Apa Itu Aplikasi Belajar Online

Submitted by admin on Sun, 06/26/2022 - 21:24

Sebelum belajar online berbagi tentang apa saja aplikasi belajar online, ingin berbagi pengetahuan tentang dasar apa itu aplikasi belajar online ? Harapannya dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan belajar online, Sobat boger bisa melakukan pembelajaran online secara lebih baik lagi baik itu Sobat sebagai Pendidik atau Peserta Didik.

Apa itu aplikasi ? Aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan suatu tugas khusus (Kadir, 2003).  Sedangkan apa itu aplikasi menurut Menurut Kadir (2008:3) program aplikasi adalah program siap pakai atau program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain. Aplikasi juga diartikan sebagai penggunaan atau penerapan suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan atau sebagai program komputer yang dibuat untuk menolong manusia dalam melaksanakan tugas tertentu.

Dari dua definisi apa itu aplikasi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi adalah sekumpulan perintah atau kode yang disusun secara sistematik untuk menjalankan suatu perintah yang diberikan oleh manusia melalui komponen atau hardware komputer yang digunakan oleh manusia dalam menjalankan program aplikasi dengan demikian bisa membantu manusia untuk memberikan solusi dari apa yang diinginkan.

Sekarang kita akan belajar online dan ingin mengetahui apa itu belajar ? Menurut Gagne (Whandi:2009) Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah tingkah lakunya sebagai akibat pengalaman. Dari pengertian tersebut terdapat tiga atribut pokok atau ciri utama belajar yaitu proses, perilaku dan Pengalaman.

Dengan begitu pengertian belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Sekarang kita bahas katas selanjutnya yaitu online. Apa itu online (daring) ? Online atau daring merupakan akronim dalam jaringan yang mana terhubung melalui jaringan komputer, internet maupun terhubung dengan jaringan yang lainnya. Daring ini juga disamakan dengan keadaan dari sebuah komputer/ PC / perangkat yang mana bisa saling bertukar informasi dan dihubungkan melalui internet.

Dari pengertian-pengertian tentang apa itu aplikasi belajar online diatas kita dapat menyimpulkan bahwa aplikasi belajar online adalah sebuah tool/ code/software yang digunakan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan secara online/daring.

Setelah mengetahui tentang apa itu aplikasi belajar online, belajar online gratis akan mencoba berbagi tentang apa saja aplikasi belajar online yang bisa sobat manfaatkan untuk meningkatkan kualitas diri melalui media internet.