Apa Itu Aplikasi E-Learning dan Apa Manfaat E-Learning ?

Submitted by admin on Tue, 12/06/2022 - 07:10

Apa itu Aplikasi ? Aplikasi adalah perangkat/alat untuk melakukan kegiatan tertentu dan apa itu E-learning ? E-Learning adalah pembelajaran melalui media elektronik, Itu pemahaman singkat tentang apa itu E-Learning sobat belajar online. Dan berikut penjelasan tentang apa itu e-learning secara lebih gamblang.

E-learning, yaitu. pembelajaran elektronik, sudah dimulai sejak tahun 1970 - Konsep ini berbasis komputer dan web, dimana teknologi web dan internet digunakan dalam format pembelajaran. Konsep belajar dan mengajar sebenarnya bukanlah hal yang baru, bukan ide atau pemikiran baru, karena sebenarnya telah berkembang selama beberapa dekade.

Sistem e-learning ini telah disebut dengan banyak istilah yang berbeda, termasuk e-learning, pembelajaran Internet, pembelajaran virtual atau e-learning, pembelajaran jarak jauh online, pengajaran dan pembelajaran online, dan banyak lainnya.

Konsep pembelajaran daring semakin populer di dunia pandemi Covid-19. Hampir semua negara mau tidak mau akan menerima pembelajaran online sebagai konsep pembelajaran yang paling layak saat itu.

Perkembangan sistem informasi melalui jaringan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Internet adalah jaringan publik. Keberadaannya diperlukan dan dapat diterapkan secara bebas sebagai alat informasi dan komunikasi. Salah satu cara pemanfaatan Internet adalah untuk proses pembelajaran jarak jauh melalui pembelajaran elektronik atau lebih dikenal dengan e-learning. Secara umum, ada dua konsep dasar yang terkait dengan pembelajaran daring, yaitu:

1. Pembelajaran daring elektronik adalah pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam bentuk elektronik. Artinya tidak hanya Internet, tetapi semua perangkat elektronik seperti film, video, kaset, OHP, slide, layar LCD, proyektor dan lainnya.

2. E-Learning Berbasis internet adalah mata kuliah yang menggunakan layanan online sebagai sumber belajar online utamanya. Artinya dapat dipahami bahwa pembelajaran online harus menggunakan internet yaitu daring yaitu perangkat komputer yang terhubung dengan internet. Artinya peserta didik tidak dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu dalam materi pendidikan, mereka bisa dimana saja dan kapan saja (anywhere and any time).

Kedua konsep tersebut didukung oleh pendapat yang berbeda dari para ahli yang berbeda. Beberapa ahli yang mendukung e-learning sebagai konsep elektronik misalnya. Elliott Masie, Cisco dan Comellia, yang menjelaskan bahwa e-learning adalah pembelajaran dimana materi pembelajaran disampaikan melalui media elektronik seperti internet, intranet, satelit, televisi atau CD. ROM dan lainnya. , jadi tidak harus internet karena internet itu bagian dari pembelajaran online.

Martin Jenkins dan Janet Hanson juga mendukung pandangan ini bahwa e-learning adalah pembelajaran yang difasilitasi dan didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Kelebihan e-learning
Jika Sobat mengetahui pengertian e-learning, Sobat pasti mengetahui kelebihan e-learning. Pada dasarnya e-learning berguna untuk memudahkan komunikasi antara siswa dengan materi atau mata pelajaran melalui media elektronik. Selain itu, siswa juga dapat saling berbagi informasi atau pendapat tentang berbagai pertanyaan terkait kelas atau kebutuhan pengembangan diri siswa.

Selain itu, guru dapat menempatkan materi pembelajaran dan tugas yang harus diselesaikan siswa di tempat tertentu secara online untuk diakses siswa. Instruktur dapat, sesuai kebutuhan, memberi siswa akses ke bahan pelajaran tertentu dan soal-soal ujian yang hanya dapat diakses siswa satu kali dan untuk jangka waktu tertentu. Apa e[Learning favorit sobat belajaronlinegratis.com ?