MERDEKA BELAJAR EPISODE 15 | Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar

Submitted by admin on Tue, 06/13/2023 - 21:15

KURIKULUM MERDEKA

Apa itu kurikulum merdeka ? Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler serba guna yang isinya lebih optimal sehingga peserta didik memiliki waktu yang cukup  untuk memperdalam konsep dan memperkuat kompetensinya.

apa itu kurikulum merdeka dan platform merdeka mengajar

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki keleluasaan untuk memilih  perangkat pembelajaran yang berbeda sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Dalam kurikulum merdeka, terdapat proyek penguatan pencapaian profil pelajar Pancasila. Kemudian dikembangkan berdasarkan isu-isu tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Proyek ini tidak dimaksudkan untuk memenuhi tujuan pembelajaran tertentu, sehingga tidak terkait dengan isi mata pelajaran.

Kebebasan untuk belajar adalah inti dari kurikulum merdeka. Hal ini secara konseptual memungkinkan peserta didik untuk mengeksplorasi minat dan kemampuan mereka. Misalnya, jika dua anak dalam satu keluarga memiliki minat yang berbeda, maka tolak ukur yang digunakan untuk menilai mereka tidak sama. Maka anak  tidak dapat dipaksa untuk mempelajari sesuatu yang tidak mereka sukai, untuk menjamin otonomi dan kemandirian peserta didik dan sekolah. Semua satuan  PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Kesetaraan dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka.

Selain itu, satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan survei kesiapan terkait penerapan kurikulum merdeka, yang mengukur kesiapan guru, tenaga pendidik, dan satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Pilihan yang paling tepat adalah terkait dengan kesiapan satuan pendidikan, bahwa penerapan kurikulum merdeka lebih efektif, lebih sesuai dengan kebutuhan.

Dalam usaha pemulihan proses pembelajaran, kini pemerintah memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan kurikulum yang akan dipilih satuan pendidikan. Kurikulum apa saja yang dapat dipilih satuan pendidikan dalam proses pemulihan pembelajaran ?

Satuan pendidikan dapat memilih salah satu dari kurikulum berikut :
1. Pilihan kurikulum pertama adalah kurikulum 2013 penuh.
2. Pilihan kurikulum kedua adalah kurikulum darurat, yaitu kurikulum 2013 yang disederhanakan.
3. Pilihan kurikulum ketiga adalah kurikulum merdeka.

Apa Keunggulan Kurikulum Merdeka ?

Kerikulum merdeka memiliki beberapa keunggulan. Lalu apa saja keunggulan kurikulum merdeka ?

1. Keunggulan kurikulum merdeka yang pertama adalah bahwa kurikulum merdeka lebih sederhana dan mendalam
Mengapa kurikulum merdeka disebut lebih sederhana dan lebih mendalam ? Karena kurikulum merdeka fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fase mereka. Proses belajar jadi lebih mendalam, bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik.

2. Keunggulan kurikulum merdeka yang kedua adalah bahwa kurikulum merdeka lebih merdeka bagi peserta didik, Guru, dan Sekolah.

Pada kurikulum merdeka peserta didik lebih merdeka karena tidak ada program peminatan di SMA. Peserta didik memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat dan aspirasinya.

Pada kurikulum merdeka Guru lebih merdeka karena Guru mengajar sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik

Pada kurikulum merdeka, Sekolah lebih merdeka karena Sekolah memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

3.Keunggulan kurikulum merdeka yang ketiga adalah bahwa kurikulum merdeka lebih relevan dan interaktif.

Pembelajaran melalui kegiatan proyek yang memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi profil pelajar pancasila

Dalam bentuk apa saja dukungan penerapan kurikulum merdeka untuk Guru, Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan ?

Dukungan pemerintah dalam penerapan kurikulum merdeka untuk Guru, Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan meliputi :
1. Penyediaan perangkat ajar : buku teks dan bahan ajar pendukung.
2. Pelatihan dan penyediaan sumber belajar guru, kepala sekolah dan pemerintah daerah.
3. Jaminan jam mengajar dan tunjangan profesi guru.

Pemerintah memberikan tiga opsi yang dapat diputuskan satuan pendidikan tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023. Pilihan penerapan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023/2024 tersebut adalah
1. Menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan
2. Menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan.
3. Menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.

Informasi terupdate tentang kurikulum kemdikbud dapat mengunjungi halaman : http://kurikulum.kemdikbud.go.id

PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Ada berapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan guru melalui platform merdeka mengajar ? Guru memiliki tiga jenis kegiatan melalui platform merdeka mengajar yaitu kegiatan mengajar, belajar dan berkarya.

GURU MENGAJAR MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktek mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Perangkat Ajar Pada Platform Merdeka Mengajar
Pada Platform Merdeka mengajar tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis kurikulum merdeka.

Asesmen Murid Pada Platform Merdeka Mengajar
Platform Merdeka Mengajar membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

KEGIATAN GURU BELAJAR MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan dimanapun.

Kegiatan Belajar Mandiri dalam Platform Merdeka Mengajar
Pada Platform Merdeka Mengajar, Guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri

Kegiatan Guru Inspirasi Platform Merdeka Mengajar
Melalui Platform merdeka mengajar, guru bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri.

KEGIATAN GURU BELAJAR MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Kegiatan guru berkarya pada platform merdeka mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik.

Pada fitur Bukti Karya Saya Guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

Bagaimana cara mengakses Platform Merdeka Mengajar ? Untuk dapat mengakses Platform Merdeka Mengajar, guru menggunakan akun pembelajaran belajar.id melalui aplikasi di gawai Android atau melalui halaman website platform merdeka mengajar.

Untuk mendownload platform merdeka mengajar silahkan buka halaman google play berikut :
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.belajar.app

Mengakses platform merdeka mengajar melalui halaman web melalui halaman web berikut :
https://guru.kemdikbud.go.id