Cara Memulai Hubungan Sobat dengan Klien SEO Baru

Submitted by admin on Fri, 05/13/2022 - 07:00

Bagaimana seharusnya cara memulai hubungan Sobat dengan Klien SEO baru yang sobat seo online tawarkan ? Pada artikel belajar online ini, kita akan belajar seo online kita tidak hanya transaksi jual beli lalu selesai, tentu sobat yang bergerak di bidang SEO ingin mengembangkan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan klien SEO baru? Maka orientasi itu penting. Pelajari cara melakukannya dengan benar.

Bagaimana cara Sobat mulai berkomunikasi ketika mendapatkan / memiliki klien baru SEO ?

Orientasi klien baru adalah salah satu item terpenting yang dapat dilakukan konsultan atau agensi mana pun untuk menghasilkan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan. Onboarding juga merupakan salah satu aspek yang paling diabaikan dari konsultasi SEO. Sebagian besar profesional SEO ingin terjun langsung dan mulai bekerja. Naluri dan niat kita mulia.

Profesional SEO, pada dasarnya, adalah pemecah masalah SEO yang dihadapi oleh klien baru. Konsultan SEO tugasnya melihat masalah SEO yang diterapkan klien tersebut dan tugas konsultan SEO memperbaikinya. Namun sebelum mulai memperbaiki masalah kode, konten, dan profil tautan, penting untuk menetapkan aturan dasar, harapan, dan protokol komunikasi dengan setiap klien baru baik Sobat bekerja sendiri, atau dalam tim konsultan SEO yang sobat pimpin.

Mengatur Tahap SEO
Dalam proses mengatur tahapan SEO tersebut, langkah pertama adalah penyerahan internal dari penjualan ke produksi. Bagi sebagian dari Sobat, langkah ini tidak diperlukan jika orang yang menjual kesepakatan itu juga orang yang akan bertanggung jawab atas proyek tersebut. Tetapi memiliki komunikasi internal tentang segala sesuatu yang dibicarakan dalam proses penjualan adalah penting untuk menciptakan kesan pertama dan memulai dengan langkah yang benar.

Apakah Sobat memiliki hubungan jangka panjang dengan klien SEO sangat tergantung pada komunikasi dalam 2-3 bulan pertama kontrak. Dan komunikasi selama periode ini bisa menjadi masalah. Dalam kebanyakan kasus, pekerjaan yang sedang dilakukan – mempelajari tentang klien dan memperbaiki item teknis SEO tidak memberikan laporan yang menarik bagi klien.

Menetapkan dasar untuk program SEO dan harapan komunikasi klien sangat penting untuk kesuksesan mereka. Biasanya, konsultan SEO akan membuka alat manajemen proyek (Project Management Tool) kepada klien, lengkap dengan setiap tugas yang diberikan dan kemajuan menuju penyelesaian. Konsultan SEO bekerja untuk menjadwalkan panggilan yang sering selama dua bulan pertama untuk check-in dan berbicara tentang apa yang sedang terjadi.

Apabila Sobat sebagai konsultan SEO Online menemukan bahwa beberapa klien tidak tertarik dengan detail program sehari-hari, dan itu tidak masalah. Tetapi bahkan dengan klien-klien itu, komunikasi yang berlebihan lebih baik daripada perlakuan diam. Jika klien tidak tahu apa yang Sobat lakukan, mereka akan menganggap Sobat tidak melakukan apa pun – bahkan jika itu tidak benar-benar terjadi.

Menetapkan harapan komunikasi reguler di luar gerbang adalah faktor besar apakah klien bertahan atau pergi. Jika klien mendapat kesan pertama yang buruk, mungkin tidak mungkin untuk mengubah persepsi mereka, di mana pun hasilnya berakhir.

Menetapkan Tujuan SMART
Sangat penting untuk menetapkan tujuan dengan klien .

Tujuan ini harus SMART

Tujuan SMART adalah:

1. Spesifik (SPECIFIC) (sederhana, masuk akal, signifikan).
2. Measurable (MEASURABLE)(bermakna, memotivasi).
3. Dapat dicapai (ACHIEVABLE) (disetujui, dapat dicapai).
4. Relevan (RELEVANT) (masuk akal, realistis dan sumber daya, berbasis hasil).
5. Terikat waktu (TIME-BOUND) (berbasis waktu, terbatas waktu, waktu/biaya terbatas, tepat waktu, peka waktu).

Dengan menetapkan tujuan, Sobat menambatkan tiang gawang hubungan. Jika klien SEO setuju akan seperti apa kesuksesan itu, mereka tidak dapat mengklaim bahwa proyek tersebut gagal jika tujuannya terpenuhi.  Seringkali, tidak mungkin untuk menetapkan tujuan keseluruhan di awal proyek. Sobat tidak dapat menetapkan tujuan yang realistis jika Sobat tidak tahu apa yang realistis – dan pada awalnya, Sobat tidak tahu apa yang tidak Sobat ketahui.

Tetapi membuat tujuan jangka pendek pada awalnya dapat menghemat banyak sakit kepala ketika tiba saatnya untuk membenarkan nilai Sobat. Tips dari profesional SEO Jangan pernah menyetujui tujuan yang menurut Sobat tidak dapat Sobat capai.

Sangat penting untuk mendorong kembali tujuan yang tidak SMART. Jika Sobat menyetujui tujuan yang tidak dapat Sobat capai, Sobat hanya merusak hubungan, dan Sobat akan dipecat.

Memulai Pekerjaan SEO untuk klien baru
Setelah Sobat melakukan komunikasi dengan klien dan menetapkan harapan, inilah saatnya untuk memulai pekerjaan SEO. Biasanya, setiap proyek SEO dimulai dengan audit keseluruhan dari keberadaan SEO saat ini. Ini adalah audit menyeluruh untuk masalah di dalam dan di luar halaman. Dari audit ini, konsultan SEO membuat rencana jangka panjang untuk meningkatkan SEO situs.

Rencana jangka panjang tidak harus mencakup hasil yang spesifik, hanya arah dan jenis taktik yang akan digunakan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan begitu, dapat melihat bagaimana perubahan kami memengaruhi hasil keseluruhan.

Ketika Sobat mengatur kiriman terlalu jauh sebelumnya, Sobat bisa terjebak melakukan sesuatu yang tidak masuk akal mengingat apa yang telah terjadi di masa lalu. SEO jelas merupakan proses yang berkelanjutan. Saya tidak pernah mengerti mereka yang menyediakan program SEO satu kali dan mengharapkan klien untuk melihat sesuatu di luar kesuksesan jangka pendek yang moderat.

Dengan menjalankan item sebagai kampanye dan terus memperbarui kiriman Sobat dapat mempertahankan momentum dan menunjukkan kemajuan baik dalam jangka pendek maupun dari waktu ke waktu. Jadi mulailah dengan audit dan atur kiriman dari sana Dengan cara tersebut Sobat dapat mendapatkan klien SEO untuk jangka panjang. Bagaimana apakah sobat belajar SEO online siap menerapkannya ?