Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan?
Submitted by admin on Tue, 07/19/2022 - 18:49

Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan ? Artikel belajar online ini akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan lebih tepatnya penjelasan pengertian manajemen keuangan. Apakah Sobat pernah mendengar istilah Manajemen Keuangan? Apakah Sobat sudah melakukannya? Seberapa pentingkah manajemen keuangan?

Definisi Manajemen Keuangan

Definisi Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan cara memperoleh, menggunakan, serta mengelola keuangan perusahaan untuk mencapai tujuan utama perusahaan. Manajemen keuangan merupakan hal yang penting untuk diterapkan pada perusahaan.

Hal ini dikarenakan, keuangan merupakan salah satu pondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Keuangan juga dapat dikatakan sebagai hal yang paling riskan dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, keuangan harus dikelola dengan baik oleh seorang manajer keuangan.

Pengelolaan keuangan juga penting untuk dilakukan. Pengelolaan ini bisa dimulai dari perencanaan keuangan yang bisa dilakukan baik oleh perorangan maupun perusahaan. Namun, masih banyak yang merasa kebingungan, bahkan kesulitan akan bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan pribadi, serta bisnisnya.

Bagi Sobat yang memiliki usaha atau bisnis pastinya memerlukan dana untuk memenuhi aktivitas usaha. Maka dari itu, penting untuk memahami tentang manajemen keuangan. Setiap perusahaan perlu menerapkan aturan yang jelas dalam membuat kebijakan apapun, terutama jika keputusan yang diambil berkaitan dengan keuangan.

Karena itulah, sangat penting bagi setiap perusahaan untuk menerapkan manajemen keuangan yang ketat dan menggunakan software akuntansi terbaik. Karena jika manajemen keuangan tidak dilaksanakan dengan benar, maka bisa berdampak pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan keputusan pengelolaan keuangan dan aset keuangan. Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah memperoleh keuntungan yang maksimal melalui sumber daya keuangan yang tersedia. Lingkup manajemen keuangan dimulai dari pencarian sumber keuangan, cara penggunaan keuangan yang diperoleh, serta pembagian laba sebagai hasil dari pengelolaan keuangan. Manajemen keuangan dapat diadakan secara individu maupun melalui perusahaan.

Pengambilan keputusan di dalam manajemen keuangan mengSobatlkan data-data akuntansi khususnya informasi yang ada pada laporan keuangan. Ruang lingkup pengambilan keputusan di dalam manajemen keuangan terbagi menjadi kebijakan keuangan, kebijakan investasi dan kebijakan dividen. Manfaat dari manajemen keuangan adalah memberikan kesejahteraan kepada para pemegang sumber daya keuangan. Penerapan manajemen keuangan diantaranya pada lembaga keuangan, industri, dan pemerintahan khususnya sektor publik.

Manajemen Keuangan dalam sebuah perusahaan menjadi pondasi yang kuat terbangunnya sebuah perusahaan. Keuangan juga bersifat sangat riskan. Jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi amburadul dan tentunya akan menghentikan jalannya sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan bidang sendiri yang mengurus bagian keuangan atau bisa juga disebut manajemen keuangan.

Manajemen keuangan merupakan kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki suatu perusahaan. Pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak timbul masalah di kemudian hari.

Manajemen keuangan mencakup segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana, menggunakan dana serta mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan. Setiap perusahaan pasti membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai kebutuhan perusahaan yang berkaitan dengan pendanaan harus dikelola dengan baik dan terarah.

Itulah mengapa, penting bagi setiap perusahaan untuk memiliki dan memperhatikan manajemen keuangannya. Adapun tujuan menajemen keuangan ialah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap aset yang dimiliki.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manajemen keuangan, penting untuk memahami pengertian dari para ahli, fungsi hingga ruang lingkupnya. Berikut ini rangkuman tentang pengertian manajemen keuangan dari para ahli, fungsi, hingga ruang lingkupnya, seperti dikutip dari laman Dosenpendidikan, Kamis (11/2/2021).

Apa pengertian manajemen keuangan menurut parah ahli ? Berikut Belajaronlinegratis.com sampaikan beberapa Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Ahli

1. Prawironegoro

Manajemen keuangan ialah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh modal yang semurah-murahnya dan menggunakan seefektif, seefisien, dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.

2. Bambang Riyanto

Manajemen keuangan ialah keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

3. JF Bradley

Manajemen keuangan ialah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk penggunaan model secara bijaksana dan seleksi yang saksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

4. J. L. Massie

Manajemen keuangan ialah kegiatan operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang diperlukan untuk sebuah operasi yang efektif dan efisien.

5. Sutrisno

Manajemen keuangan ialah sebagai semua aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

6. James Van Horne

Manajemen keuangan ialah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

7. Menurut Sonny S

Manajemen keuangan ialah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Penasaran dengan apa pengertian manajemen keuangan menurut pendapat para ahli manajemen yang lain ? Yuk baca artikel yang menulis 18 pengertian manajemen keuangan menurut para ahli Manajemen keuangan memiliki peran penting untuk siapa saja, khususnya perusahaan. Nah, buat kamu yang ingin menilik lebih jauh tentang manajemen keuangan mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, prinsip, hingga tips pengelolaannya, simak artikel berikut ini sampai habis ya!

Bagi sebuah perusahaan, keuangan ibaratkan seperti pondasi penting dan harus dikelola dengan baik. Jika tidak, keuangan perusahaan akan berantakan dan menghentikan aktivitas perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan divisi atau tim khusus untuk mengurus keuangan. Nah, biasanya bagian ini disebut dengan manajemen keuangan.

Jadi, manajemen keuangan adalah kegiatan yang meliputi perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, hingga mengendalikan dana serta aset perusahaan. Pengelolaan keuangan harus di-handle dengan perencanaan yang matang agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari yang merugikan perusahaan.