Merdeka Mengajar-Aplikasi Belajar Online Kemendikbud

Submitted by admin on Sun, 06/26/2022 - 23:15

Aplikasi belajar online gratis dari pemerintah yang akan dibahas pertama kali oleh belajaronlinegratis.com adalah aplikasi Merdeka Mengajar. Apa itu aplikasi Merdeka Mengajar ? Aplikasi Merdeka Mengajar merupakan superapp edukasi (pendidikan) yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu para guru agar dapat mengajar, mengembangkan kompetensi, dan berkarya lebih baik lagi di era digital sekarang ini melalui aplikasi belajar online gratis dari pemerintah, aplikasi merdeka mengajar.

Untuk menghasilkan dan Mengajar Lebih Baik berikut fitur-fitur aplikasi merdeka mengajar :
- Fitur aplikasi merdeka mengajar terdapat Produk Asesmen Murid Produk assesmen murid menyediakan kumpulan paket soal yang bisa dibagikan secara daring (online) atau luring (offline) ke murid-murid di kelas. Guru juga bisa mendapatkan hasil analisis asesmen di dalam aplikasi, yang akan mempermudah merencanakan pengajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran berikutnya.
- Produk Perangkat Ajar menyediakan inspirasi dan referensi materi mengajar berkualitas, berupa modul ajar, bahan ajar, modul proyek, hingga buku teks. Perangkat ajar ini bisa diunduh dan digunakan langsung di kelas.

Mengembangkan Kompetensi Guru Agar Dapat Mengajar Lebih Baik
- Video Inspirasi berisi kumpulan video inspirasi praktik ajar dan pengembangan diri, yang dibuat oleh tim Kemendikbudristek dan para ahli. Beragam video ini sudah dikurasi dan dapat digunakan guru sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi pada aspek personal dan sosial dalam proses belajar mengajar yang lebih baik melalui aplikasi merdeka mengajar.
- Pelatihan Mandiri memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan guru dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun berada melalui aplikasi belajar online kemendikbud aplikasi merdeka mengajar.

Berkarya Lebih Baik melalui fitur aplikasi belajar online Kemendikbudristek-Aplikasi Merdeka Mengajar
- Fitur Bukti Karya Saya merupakan wadah untuk mendokumentasikan karya-kaya yang menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi sebagai guru maupun kepala sekolah. Guru juga bisa melihat karya-karya buatan rekan sejawat untuk saling menginspirasi dan memberi umpan balik melalui aplikasi belajar online kemendikbud aplikasi Merdeka Mengajar.

Dengan memanfaatkan aplikasi merdeka mengajar, Mari bergerak bersama untuk terus mengembangkan diri menuju pembelajaran yang merdeka!
Version aplikasi merdeka mengajar saat ini versi 1.11.0, yang diupdate pada Jun 24, 2022, Untuk menginstall aplikasi merdeka minimal harus memiliki android versi 5.0 keatas. Lalu bagaimana bisa download aplikasi merdeka mengajar ? untuk dapat memanfaatkan aplikasi merdeka mengajar sebagai salah satu aplikasi belajar online tanpa bayar melalui link berikut bagi pengguna Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.belajar.app.