Bagaimana Cara Mendiagnosis Penurunan Peringkat Halaman ?

Submitted by admin on Thu, 06/09/2022 - 19:37

Pada artikel sebelumnya belajaronlinegratis.com membahas tentang penerapan kata kunci salah ketik pada website. Melanjutkan belajar SEO online kali ini akan menulis artikel Cara Mendiagnosis Penurunan Peringkat Halaman website.

Tidak hanya pada pemula SEO, bahkan profesional SEO yang paling berpengalaman pun terus berjuang untuk mendiagnosis penurunan peringkat dan lalu lintas situs web. Berikut adalah beberapa faktor untuk memeriksa mengapa peringkat website menurun dibandingkan periode sebelumnya.

Apabila situs web kehilangan peringkat pada halaman beranda tetapi halaman internal memiliki peringkat yang baik. Apa yang bisa menjadi alasan untuk ini?Ketika sebuah halaman di situs mulai kehilangan peringkat atau lalu lintas yang signifikan, biasanya semuanya dilakukan secara langsung.

Langkah pertama yang dilakukan sebagian besar profesional SEO adalah analisis mengapa halaman mengalami penurunan. Masalahnya adalah ada ribuan alasan mengapa sebuah halaman dapat mengalami penurunan, dan bahkan ahli SEO yang paling berpengalaman dan paling cerdas pun terkadang kesulitan mendiagnosis dengan tepat apa yang terjadi.

Proses ini bahkan bisa lebih membuat frustrasi ketika beberapa laman situs mengalami penurunan , sementara yang lain mengalami peningkatan. Apabila website mengalami keadaan seperti diatas, maka coba tenangkan diri kemudian buatlah target kata kunci utama yang ditargetkan untuk website tersebut.

Lihatlah Gambaran Besarnya

Sangat penting untuk memahami gambaran besar dari upaya SEO Sobat, terutama ketika situs Sobat sedang berubah. Jika beranda website mengalami penurunan, tetapi halaman internal Sobat mengalami peningkatan – ini mungkin bukan masalah besar jika keseluruhan prospek dan lalu lintas Sobat terus meningkat. Pahami tujuan dan sasaran situs Sobat dalam hal SEO.

Apa Kerugiannya?

Meskipun Sobat tidak dapat mengidentifikasi penyebab penolakan laman, Sobat seharusnya dapat melihat dari mana asalnya .Jika Sobat telah melacak peringkat dan menyiapkan analitik, Sobat seharusnya dapat melihat kata kunci apa yang mengalami penurunan peringkat .

Jika Sobat tidak dapat melihat penurunan peringkat untuk halaman berSobat, Sobat perlu melihat jenis lalu lintas yang menurun. Terkadang halaman dapat memiliki masalah teknis yang menyebabkannya menurun di SERP. Ini terutama benar jika menyangkut versi seluler suatu situs.

Selain itu, perilaku pencari dapat berdampak pada lalu lintas ke halaman tertentu. Jika halaman Sobat menargetkan kata kunci yang mengalami penurunan volume pencarian secara keseluruhan, maka lalu lintas akan turun. Hal terbaik yang dapat Sobat lakukan ketika volume pencarian turun adalah bekerja untuk menciptakan minat keseluruhan, yang tidak harus dilakukan di halaman hasil mesin pencari.

Periksa Tautan Sobat

Untuk sebagian besar situs web, beranda website adalah tempat sebagian besar tautan dari situs web lain diarahkan. Namun terkadang, halaman internal – terutama halaman yang menarik – dapat mengumpulkan lebih banyak tautan dan mendatangkan banyak traffic website daripada beranda website.

Dalam kasus ini, tidak jarang halaman internal atau posting blog mengungguli halaman beranda untuk banyak istilah. Tidak ada yang salah dengan halaman internal mengungguli halaman rumah bahkan, itu bisa sangat bermanfaat bagi beberapa bisnis.

Kuncinya adalah memastikan bahwa halaman interior memiliki jalur yang jelas menuju konversi bagi pengunjung yang awalnya terpapar ke situs Sobat melalui halaman tersebut.Berusahalah untuk membuat halaman internal Sobat relevan bagi pengunjung baru, dan mudahkan pengunjung tersebut untuk berinteraksi.

Intinya

Ada banyak alasan mengapa halaman internal mungkin mengungguli halaman beranda website, tapi pada akhirnya, itu mungkin tidak masalah. Jika Sobat khawatir tentang peringkat yang hilang, periksa tautan, konten, SEO teknis, dan persaingan Sobat untuk melihat mengapa mereka memberi peringkat untuk website lain, bukan pada website Sobat.

Jika Sobat baru saja melihat perilaku audiens bergeser ke halaman internal sesuaikan dan buat halaman internal Sobat yang mengundang pengunjung untuk berlama-lama di website sesuai dengan kata kunci yang disukai tersebut sehingga akan menaikkan peringkat website sobat dengan adanya link dari website lain.