Cara Belajar Efektif dan Tips Belajar Efektif Secara Mandiri Maupun Berkelompok

Submitted by admin on Wed, 12/07/2022 - 07:07

Tips Belajar Efektif agar Nilaimu Bagus

Apakah Sobat belajar online sudah belajar hari ini ? Bersyukur kalau Sobat BOGER sudah belajar hari ini, kalau belum, semoga setelah membaca cara belajar efektif di sekolah dan dirumah bisa diterapkan tips dan materi belajar efektif berikut. Jangan lupa persiapkan jauh-jauh hari materi untuk ujian, baca lagi materi pelajaran yang sudah guru atau dosen jelaskan selama di kelas ya ingat dari jauh-jauh hari mempersiapkan ujian.

Jangan sampai waktu belajar malah mepet menjelang ujian (deadliner). Akhirnya, malah menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS), aduh jangan sampai metode tersebut Sobat terapkan karena itu bukan cara belajar efektif karena nanti kurang maksimal mengerjakan soal ujiannya dan akan mempengaruhi nilai ujian.

Ujian pasti akan kita lalui. Karena, ujian adalah syarat wajib untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar atau akademik siswa maupun mahasiswa. Oleh karena itu Sobat belajar online harus menerapkan cara efektif belajar dan tips belajar efektif secara mandiri maupun dengan cara belajar berkelompok.

Biasanya ujian dilakukan dipertengahan semester maupun pada akhir semester. Ujian tersebut dibagi menjadi dua. Pertama, Ujian Tengah Semester (UTS) adalah evaluasi yang dilaksanakan ditengah semester belajar siswa maupun mahasiswa yang diuji secara kognitif. Kedua, Ujian Akhir Semester (UAS) adalah evaluasi yang laksanakan pada akhir semester belajar, sebelum siswa atau mahasiswa naik ke semester atau kelas berikutnya, bahkan ujian untuk kelulusan.

Untuk itu, kita harus fokus belajar saat menjelang ujian. Caranya adalah dengan belajar secara efektif agar kita bisa memahami materi ajar di sekolah atau kampus. Lalu, bagaimana cara belajar efektif? baik itu tips belajar efektif di rumah dan cara belajar efektif di sekolah.  Berikut beberapa cara belajar efektif yang bisa Sobat lakukan supaya bisa belajar secara efektif sebagai persiapan menjelang ujian, di antaranya:

1. Tulis poin-poin materi pelajaran yang penting

Pada saat guru atau dosen selesai menjelaskan materi ajar di kelas. Kita biasanya akan menulis rangkuman materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru atau dosen kita. Nah, cobalah sambil menulis poin-poin penting materi ajar tersebut. Hal ini akan memudahkan kita untuk memahami materi pelajaran yang nantinya akan diujiankan.

2. Belajar di tempat yang tepat

Mencari tempat yang nyaman untuk belajar juga sangat penting loh. Sebab, kita akan fokus untuk belajar dan tidak merasa terganggu oleh sekeliling kita. Adapun tempat yang nyaman untuk belajar adalah di kamar kita, perpustakaan, atau ditempat umum yang dapat meredam kebisingan. Intinya adalah cari tempat senyaman mungkin yang pas untuk kita bisa belajar dengan fokus ya.

3. Belajar di waktu yang tepat

Belajar diwaktu yang tepat sangatlah penting. Dikarenakan waktu belajar itu akan mempengaruhi kinerja otak kita dalam menyerap materi pelajaran yang akan kita pelajari. Biasanya waktu belajar yang tepat adalah di pagi hari, karena otak kita belum terbebani oleh aktivitas lainnya sehingga masih segar dan kinerjanya sangat bagus.

Kemudian, waktu berikutnya adalah pada sore hari. Sore hari adalah waktu yang santai untuk belajar dan dapat merangsang otak kita untuk selalu mengingat materi pelajaran yang telah kita pelajari. Bagaimana dengan malam hari? Waktu malam hari, Waktu malah bukanlah cara efektif belajar karena otak sudah merasa lelah, sehingga porsi kita untuk belajar harus dikurangi pada malam hari. Jangan bergadang ya.

4. Belajar bersama teman

Belajar yang efektif juga dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi, kita harus menciptakan lingkungan yang positif untuk belajar. Misalnya dengan mengajak teman-teman kita untuk belajar bersama. Belajar bersama teman-teman kita akan memberikan semangat kepada kita untuk belajar.

Selain itu, dapat membantu kita untuk menjawab soal yang sulit kita kerjakan karena kita tidak memahaminya. Dan disitulah teman-teman kita yang akan memberitahunya. Juga, kita bisa meminta catatan rangkuman materi pelajaran dari teman-teman kita untuk kita pelajari lagi.

5. Jangan malas dan menunda waktu belajar
Rasa malas dan menunda adalah dua penyakit yang sering menjangkiti siswa dan mahasiswa. Malas hanya akan membuat kita tidak semangat untuk belajar dan tidak bangkit untuk belajar sama sekali. Sementara, menunda-nunda belajar, hanya akan menumpuk waktu kita diujung. Dan membuat kita terbebani oleh waktu belajar yang sedikit. Akibatnya, kita akan belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) dan cara ini tidaklah berguna.

Dalam buku yang berjudul Buku Antimalas dan Suka Menunda+Panduan Mengatasinya dijelaskan bahwa rasa malas dan menunda belajar terjadi karena emosi kita sedang tidak stabil atau bermasalah. Oleh karenya, kita harus menghindari hal-hal yang dapat mengganngu konsentrasi kita dalam belajar atau dengan kata lain, lingkungan kita harus positif.

6. Kerjakan soal latihan
Terakhir, kerjakan soal latihan. Saat kita belajar dengan fokus dan serius. Cobalah untuk melatih keterampilan kognitif kita dengan mengajukan pertanyaan latihan. Apakah pertanyaannya pilihan ganda atau deskriptif? Ini memberi kita ide sebelum tes yang sebenarnya. Sehingga kita dapat menjawab soal-soal dengan mudah, tepat dan benar saat ujian.

Itulah beberapa cara belajar efektif dan tips belajar efektif di rumah dan cara belajar efektif di sekolah agar kita dapat belajar secara efektif sambil mempersiapkan ujian. Lakukan cara di atas dengan kemampuan terbaik dan sungguh-sungguh. Mintalah doa dan restu kepada orang tua dan jangan lupa berdoa kepada-Nya agar dimudahkan segala urusan kita. Setelah kita melakukan ini, dijamin soal-soal ulangan akan mudah, terjawab dengan baik dan benar. Dan tentu saja hasil pengujian kami sangat bagus. Itu bagus, bukan?

Apakah Sobat belajar online memiliki cara belajar efektif dan efisien atau metode belajar efektif yang bisa dibagikan ke pembaca belajaronlinegratis.com ? Yuk tambahkan 15 cara belajar efektif/ 30 cara belajar efektif dan materi belajar efektif yang Sobat miliki disini agar bermanfaat juga untuk teman belajar yang laian.