Cara Nenilih LMS Open Source Terbaik

Submitted by admin on Sun, 08/01/2021 - 18:28

Bagaimana memilih LMS Open Source Terbaik ? Diantara Sobat belajar online bisa jadi sudah menggunakan aplikasi lms Open Source terbaik menurut Sobat. LMS Open Source terbaik menurut belajar online gratis adalah Moode LMS. Kalau Sobat memiliki pandangan LMS Open Source terbaik menurut Sobat sendiri tidak perlu risau mengutarakannya dalam kolom komentar.

Moodle LMS adalah Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Mengapa? Karena Moodle LMS adalah solusi manajemen pembelajaran online yang fleksibel, open source, dan gratis untuk diunduh. Dengan 68 juta pengguna dan 55.000 situs Moodle yang tersebar di seluruh dunia, Moodle adalah platform belajar online yang ramah pengguna yang melayani kebutuhan pembelajaran dan pelatihan orang-orang dari semua jenis organisasi. Inilah mengapa solusi open source LMS Moodle ini adalah LMS terbaik di dunia.

Kelebihan LMS Moodle: Yang Menjadikannya LMS Open Source Terbaik Dunia
Dikembangkan pada tahun 2002 oleh Martin Dougiamas, Moodle berasal sebagai platform belajar online untuk menyediakan pendidik dengan teknologi untuk menyediakan pembelajaran online di lingkungan yang dipersonalisasi, yang mendorong interaksi, penyelidikan, dan kolaborasi. Di situs Moodle pribadi atau publik, pendidik, pelatih, dan pemberi kerja dapat membuat dan menyampaikan kursus online sehingga audiens masing-masing dapat memenuhi dan melampaui tujuan pembelajaran mereka .

Hari ini, Moodle digunakan oleh organisasi di luar pendidikan untuk memasukkan organisasi dari segala bentuk dan ukuran. Paling umum, Moodle digunakan oleh bisnis, perusahaan, rumah sakit, dan organisasi nirlaba untuk pembelajaran online, pelatihan, dan, dalam beberapa kasus, proses bisnis yang diperluas.

Berikut adalah daftar singkat dari semua yang bisa kita manfaatkan dari LMS Moodle Open Source :
•    Pelatihan online
•    Orientasi dan pelatihan terkait
•    Pelatihan dan manajemen berbasis kompetensi
•    Pelatihan keselamatan kerja
•    Pembelajaran online dan peluang pendidikan berkelanjutan
•    Proses perekrutan dan wawancara
•    Pengembangan kursus online
•    Peluncuran produk dan layanan
•    Komunitas Keahlian atau Komunitas Praktik

3 Alasan Mengapa Moodle Adalah LMS Terbaik Dunia
Dengan 68 juta pengguna di seluruh dunia, Moodle adalah Learning Management System (Sistem Manajemen Pembelajaran) yang paling banyak digunakan oleh organisasi dari segala bentuk dan ukuran . Tetapi Moodle bukanlah LMS terbaik di dunia hanya karena begitu banyak digunakan—Moodle adalah LMS terbaik di dunia karena mudah digunakan, sangat dapat dikonfigurasi (fleksibel), dan kaya fitur. Apakah kami juga menyebutkan bahwa Moodle gratis?

1. Moodle adalah Open Source dan Gratis
Ya, Anda membaca dengan benar. Moodle LMS gratis karena merupakan perangkat lunak open source yang didistribusikan di bawah GNU General Public License. Dalam istilah yang kurang teknis, ini berarti bahwa pengguna dan organisasi memiliki kebebasan untuk menjalankan, mempelajari, berbagi, dan memodifikasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan unik mereka. Sementara beberapa pemilik situs Moodle memilih untuk mendukung Moodle sepenuhnya sendiri, yang lain mengalihdayakan tugas khusus ke Penyedia Layanan Moodle karena lebih hemat biaya.

Tidak hanya lebih hemat biaya untuk melakukan outsourcing ke Penyedia Layanan LMS Moodle, tetapi juga berarti Anda akan menerima bantuan ahli Moodle untuk sebagian kecil biaya pembuatan LMS yang Sobat inginkan. Di bawah ini adalah daftar layanan yang biasanya ditawarkan oleh Penyedia Layanan Moodle:
•    Hosting Awan (Cloud Hosting) Moodle Terkelola
•    Implementasi dan Pengaturan Moodle
•    Integrasi Moodle dan Pengembangan Moodle sesuai yang Sobat inginkan
•    Instalasi Plugin Moodle
•    Pengembangan Plugin Moodle Kustom
•    Tema Moodle (Moodle Theme) yaitu mendesain situs LMS Moodle agar sesuai dengan merek Sobat
•    Konsultasi Moodle
•    Pengembangan Laporan Kustom Moodle

2. Moodle Didukung oleh Komunitas Global
Salah satu alasan mengapa Moodle adalah LMS Open Source terbaik di dunia adalah karena didukung oleh komunitas pengembang global. Manfaat besar dari perangkat lunak sumber terbuka adalah kodenya terbuka untuk diteliti. Artinya, pengembang dari seluruh dunia dapat mengakses kode dan memodifikasinya agar lebih aman.

Ini juga berarti bahwa kode tersebut diperiksa oleh pengguna Moodle yang sebenarnya. Manfaatnya adalah Moodle terus diperbarui oleh orang-orang yang memahami apa yang dibutuhkan pengguna untuk pengalaman pengguna yang lebih baik .

Manfaat terakhir menggunakan LMS yang digerakkan oleh salah satu tim open source terbesar di dunia adalah sumber belajar yang jumlahnya tak terbatas. Dalam Forum Komunitas Moodle, Sobat memiliki kemampuan untuk terhubung dengan pengguna Moodle lain dan menemukan jawaban atas pertanyaan Sobat seputar cara menggunakan LMS, Cara menginstall LMS Moodle dan bantuan lainnya. Dengan 144 juta posting forum dan 72 juta sumber belajar Moodle, jarang ada pertanyaan Moodle yang belum terjawab!

3. LMS Moodle Dapat Dikonfigurasi, Sangat Fleksibel, dan Kaya Fitur
Alasan utama mengapa organisasi menyukai Moodle sebagian besar karena dapat dikonfigurasi, sangat fleksibel, dan kaya fitur. Selain dapat memodifikasi kode sumber terbuka Moodle, ada ratusan plugin Moodle yang memungkinkan Sobat untuk mengonfigurasi Moodle sehingga berfungsi sesuai keinginan Sobat.
Dengan lebih dari 500 plugin Moodle yang dikembangkan oleh komunitas global, pelajar, manajer, dan administrator Sobat memiliki kesempatan untuk berkembang dalam lingkungan yang membuat pembelajaran online menjadi kolaboratif, menarik, dan menyenangkan.

Dari ketiga cara penentuan LMS Open Source dengan alasan tersebut diatas tidak salah apabila LMS Moodle menjadi LMS Open Source terbaik bukan ?