Apa itu perencanaan keuangan jangka pendek?

Submitted by admin on Tue, 11/08/2022 - 21:25

Rencana keuangan jangka pendek adalah panduan atau  panduan yang memberi Sobat kendala keuangan, rencana dan strategi yang perlu Sobat terapkan selama  periode waktu tertentu. Rencana  mencakup semua kesehatan keuangan pribadi dan perusahaan, pendapatan, investasi, pajak, dan rencana pensiun. Usia, pendapatan, utang, dan aset Sobat yang akan memengaruhi rencana Sobat.

Artikel belajar online keuangan dari belajaronlinegratis.com kali ini akan membahas masih seputar belajar keuangan online yang meliputi apa itu perencanaan keuangan jangka pendek, termasuk Pengertian pengertian keuangan jangka pendek, contoh dan tips terbaik menerapkan keuangan jangka pendek.

Namanya hidup, harus ada tujuan. Untuk mencapai tujuan ini, kita sering membutuhkan uang. Tidak selalu benar-benar sedikit, terkadang dibutuhkan banyak uang untuk memahami apa yang kita inginkan. Itulah mengapa kita perlu melakukan perencanaan keuangan pribadi janngka pendek.

Alasannya tidak hanya untuk memenuhi cita-cita, tetapi juga kebutuhan hidup modern. Nah, di sinilah kita membagi perencanaan keuangan menjadi dua: perencanaan jangka panjang dan perencanaan keuangan jangka pendek.

Perencanaan Keuangan Jangka Pendek: Apa Maksudnya?

Pastinya kita punya rencana-rencana. Misalnya, jika Sobat ingin pensiun nanti, Sobat ingin pulang kampung dan tinggal di kampung halaman, Sobat memiliki lahan yang luas untuk menanam berbagai sayuran. Kalau mau masak tinggal pilih. Nah, agar hal ini terjadi, Sobat perlu membuat rencana keuangan. Karena pensiun adalah 20-30 tahun lagi, itu melibatkan perencanaan keuangan jangka panjang.

Sekarang, misalnya, Sobat ingin pergi berlibur ke Bali tahun depan. Perlu Tiga juta tiket PP, satu juta hotel lagi, satu juta untuk perjalanan, beberapa ratus ribu makan, total satu juta untuk liburan, dan itu harus selesai tahun depan. Ini disebut perencanaan keuangan jangka pendek.

Perencanaan keuangan jangka pendek adalah panduan langkah demi langkah bagaimana kita mengatur keuangan kita untuk mewujudkan keinginan dan impian yang harus menjadi kenyataan dalam waktu kurang dari 3 tahun. Bisa dua tahun, satu tahun, bahkan beberapa bulan ke depan.

Jangan salah, meskipun pendek, tujuan keuangan ini harus direncanakan. Namanya juga manusia, kan? Sumber daya kita (baca: uang) terbatas. Pada saat yang sama banyak yang Sobat inginkan. Sobat harus membeli makanan dan minuman untuk hari ini, mempersiapkan pensiun untuk dengan merencakan jangka panjang, berlibur dan hal-hal lain selama 2-3 tahun ini untuk bahagia!

Berbagai tujuan keuangan jangka pendek Apakah tujuan keuangan jangka pendek itu? Ya, apa pun yang ingin Sobat lakukan atau wujudkan dalam waktu kurang dari 3 tahun. Bisa jadi: kenyataan The Dram Come True begitu kan istilahnya sobat belajar online keuangan ? Yuk, kita lanjutkan membaca beberapa tujuan keuangan jangka pendek berikut ini :


 1. Dana Darurat Ideal

Dana darurat yang ideal adalah sampai 12 kali pengeluaran rutin bulanan Sobat, tergantung jumlah tanggungan. Ini bukan jumlah yang kecil. Misalnya, untuk keluarga dengan 2 anak, idealnya 12 kali lipat biaya bulanan. Jika pengeluaran bulanan Sobat Rp 10 juta, berarti dana darurat ideal Sobat adalah Rp 120 juta! Namun, dana darurat sangat penting, jadi Sobat harus benar-benar membidik jumlah yang ideal itu. Enggak harus sekaligus, kamu bisa membuat target bertahap. Misalnya, setahun ini harus bisa 4 kali pengeluaran bulanan dulu. Tahun depan bisa 8 kali, dan seterusnya.

2. Menikah
Dana menikah juga bisa menjadi salah satu tujuan yang harus didukung dengan perencanaan keuangan jangka pendek, jika akan dilaksanakan kurang dari 3 tahun. Tentukan anggaran dengan menghitung kebutuhan dan keperluan sampai pada titik ini. Kemudian, Sobat akan tahu berapa banyak uang yang harus Sobat kumpulkan setiap bulan untuk mencapai sasaran anggaran menikah Sobat tersebut. Mari kita pertimbangkan bahwa kita tidak boleh terlalu bergantung pada orang tua kita, jika kita serius tentang hal ini.

3. Lanjutkan S2
Bagi yang ingin melanjutkan ke S2, jika ingin memulai dalam waktu kurang dari 3 tahun, Sobat bisa menambahkannya ke dalam perencanaan keuangan jangka pendek Sobat. Sekolah membutuhkan biaya yang besar karena memang benar jika harus direncanakan dengan baik. Temukan informasi biaya terlengkap dan terinci sehingga Sobat kemudian dapat membuat rencana keuangan yang komprehensif sehingga tidak putus ketika melanjutkan studi S2 karena tidak ada biaya pendidikan.
 
