18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Submitted by admin on Sun, 07/17/2022 - 08:32

Pada artikel sebelumnya bawehonlinegratis.com telah berbagi artikel tentang apa yang dimaksud dengan administrasi keuangan secara umum ? Melanjutkan artikel keuangan, maka baweh online akan membagikan tentang apa itu 18 pengertian administrasi keuangan menurut para ahli agar pengetahuan kita tentang administrasi keuangan bertambah luas.

18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli (Lengkap)

18 Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan menurut para ahli yang dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Mari kita bahas lengkap pembahasannya disini dengan seksama. Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari manajemen keuangan menurut ahlinya, silahkan disimak.

1. James Van Horne
Pengertian manajemen keuangan menurut James Van Horne adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan serta untuk mengolah aktiva dengan tujuan semua aktivitas.

2. Weston dan Copeland
Pengertian manajemen keuangan menurut Weston dan Copeland adalah suatu fungsi, dan tanggung jawab para manajer keuangan. Fungsi pokok manajemen keuangan adalah menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden pada suatu perusahaan.

3. Sutrisno (2003:3)
Pengertian manajemen keuangan menurut Sutrisno adalah semua kegiatan perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

4. Brighman dan Houston
Pengertian manajemen keuangan menurut Brighman dan Houston adalah bidang yang terluas dari tiga bidang keuangan, dan memiliki kesempatan karir yang sangat luas.

5. JF Bradley
Pengertian manajemen keuangan menurut JF Bradley adalah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana dan seleksi yang seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran yang bergerak ke arah mencapai tujuannya.

6. Agus Sartono (2001:6)
Pengertian manajemen keuangan menurut Agus Sartono adalah manajemen dana baik yang berkaitan dengan suatu pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun suatu usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.

7. Sonny S (2003)
Pengertian manajemen keuangan menurut Sonny S adalah kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana untuk mendapatkan dana, memakai dana, dan untuk mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahana secara menyeluruh.

8. Grestenberg
Pengertian manajemen keuangan menurut Grestenberg adalah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk memperoleh dana, cara mereka memperoleh dana, cara bagaimana penggunaan mereka dan bagaimana bisnis di distribusikan.

9. J.L. Massie
Pengertian manajemen keuangan menurut J.L. Massie adalah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan memakai dana yang diperlukan untuk suatu uperasi yang efektif dan efisien.

10. Bambang Riyanto
Pengertian manajemen keuangan menurut Bambang Riyanto adlah suatu keseluruhan kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan suatu usaha untuk mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut se-efisien mungkin.

11. Suad Husnan
Pengertian manajemen keuangan menurut Suad Husnan adalah kegiatan manajemen terhadap seluruh fungsi keuangan.

12. Liehman
Pengertian manajemen keuangan menurut Liehman adalah upaya menyediakan dana dan menggunakan dana tersebut untuk memperoleh aset (aktiva)

13. Martono dan Agus Harjito (2005:4)
Pengertian manajemen keuangan menurut Martono dan Agus Harjito adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh.

14. Husnan dan Pudjiastuti (2006)
Pengertian manajemen keuangan menurut Husnan dan Pudjiastuti adalah menyangkut semua kegiatan perencanaan, analisis dan pengendalian kegiatan keuangan.

15. Prawironegoro (2007)
Pengertian manajemen keuangan menurut Prawironegoro adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan se-efektif, se-efisien, se-produktif mungkin untuk menghasilkan laba

16. Farah Margaretha (2007:2)
Pengertian manajemen keuangan menurut Farah Margaretha adalah proses pengambilan keputusan tentang asset, pembiayaan dari asset tersebut, dan pendistribusian dari seluruh cash flow yang potensial yang dihasilkan dari asset tadi.

17. Wikipedia
Pengertian manajemen keuangan menurut Wikipedia adalah suatu kegiatan perencanaa, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

18. Arthur J. Keown, John D. Martin, J. William Petty dan David F. Scott, Jr
Pengertian manajemen keuangan menurut Arthur J. Keown, John D. Martin, J. William Petty dan David F. Scott, Jr adalah mengenai pemeliharaan dan penciptaan dari nilai ekonomi atau kekayaan.

Semoga pengertian administrasi keuangan menurut para ahli dalam artikel belajaronline gratis.com menambah wawasan Sobat BOGER tentang pendapat para ahli tentang manajemen keuangan.

Artikel sumber 18 pengertian artikel keuangan menurut para ahli dapat dibaca di : 

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/18-pengertian-manajemen-keuangan-menurut-para-ahli.html