Apa Itu Keuangan ?

Submitted by admin on Sat, 07/09/2022 - 06:54

Apa arti keuangan dalam penjelasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Otoritas Jasa Keuangan Indonesia memberikan makna tentang keuangan bahwa makna /definisi keuangan adalah :

1. Upaya untuk menghimpun dana guna mendirikan usaha baru atau memperluas usaha, misalnya dengan menjual saham, obligasi, atau surat berharga, atau komposisi di antara ketiganya;

2. Pengetahuan teori dan praktik mengenai keuangan yang mencakup uang, kredit, perbankan, sekuritas, investasi, valuta asing, penjaminan emisi, kepialangan, trust, dan sebagainya;

3. penghimpunan dana yang dilakukan oleh pemerintah melalui penarikan pajak atau penerbitan obligasi, serta administrasi pendapatan dan belanja negara; kegiatan tersebut dikenal dengan istilah “keuangan Negara" (public finance) (finance).

apa arti keuangan menurut KBBI ?

Arti Keuangan menurut KBBI online kalau menulis kata keuangan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) keuangan memiliki dua arti
1. seluk-beluk uang; urusan uang
2. Keadaan uang

Apa arti keuangan menurut Wikipedia ?
Apa itu keuangan ? Keuangan (bahasa Inggris: finance) mempelajari bagaimana cara mengetahui berbisnis individu, meningkatkan organisasi, mengalokasi, menggunakan sumber daya moneter dengan sejalannya waktu, dan juga menghitung risiko dalam menjalankan proyeknya. Istilah keuangan berarti:

    Ilmu keuangan dan aset lainnya
    Manajemen aset tersebut
    Menghitung dan mengatur risiko proyek

Keuangan juga memiliki lembaga yang terdiri dari dua (2) jenis yaitu:

1. Lembaga Keuangan Umum (Konvensional)

2. Lembaga Keuangan Syariah.

Secara umum, masyarakat menggunakan catatan keuangan, untuk memonitor aliran dana mereka.

WIKIPEDIA

Apa itu Keuangan?<

Dari pengertian keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan, KBBI Online dan wikipedia diatas dapat diterangkan bahwa Keuangan adalah istilah untuk hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan, penciptaan, dan studi tentang uang dan investasi.

Keuangan dapat secara luas dibagi menjadi tiga kategori, keuangan publik, keuangan perusahaan, dan keuangan pribadi. Ada banyak kategori spesifik lainnya, seperti keuangan perilaku, yang berupaya mengidentifikasi alasan kognitif (mis., Emosional, sosial, dan psikologis) di balik keputusan keuangan.

Makna keuangan yang lainnya yaitu bahwa Keuangan adalah segala hal yang berhubungan dengan upaya menghimpun dana, manajemen, investasi, ataupun studi mengenai uang. Fungsi Keuangan tentu tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Sebab, keuangan merupakan cara seseorang ataupun perusahaan dalam menunjukkan kepada orang lain apa yang dimiliki atau apa yang dapat dilakukan dengan keuntungan dan hutangnya.

Dengan begitu, seseorang atau perusahaan akan berupaya mencapai hasil terbaik dengan sumber daya yang paling sesuai, sehingga perekonomian berjalan dengan baik. Oleh karenanya, pemborosan, investasi dan keputusan keuangan yang buruk bisa memberikan dampak negatif.

Dasar-Dasar Keuangan

Dasar Keuangan, sebagai cabang teori dan praktik yang berbeda dari ekonomi, muncul pada tahun 1940-an dan 1950-an dengan karya-karya Markowitz, Tobin, Sharpe, Treynor, Black, dan Scholes, untuk menyebutkan beberapa saja. Tentu saja, topik keuangan — seperti uang, perbankan, pinjaman, dan investasi — sudah ada sejak awal sejarah manusia dalam beberapa bentuk atau lainnya.<

Saat ini, Teori "keuangan" biasanya dipecah menjadi tiga kategori besar:

1. Keuangan publik meliputi sistem pajak, pengeluaran pemerintah, prosedur anggaran, pengeluaran pemerintah, kebijakan dan instrumen stabilisasi, masalah utang, dan masalah pemerintah lainnya, serta kebijakan dan stabilisasi.

2. Keuangan perusahaan meliputi pengelolaan aset perusahaan, pendapatan perusahaan, kewajiban perusahaan dan juga hutang perusahaan dalam bisnis.

3. Keuangan pribadi mendefinisikan semua keputusan keuangan dan kegiatan individu atau rumah tangga, termasuk penganggaran, asuransi, perencanaan hipotek, tabungan, dan perencanaan pensiun.

Pada artikel berikutnya belajaronlinegratis.com akan mencoba berbagi tentang pengertian-pengertian keuangan seperti apa itu keuangan pribadi, apa itu keuangan negara, apa itu keuangan syariah, apa dan apa itu keuangan yang lain yang juga harus kita pelajari agar lebih mengetahui tentang keuangan dan macam-macam keuangan.