6 Cara Belajar Hal Baru Setiap Hari

Submitted by admin on Wed, 07/06/2022 - 06:28

Bagaimana caranya belajar hal-hal baru setiap hari, baik dengan strategi pembelajaran online maupun offline, Coba lakukan 6 metode belajar berikut agar mendapatkan ilmu baru setiap hari. Mempelajari sesuatu yang baru setiap hari adalah cara yang bagus untuk menjaga otak Sobat tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Mempelajari hal-hal baru setiap hari baik untuk meningkatkan keterampilan Sobat dan baik untuk kesehatan otak Sobat. Mempelajari  yang tidak diketahui juga membantu membangun sel-sel otak dan memperkuat hubungan antar sel. Mempelajari pengetahuan/keterampilan yang baru setiap hari adalah cara yang bagus untuk menjaga otak Sobat tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Belajar dapat meningkatkan konsentrasi, memori, pemecahan masalah, dan  mengurangi kemungkinan mengembangkan demensia. Wawasan baru setiap hari akan membuat Sobat merasa lebih baik. Tapi bagaimana caranya unuk bisa memulai hal-hal baru setiap hari ?

1. Sesuaikan dengan minat Sobat

Pilih topik favorit Sobat dan itu akan  menyenangkan untuk dipelajari. Jadi, jangan memaksakan diri untuk mempelajari sesuatu yang tidak Sobat minati. Alasannya adalah karena hal itu mengganggumu dan menghilangkan motivasimu selama belajar.topik yang dipilih  juga harus mencerahkan Sobat.

Sobat dapat menemukan topik yang ingin Sobat pelajari melalui belajar online maupun offline baik itu melalui buku, video, podcast, atau jaringan pertemanan. Mempelajari hal-hal baru menjadikan otak tidak malas berfikir, karena otak yang malas sering kali sulit mengingat kata-kata dan ide-ide,

2. Temukan gaya belajar
Strategi pembelajaran dan cara belajar setiap orang berbeda, Setelah Sobat mencari apa yang Sobat minati pada poin nomor satu, Sobat juga perlu menemukan cara mempelajari apa yang cocok untuk Sobat. Beberapa orang senang belajar melalui media visual dan dinamis, sementara yang lain lebih suka mendengarkan. Untuk menemukan metode belajar yang tepat, cobalah beberapa metode  berbeda untuk melihat mana yang membantu Sobat tetap fokus.

Jika seseorang  merasa monoton, beralihlah suatu hari dan kembali ke metode favorit Sobat, pakar produktivitas menjelaskan bahwa Sobat dapat menjelajahi topik tertentu  melalui Internet. Jika tidak, tanyakan kepada teman dan keluarga Sobat bagaimana Sobat telah belajar  di masa lalu. Setidaknya ini membantu Sobat menemukan strategi pembelajaran yang tepat.

3. Waktu penggunaan
Seperti yang telah disebutkan, ada banyak media belajar untuk memperoleh pengetahuan. Jadi, luangkan waktu Sobat setiap hari untuk membaca tentang topik favorit Sobat, mendengarkan podcast, dan menonton video YouTube. Belajar kapan saja, di mana  saja.
Ketika Sobat mengemudi, Sobat dapat mendengarkan podcast karena dapat bersantai dan  mencernanya dengan baik, Sebagai contoh ketika sobat sedang belajar bahasa asing melalui olahraga karena olahraga dapat meningkatkan kemampuan Sobat untuk menyimpan informasi.

4. Ciptakan suasana yang menyenangkan
Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan, apabila sobat bosan membaca Sobat dapat mendengarkan podcast, apa yang Sobat usulkan untuk mempelajari sesuatu yang menyenangkan. Sobat dapat mendorong pembelajaran melalui permainan, teka-teki silang, partisipasi dalam  klub membaca, dan pendaftaran di kelas online atau tatap muka.

Selain itu,  film dokumenter dapat digunakan sebagai cara lain untuk menimba ilmu. Pikiran yang senang dalam mempelajari/melakukan sesuatu yang menyenangkan  maka hal itu tidak terasa seperti beban.

5. Multitasking
Multitasking dapat mempengaruhi kinerja, sehingga beberapa orang berpikir itu tidak berhasil. Tapi itu bukan hal yang buruk untuk melakukan banyak kegiatan sekaligus. Misalnya, luangkan waktu untuk mencuci piring, melipat pakaian, memasak, mendengarkan podcast dan video sebelum tidur.

Sobat yang tidak pernah  mencuci  atau merawat kulit. Kali ini coba selalu memutar dan menggunakan podcast dan video YouTube, jadi Sobat terus belajar dan menyerap informasi baru. Ketika Sobat menggabungkan belajar dengan hal-hal lain seperti mendaki gunung dan menggambar,  otak  melakukan sesuatu yang menyenangkan bagi kita. Contohnya menghubungkan pembelajaran dengan pekerjaan rumah dan ulangan sekolah. Kata-kata tampaknya dibenarkan ketika Sobat ingin membawa kembali pengetahuan baru setiap hari.

6. Memanfaatkan Koneksi
Nah, dalam hal ini, Sobat dapat menggunakan koneksi untuk menggali banyak informasi baru yang berharga dan dapat dipelajari. Kita sering belajar dari orang lain, dan ketika kita belajar, kita sering ingin berbagi apa yang telah kita pelajari dengan orang lain. Sobat bisa bertanya kepada teman-teman Sobat tentang buku-buku yang baru saja dibaca dan dokumenter  yang menarik contohnya.

Itulah tadi 6 cara belajar hal baru setiap hari>/a> yang bisa sobat lakukan baik melalui metode belajar offline maupun online. Tetap semangat belajar Sobat BOGER.