang akurat tentang apa yang Sobat lakukan untuk mencari penyebab berfluktuasinya hasil pencarian tersebut.

Faktanya, jika Sobat terlalu sering memeriksa peringkat, Sobat akan rentan terhadap reaksi spontan yang mungkin sangat menggagalkan strategi SEO yang sedang dioptimalkan untuk mesin pencari. Rekomendasinya adalah untuk memeriksa peringkat Sobat maksimal sekali seminggu.

Tentu saja, ada alasan mengapa beberapa situs mungkin ingin memeriksa lebih sering, atau lebih jarang. Tapi pada sebagian besar website/blog memeriksa rangking blog dalam hasil pencarian mesin pencari seminggu sekali merupakan ide yang baik untuk memeriksa peringkat website dan Sobat akan melihat hasil optimalisasi SEO website yang sedang dilakukan.


Peringkat, Fluktuasi dan Persaingan

Kata kunci yang memiliki persaingan kata kunci yang kompetitif akan semakin sering mengalami fluktuasi peringkat dalam hasil pencarian mesin pencari. Pada kata kunci yang memiliki kompetisi kata kunci yang kuat, mesin pencari seperti Google biasanya lebih sering merayapi situs yang relevan untuk kueri tersebut.

Para pemain yang bersaing untuk mendapatkan peringkat dalam kueri itu kemungkinan besar sering membuat perubahan di situs mereka. Untuk banyak kueri kompetitif, ada algoritme bayi untuk menentukan peringkat situs yang relevan dengan topik.

Ketika itu terjadi, peringkat akan lebih banyak bergerak. Dalam pertanyaan awal, poster itu tampaknya menunjukkan bahwa fluktuasi itu konsisten dari hari ke hari. Dugaan saya adalah bahwa ini adalah algoritma yang sedang berubah dan Pada akhirnya, peringkat ini akan menetap dan lebih konsisten, hanya berubah secara berkala.

Tetapi saat pembaruan sedang berlangsung, peringkat sering berubah. Memeriksa peringkat SEO berulang kali selama pembaruan peringkat agak seperti menimbang diri Sobat 10 kali sehari. Ini mungkin menarik bagi Sobat, tetapi itu tidak akan memberi Sobat indikasi berapa banyak berat badan yang sebenarnya Sobat turunkan (atau bertambah).


Peringkat seo Bukan Hasil akhir

SERP yang Sobat lihat belum tentu SERP yang saya lihat. Pada perkembangan akhir-akhir ini rangking dalam mesin pencari hanya indikator dari kesuksesan penerapan teknik SEO, bukan indikator kesuksesan praktisi SEO. Kesuksesan berasal dari penjualan, prospek, pendaftaran email, atau metrik lainnya .Itu adalah metrik yang perlu Sobat lacak setiap hari Bukan peringkat. Sobat akan lebih bahagia dan lebih sukses jika Sobat menilai kesuksesan Sobat berdasarkan hasil aktual daripada peringkat.


Bagaimana Pandangan Google Mesin Pencari Soal Fluktuasinya Peringkat Website dalam Hasil Mesin Pencari ?

Peringkat untuk Situs Baru Bisa Berfluktuasi Hingga Satu Tahun. Google mengatakan itu normal untuk melihat peringkat pencarian untuk situs baru sangat berfluktuasi dalam tahun pertama. John Mueller dari Google menyarankan bahwa dibutuhkan waktu hingga satu tahun bagi mesin pencari untuk mengetahui di mana peringkat situs baru itu posisi tepatnya.

Selama waktu itu kemungkinan akan ada beberapa fluktuasi yang signifikan dalam peringkat pencarian di mesin pencari. Itu benar-benar normal, kata Mueller, dan tidak selalu terkait dengan apa pun yang dilakukan situs dengan benar atau salah. Topik ini muncul selama hangout Pusat Webmaster Google yang diadakan pada 12 Juni 2020. Pemilik situs yang bersangkutan mengajukan pertanyaan tentang situs web mereka yang berusia 8 bulan, yang tampaknya mendapat peringkat yang baik hingga sebulan yang lalu.

Pemilik situs mencatat penurunan peringkat mereka bertepatan dengan serangan SEO negatif oleh pesaing yang menghasilkan lebih dari 1.500 backlink berisi spam. Sekarang situs tersebut tidak dapat ditemukan di hasil pencarian dan pemilik situs ingin tahu cara memulihkan peringkat mereka. Bagaimana mereka melanjutkan dari sini?


Tanggapan John Mueller

Sebagai tanggapan, Mueller memberi tahu webmaster bahwa situs mereka masih dianggap sangat baru. Dibandingkan dengan sejarah internet, 8 bulan bukanlah rentang waktu yang lama. Algoritme Google masih mencoba mencari cara untuk menentukan peringkat situs web di antara semua konten lain di web. Proses ini bisa memakan waktu hingga satu tahun sebelum peringkat turun.

    “Saya pikir jika situs web Sobat baru, katakanlah, beberapa bulan, mungkin 8 bulan, mungkin satu tahun, maka itu masih sangat segar sehubungan dengan sisa internet. Jadi itu adalah waktu di mana algoritme kami masih mencoba mencari tahu bagaimana dan di mana kami harus menampilkan situs web Sobat dalam hasil pencarian secara keseluruhan.

    Jadi itu adalah sesuatu yang normal untuk melihat semacam fluktuasi di sekitar bagaimana hal itu ditampilkan dalam pencarian. Terkadang hal-hal naik untuk sementara waktu, terkadang mereka turun untuk sementara waktu. Dan kemudian, saya akan mengatakan selama setahun, segalanya menjadi stabil.

    Jadi itu adalah sesuatu di mana saya tidak perlu terlalu khawatir tentang situasi khusus ini. Saya akan terus mengerjakan situs web Sobat, dan seiring waktu itu adalah sesuatu yang harus tercermin dalam pencarian secara keseluruhan.”

Bagaimana dengan backlink spam?

Pemilik situs mengarahkan perhatian Mueller kembali ke tautan berisi spam dan menanyakan apakah tautan tersebut dapat berdampak negatif terhadap peringkat. Mueller menegaskan, seperti yang telah dia nyatakan sebelumnya, bahwa algoritme Google mengabaikan jenis tautan tersebut.

    “Itu adalah sesuatu yang kita lihat sepanjang waktu. Sangat mudah bagi orang untuk menjalankan skrip dan menjatuhkan ribuan dan jutaan tautan di internet dan kami mengabaikannya. Itu adalah sesuatu yang membuat orang menjadi sangat sibuk, dan mereka melakukan semua hal gila ini, tetapi algoritme kami sering melihatnya sehingga mereka terbiasa mengabaikannya…”

Selanjutnya, teks jangkar tidak masalah dalam kasus ini. Juga tidak masalah apakah tautannya nofollow atau tidak. Google mengabaikan semua itu.

    “Hal semacam ini sangat mudah di mana Sobat dapat mengambil 5 dolar dan mengirimkannya kepada seseorang dan mereka akan memasang ribuan tautan di web. Orang-orang telah melakukan ini selama bertahun-tahun.”

Terakhir, pemilik situs menanyakan apakah tautan spam yang ditampilkan ditolak sebagai tindakan pencegahan.

    “Saya rasa Sobat tidak perlu melakukannya. Saya tidak berpikir itu akan mengubah apa pun. Saya hanya akan mengabaikannya sepenuhnya.     Jika pesaing Sobat berfokus pada membangun tautan buruk untuk situs web Sobat, maka setidaknya mereka tidak membuat situs web yang lebih baik untuk diri mereka sendiri.”