4. Liburan
Apakah Sobat harus merencanakan liburan terlebih dahulu? Ya, apalagi kalau liburannya jauh, yang berarti biayanya lebih mahal lagi. Liburan yang terencana akan membuat Sobat lebih nyaman, terutama secara finansial. Bukan berarti spontanitas itu tidak baik. Tentu saja, itu semua tergantung pada preferensi individu masing-masing Sobat belajar online. Jika Sobat menginginkan liburan yang aman dan terkendali, ada baiknya Sobat merencanakan keuangan jangka pendek jauh-jauh hari. Apalagi ketika uang cukup terbatas, tetapi tampaknya menjadi lebih baik sangat diperlukan. So, tentukan mau liburan ke mana, biayanya berapa, dan buat rencananya dari sekarang.

5. Lunasi kartu kredit
Pernah nggak ngebayangin bebas utang kartu kredit? Nyaman banget loh! So, kalau misalnya ini adalah keinginan sobat belajar online keuangan, kenapa tidak dimasukkan ke dalam perencanaan keuangan jangka pendek? Dengan adanya rencana, Sobat bisa menjaga konsistensi pelunasan sampai benar-benar tuntas loh. Jadi mulailah menetapkan tujuan kapan Sobat ingin membayar dan membuat rencana. Selain 5 tujuan keuangan jangka pendek di atas, tentunya masih banyak lagi tujuan lain yang bisa Sobat rencanakan minimal 3 tahun ke depan. Apa pun itu, buatlah "judul", tetapkan tujuan nominal dan waktunya, lalu buat rencana.

Untuk membantu Sobat belajar online keuangan dalam merencakan keuangan jangka pendek, berikut tips dan metode perencanaan keuangan jangka pendek :

1. Tentukan tujuan dan kebutuhan Sobat
Untuk menentukan kebutuhan pengeluaran Sobat, Sobat harus terlebih dahulu menentukan tujuan dari perencanaan keuangan. Dari kebutuhan inilah kita mundur ke masa kini dan menghitung berapa banyak yang perlu disisihkan untuk memenuhinya.

2. Periksa Status Keuangan Sobat Saat Ini
Meskipun perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang dapat membantu Sobat memprioritaskan agar memiliki sumber daya yang cukup, bukan berarti Sobat dapat dengan mudah mengelolanya. Simpan dalam batas kemampuan Sobat. Jangan mengorbankan kebutuhan lain yang sama pentingnya untuk menghindari kesulitan keuangan di masa depan.

3. Mencari instrumen yang sesuai
Setelah mengetahui target, waktu dan nominal, Sobat dapat mencari instrumen yang sesuai. Karena tujuannya adalah jangka pendek, disarankan untuk memilih instrumen dengan tingkat risiko terendah. Misalnya reksa dana pasar uang, deposito berjangka atau tabungan.

Apa Peran Rencana Keuangan Jangka Pendek dalam Memelihara Kesehatan Keuangan ?

Peran penting rencana keuangan jangka pendek
Penyusunan rencana keuangan jangka pendek memegang peranan yang sangat penting dalam hal kelangsungan usaha. Beberapa peran mereka adalah sebagai berikut.

Mengelola stabilitas siklus dana
Menyiapkan rencana terperinci  membantu perusahaan  mengelola siklus dana dengan lebih stabil. Dengan arus kas yang sehat, perusahaan dapat melakukan fase ekspansi bisnis.

Menghindari pemborosan
Dengan  perencanaan keuangan jangka pendek yang baik, individu dan perusahaan dapat menghindari pemborosan uang. Dengan begitu Sobat bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain.

Merencanakan Masa Depan Kehidupan
Mencapai pencapaian tertentu dalam hidup, seperti menikah atau memiliki anak, adalah alasan yang jelas untuk mengubah rencana pengelolaan dana pribadi. Acara juga dapat direncanakan untuk perusahaan maupun pribadi itu sendiri,  seperti inflasi bisnis dan pengembangan bisnis.

Perencanaan dana pensiun
Rencana pensiun  hari tua harus direncanakan sedini mungkin. Untuk mendukung keberhasilan kontribusi Sobat, maka Sobat perlu menata kembali perencanaan keuangan Sobat sesuai dengan tujuan  dana pensiun Sobat.

Belajar berinvestasi
apa itu pasif income ? Pasif income adalah impian  banyak orang di dunia. Sobat masih bisa mendapatkan banyak sambil bekerja sesedikit mungkin. bagaimana metode untuk mendapatkan pasif income ? Sobat bisa mulai berinvestasi. Namun, berinvestasi harus memiliki visi dan rencana yang baik.

Meningkatkan produktivitas
Dengan  perencanaan yang baik, produktivitas individu dan perusahaan juga meningkat. Rencana adalah untuk membangun masa depan yang lebih baik dari sebelumnya.

Peluang yang lebih baik untuk mencapai tujuan jangka panjang
Perencanaan keuangan meningkatkan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan jangka panjang. Tujuan tersebut antara lain untuk membeli rumah baru, biaya pendidikan anak, biaya pernikahan anak dan masih banyak lagi.

Tips Pamungkas Rencana Keuangan Jangka Pendek
Berikut adalah beberapa tips yang dapat Sobat terapkan untuk merencanakan situasi keuangan jangka pendek

Menetapkan tujuan perencanaan
Menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dapat memberi Sobat kepercayaan diri dan pengetahuan  yang Sobat butuhkan untuk mencapai tujuan Sobat. Tujuan tersebut meliputi tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Penyusunan anggaran pada skala terkecil
Anggaran  harus dijelaskan pada skala terkecil yang Sobat tentukan. Misalnya, untuk menghitung paket bulanan, Sobat perlu melakukan perincian harian untuk mendapatkan perencanaan yang lebih akurat.

Itulah artikel belajar online gratis seputar apa itu perencanaan jangka pendek, Tips rencana keuangan jangka pendek dan tujuan membuat rencana keuangan jangka pendek.