Biaya Pembuatan E-Learning

Submitted by admin on Thu, 07/22/2021 - 23:51

Apakah Sobat berencana untuk membuat Online Learning sites ? Berapa biaya untuk mengembangkan platform e-learning ?Apa faktor yang mempengaruhi biaya pengembangan online learning ? Yuk kita nikmati bacaan blog belajar online gratis yang membahas sekitar berapa harga pembuatan e-learning ?

Sering menonton konten Coursero, Udemy dan situs pembelajaran yang lain ? Karena sering menonton situs online learning tersebut apakah sobat BOGER ingin mengembangkan aplikasi online learning / situs e-kearning sendiri ?

Pertumbuhan industri online learning pun sedang maju pesat apalagi dalam masa pandemi sekarang ini banyak lembaga pendidikan yang memindahkan pembelajaran online. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan memutuskan untuk memperkenalkan solusi mereka dalam pembuatan situs online learning. Namun tidak sedikit yang bingung ketika menentukan biaya untuk membangun online learning tersebut. Sebelum Sobat memastikan untuk membuat online learning sendiri, Sobat perlu memperhatikan biaya dan merumuskan rencapa pembelajaran melalui online learning site ke depannya.

Melihat lebih dalam cerus Pasar Online Learning

Singkatnya, online learning bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengembangan keterampilan menggunakan teknologi yang lebih dikenal Learning Managemet System (LMS). Ini merupakan pendekatan inovatif di era digital ini untuk membangun dunia pendidikan yang membuat proses lebih nyaman, mudah beradaptasi dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Keunggulan situs online learning

Penerapan teknologi situs e-learning mengalami pertumbuhan pesat industri ini memiliki banyak keuntungan L

  • Peserta didik dapat mengakses kursus atau program pendidikan dimana saja dan kapan saja yang mengalami permintaan besar selama pandemi Covid-19
  • Kursus dapat diakses dari berbagai gadget mulai perangkat komputer desktop hinggap perangkat mobile.
  • Online learning memberikan pengalaman pendidikan yang ditingkatkan dan prosesnya lebih inovatif dan menarik
  • Peserta didik mendapatkan akses ke berbagai jenis konten seperti video, audio, ilustrasi, game, dll.
  • Tidak ada batasan dalam mendapatkan materi pendidikan.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pembuatan e learning

Ada beberapa faktor yang membedakan harga pembuatan e learning berikut diantara 4 faktor yang mempengaruhi pembuatan online learning.

1. Kompleksitas

Faktor kompleksitas ini biasanya ditentukan oleh kebutuhan audiens dan kemauan pemesan online learning untuk berkorespondensi dengan mereka. Interaktivitas merupakan kualitas penting dalam pembelajaran online yang menjaming peningkatan keterlibatan pelajar online. Semakin personal platform e-learning yang Sobat minta, maka akan semakin menguras biaya pengembangan online learning.

2. Tarif Pengembang

Bergantung pada hal apakah Sobat menggunakan tim pengembang outsourcing atau mempekerjakan staf internal, pengeluaran Sobat bisa sangat bervariasi. Tarif pengembang freelance untuk tarif pengembangan platform online learning berkisar antara $19-$79 per jam. Dalam hal ini Sobat harus mendiskusikan proyek yang sedang anda inginkan dengantim pengembang dan memilih perang pengembang yang diperlukan.

Semakin spesifik dan kompleks pembuatan online learning, semakin banyak juga biaya yang harus sobat keluarkan Sobat untuk mengaplikasikan online learning yang Sobat harapkan. Saat bekerja dengan pengembang outsourcing, Sobat menerima semua keahlian teknis yang diinginkan di satu tempat.

3. Jenis Konten

Pilihlan jenis konten yang ingin Sobat berikan kepada pengguna online learning yang sobat buat, Apakah konten Sobat dalam bentuk gambar, video, animasi atau teks saja. Jika Sobat membutuhkan konten yang disesuaikan, biayanya akan meningkat. Tool yang siap pakai  adalah pilihan yang lebih terjangkau tetapi tidak menjanjikan kualitas terbaik.

4. Fitur MVP

Sobat memiliki banyak keuntungan melalui pendekatan MVP. Namun apakah sobat sudah tahu apa itu MVP ? MVP singkatan dari Minimum Viable Product (MVP) adalah konsep yang sudah mapan untuk mengembangkan produk baru dengan cepat pembuatannya sehingga bisa cepat diupload ke hosting dan bisa langsung digunakan oleh pelajar online.

Ketika Sobat memanfaatkan fitur MVP tersebut, Sobat harus mengeksplorasi kelayakan konsep MVP di bagian kualitas produk dan harapan pelanggan terhadap produk online learning Sobat, Walaupun diluaran sana banyak pengembang software yang menjanjikan pembuatan online learning dengan cepat.

Apabila Sobat ingin membuat solusi dalam pembelajaran online yang sesuai harapan Sobat, Sobat harus menentukan tujuan pengembangan solusi pendidikan yang akan Sobat buat dengan jelas. Untuk perusahaan yang berbeda, mereka bisa jadi berbeda dari mulai melatih staf hingga membangun sekolah online.