Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar Online

Submitted by admin on Fri, 07/16/2021 - 02:41

Apakah sobat BOGER mulai mengalami kejenuhan dan sedanga berusaha mengatasi jenuh belajar daring selama ini ? Semoga 5 cara mengatasi kejenuhan dalam belajar online ini bisa menjadi referensi Sobat untuk membangkitkan kembali semangat belajar daring.

Masa pandemi Covid019 yang belum berakhir saat ini, dan diterapkan PPKN Darurat saat ini, memaksa untuk melakukan aktivitas belajar dan mengajar secara daring atau online pada sekolah maupun perguruan tinggi. Tentu saja hal tersebut membuat jenuh lantaran tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan teman maupun guru karena aktifitas belajar mengajar dilakukan secara daring dan tidak tatap muka.

Untuk meningkatkan semangat belajar selama pandemi ini memang sangat diperlukan agar tetap bisa berkonsentrasi memperoleh pelajaran yang sedang diterima. Maka perlu merubah suasan belajar menjadi lebih mengasyikan namun tetap berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas belajar. berikut lima tips agar belajar online menjadi lebih mengasyikan.

1. Siapkan camilan dan setel musik kesayanganmu
Apabila sobat belajar online suka cemilan tidak ada salahnya selaman belajar daring ini menyiapkan cemilapn untuk menemani belajar daring. Menyantap makanan enak memang bisa meningkatkan mood agar perasaanmu menjadi lebih tenang dan akhirnya bisa kembali berkonsentrasi belajar. Hal ini tentu bisa membantumu kembali senang belajar ketika sedang jenuh saat belajar secara online.

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan cemilan kesukaanmu ketika belajar, agar tetap semangat melakukan berbagai aktivitas serta mengembalikan tenaga yang terkuras selama belajar online. Coba kombinasikan dengan mendengarkan musik kesukaanmu agar kondisi belajar tidak monoton dan membantu meningkatkan semangat.

Cara belajar sambil menikmati cemilan dan mendengarkan musik ini tentu tidak cocok bagi Sobat BOGER yang ketika belajar harus dalam suasana tenang tidak ada suara lain yang mengganggu dan fokus hanya pada materi pelajaran yang diberikan guru.

2. Menghias ruang belajarmu
Suasana ruangan tentu saja bisa memicu tingkat mood ketika belajar. Maka menghias ruangan belajar adalah salah satu cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan kebosanan ketika belajar secara online di rumah.

Apabila kamarmu memiliki jendela, posisikan peralatan belajar dekat dengan jendela, agar mendapatkan pencahayaan serta menerima udara segar dari luar rumah yang bisa membuat rileks pikiranmu.

Hiias ruangan belajarmu dengan berbagai pernak-pernik dekorasi seperti tanaman hias, bingkai foto, poster, aksesoris aesthetic dan dekorasi lainnya. Buatlah suasana senyaman mungkin agar tetap bisa meningkatkan mood dan semangat disaat belajar dari rumah.

Sobat juga bisa mengganti posisi barang-barang dalam kamar untuk menciptakan suasana baru dengan harapan akan memberikan semangat baru juga semangat belajar onlinemu.

3. Jauhkan benda yang mengganggu konsentrasi belajar
Kamar merupakan tempat tempat pribadi yang cocok untuk istirahat dan menenangkan diri sendiri dan merefleksikan diri sendiri. Apabila di dalam kamar penuh dengan barang-barang yang membuat suasana pengab dan tidak enak dipandang, maka sobat perlu menyingkirkan barang-barang yang tidak selalu dipakai dan mengeluarkannya.

Suasana kamar yang tidak rapi akan menjadikan konsentrasi belajar terganggu, sehingga bisa membuat bermalas-malasan. Ditambah lagi berbagai macam benda yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti bermain smartphone.

Kurangilah aktivitas yang mengganggu belajar di kamar agar tetap bisa konsentrasi belajar online. Melatih untuk fokus dengan tugas yang dikerjakan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dan melatih konsistensimu.

4. Selalu luangkan waktu untuk berbagi dengan orang terdekat selama belajar daring
Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk curhat atau sharing seputar aktivitas yang sedang sobat jalani kepada orang terdekat. Selalu aktif berkomunikasi dengan orang lain merupakan cara yang tepat dikala pandemi saat ini.

Coba sharing kendala yang sedang Sobat hadapi kepada orang terdekat. Perlu diingat, masalah psikologis ketika merasa kesepian memang perlu diobati selama pandemi. Maka cobalah untuk menjalin hubungan dengan keluarga dalam satu rumah ataupun melalui telepon atau video call.

5. Gunakan waktu libur sebaik mungkin
Ketika waktu libur datang, menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu untuk menyegarkan pikiran dan cara mengatasi jenuh belajar selama belajar secara online. Lakukan aktivitas yang bisa membuat mood menjadi lebih baik, seperti menonton film, bermain game, memasak, dan kegiatan lainnya yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Itulah tips yang bisa Sobat lakukan untuk membantu semangat belajar meningkatkan dan tetap mengasyikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan tetap jaga protokol kesehatan di pandemi saat ini.

Bermain game dengan melibatkan seluruh anggota keluarga juga bisa menjadi tips cara mengatasi anak jenuh belajar. Bermain dan bersenda gurau selama waktu libur akan menyiapkan anak siap kembali belajar online setelah selesai masa libur. yang secara tidak langsung merupakan cara mengatasi kejenuhan dalam belajar online.

Apakah Sobat belajar online memiliki cara mengatasi jenuh saat belajar online lainnya ? Jangan ragu untuk membagikan cara mengatasi jenuh belajar daring Sobat pada kolom komentar.