Artikel VS Halaman Kategori, Tentukan Pilihan Untuk Ranking SEO

Submitted by admin on Fri, 01/07/2022 - 19:30

Mesin Pencari Google umumnya lebih menyukai konten artikel original daripada konten khusus produk atau halaman kategori. Jadi, haruskah Sobat lebih fokus pada SEO untuk artikel daripada halaman kategori ?

Google crawler memang lebih menyukai halaman artikel daripada halaman yang dikategorikan / bagian di SERP, lalu apakah berarti harus lebih fokus pada artikel? Bagaimana cara meningkatkan peringkat penelusuran mesin pencari untuk halaman kategori pada kueri penelusuran umum seperti 'film'?”

Setiap industri memiliki cara masing-masing untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Dan pada akhirnya, jawaban atas pertanyaan Sobat sepenuhnya bergantung pada maksud si pemilik konten. Google umumnya lebih menyukai konten artikel daripada konten khusus produk atau kategori, tetapi itu karena konten artikel cenderung lebih bermanfaat, lebih seimbang, dan lebih sering diperbarui daripada jenis konten lainnya.

Apa yang coba dilakukan Google adalah mengantisipasi apa maksud dari pencari ketika mereka menuliskan kueri pada kotak mesin pencari. Untuk (Keyword) kata kunci umum seperti “film”, seseorang mungkin mencari dengan mengetikkan salah satu dari kata kunci berikut ini: 

  • Film terbaru box office
  • Review film terbaru
  • situs review film terpercaya
  • Download film terbaru
  • Dimana saya bisa nonton film terbaru
  • Dan berbagai kata kuci film yang tak mungkin ditulis dalam artikel ini semua kata kunci film tersebut.

Ketika pengguna internet melakukan pencarian untuk kata kunci film, Google search engine berasumsi bahwa penelusur menginginkan salah satu dari dua yang pertama – film terbaru box office, atau ulasan film terbaru. Jika penelusur mesin pencari ingin melakukan hal lain, penelusur mesin pencari harus mengedit keywords (kata kunci) untuk memasukkan lebih banyak informasi.

Tetapi jika penelusur mesin pencari membeli banyak film di Google Play, kemungkinan besar Google akan menyesuaikan hasil pencarian penelusur mesin pencari untuk memasukkan film baru yang tersedia untuk diunduh.

Sebagai pemilik situs, tugas Sobat belajar online adalah menentukan pencarian "film" apa yang kemungkinan akan menghasilkan pencari yang ingin melihat konten yang Sobat tawarkan dan mengoptimalkan konten Sobat sesuai dengan itu.

Itu tadi contoh apabila Blog yang sobat miliki berkaitan dengan film, Bagaimana kalau blog sobat tentang belajar online seperti blog belajaronlinegratis.com ini ? Maka sobat harus mencari mana yang paling banyak mendatangkan traffick ke blog melalui penelusuran original Google melalui lebih mendalami belajar SEO.

Semoga setelah membaca artikel belajar SEO yang berjudul Artikel VS Halaman Kategori, Tentukan Pilihan Untuk Ranking SEO Sobat dapat menentukan arah tujuan blog belajar online yang hendak dicapai.