Cara Agar Selalu Fokus dan Konsentrasi Saat Belajar dan Tidak Mudah Mengantuk

Submitted by admin on Mon, 06/27/2022 - 16:30

Bagaimana perasaan sobat Boger ketika semangat membara agar selalu fokus dan konsentrasi ketika belajar/ mengerjakan proyek yang dikejar deadline malah tiba-tiba kantuk datang tiba-tiba yang menghilangkan konsentrasi dan fokus yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Memang tidak sedikit orang yang mengantuk saat belajar sudah tidak asing lagi pada semua orang baik dari kalangan anak anak sampai orang tua pun pasti pernah mengantuk saat belajar. Bahkan rasa ngantuk dapat terjadi tak hanya ketika sedang belajar online dirumah sendirian saja, tetapi juga bisa terjadi saat belajar bersama dalam ruang kelas. Lalu bagaimana cara agar tetap konsentrasi dan fokus saat belajar, baik ketika belajar luring maupun belajar online/daring ?

Berikut beberapa kondisi /keadaan yang dapat menyebabkan timbulnya rasa ngantuk seperti makan yang berlebihan, Saat porsi makanan yang kita makan terlalu banyak kita akan merasa  kekenyangan sehingga memicu timbulnya rasa ngantuk. selain itu jika sering merasa ngantuk saat sedang belajar, mungkin Sobat belajaronlinegratis.com sedang mengidap penyakit hipersomnia. Apa itu hipersomnia ? Hipersomnia adalah kondisi saat seseorang terus merasa ngantuk sepanjang hari atau menghabiskan waktu dengan cara tidur.

Setiap aktivitas yang menggunakan konsentrasi pengidap hipersomnia akan langsung merasakan ngantuk yang sangat amat berat.Meskipun sudah tidur yang cukup dimalam hari nya. Nah salah satu kondisi diatas dapat memicu timbulnya rasa ngantuk yang datang saat belajar,nah kita bahas berbagai cara agar bisa menghilangkan rasa ngantuk :

1.Duduk Yang Tegak

cara agar tetap konsentrasi dan fokus saat belajar nomor satu yang bisa sobat belajar online gratis terapkan yaitu; cara duduk yang tegak,jika Sobat BOGER sedang belajar. Apabila sobat belajar dengan berbaring atau bersenderan itu akan memicu timbulnya rasa ngantuk karena ketika belajar sambil bersenderan otomatis saraf saraf yang ada di badan kita menjadi rilex dan akhirnya timbullah rasas kantuk tersebut.

2. Minum Air Putih Yang cukup
Agar tidak dehidrasi dan dapat fokus dan konsentrasi ketika belajar lebih lama jangan lupa penuhi cairan dalam tubuh sudah terpenuhi, Dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh, darah tetap membawa oksigen ke otak, Sobat akan tetap bisa fokus saat belajar. Jika tubuh kekurangan air atau dehidrasi Sobat akan merasa kelelahan dan tentu saja ini sangat berpengaruh dalam konsentrasi dan fokus saat belajar.

3. Tidur Yang Cukup

cara agar selalu fokus dan konsentrasi saat belajar berikutnya yaitu harus memiliki waktu tidur yang cukup. Kurang tidur saat malam hari dapat menyebabkan Sobat mengantuk pada siang hari termasuk saat kita melakukan belajar. Hal ini bisa Sobat lakukan dengan menjaga pola tidur yang benar pada malam hari tidur malam yang baik itu sebelum jam 9, kalian juga bisa mencoba tidur pada siang hari saat tidak ada tugas karena tidur siang menurut penelitian bisa membantu meningkatkan memori belajar.

4. Cuci Muka

Siapa Sobat BOGER yang dulu ketika mengantuk dikelas disuruh cuci muka oleh Guru ? Ternyata mencuci muka merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa kuntuk yang datang saat belajar. Dengan cara cuci muka saat gejala mengantuk datang sangan efektif membantu karena dengan cuci muka mata kita akan menjadi segar kembali

5. Gunakan Cahaya Yang Cukup Ketika Belajar

Apabila Sobat memiliki kebiasaan tidur dalam kondisi gelap maka tak heran jika belajar dengan pencahayaan yang kurang berpotensi mengundang gejala ngantuk datang. Karena saat pencahayaan yang kurang mata kita bisa merespon pencahayaan yang masuk kedalam mata kita. Maka gunakanlah pencahayaan yang cukup maka bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk yang berlebihan Dan sebagai salah satu cara meningkatkan konsentrasi dan fokus saat belajar

6. Olahraga yang cukup

Mungkin Sobat belajar online gratis bertanya apa hubungannya belajar dan olah raga ? dengan cara kita sering olahraga badan kita menjadi segar tidak mudah lelah, beda lagi jika kalian tidak pernah olahraga badan tidak pernah digerakan apalagi badan kita sering dipake rebahan badan cepat merasa lelah ketika melakukan aktivitas apapun. mungkin dengan cara olahraga yang cukup minimal seminggu sekali dapat membantu menghilangan rasa ngantuk dan bisa lebih fokus saat belajar online berlangsung

7. Berdiri Lalu Bergerak

Apabila Sobat BOGER sedang menerapkan belajar sistem kebut semalam (SKS) Jika gejala ngantuk sudah datang kalian bisa dengan cara berdiri dari kursi lalu gerakan badan kalian olahraga ringan contohnya menarik badan keatas karena dengan cara ini badan kalian menjadi semangat dikarenakan saat belajar otak kalian merasa lelah atau jenuh yang dapat memicu timbulnya rasa ngantuk

8. Makanlah Makanan Yang Sehat

kalian dapat memakan makanan yang sehat agar badan tetap terjaga karena dengan kita memakan makanan yang sehat badan menjadi ikutan sehat tidak mudah lelah dan akhirnya bisa konsentrasi dan fokus saat belajar.

9. Pilih Waktu Belajar Yang tepat

cara agar selalu fokus dan konsentrasi saat belajar yaitu dengan cara memilih waktu belajar yang tepat, baik itu waktu belajar offline maupun belajar online. Cara ini bisa dilakukan saat Sobat belajar mandiri dirumah,pilihlah waktu yang tepat ketika badan merasa sehat kalian bisa mulai belajar, Karena ketika badan lelah kita paksakan untuk belajar maka apa yang kita baca cepat lupa tidak tersimpan di otak, waktu belajar yang bagus itu menurut penelitian baik dilakukan setelah sholat shubuh karena pada saat itu kita baru bangun tidur dan otak pun masih fresh.

10. Minum Minuman Berkafein

Minum minuman berkafein misalnya seperti kopi dan teh, bisa jadi cara agar selalu fokus dan konsentrasi serta menghilangkan rasa ngantuk berat,termasuk saat belajar, akan tetapi kalian perlu memperhatikan jumlah kafein yang diminum dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan supaya tidak memberikan dampak buruk kepada tubuh.

11. Hindari Belajar Di Kamar Tidur

Cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar mandiri sebaiknya kalian jangan belajar di kamar tidur karena itu bisa memicu datangnya rasa ngantuk.lebih baiknya kalian bisa belajar ditempat yang lain seperti perpustakaan atau ruang tamu dirumah.

12. Belajar Dengan Cara Berkelompok

Belajar sendirian akan merasa bosan atau kesepian,Karena jika belajar dengan cara berkelompok kalian bisa saling berbagi ilmu satu sama lain, siswa juga akan lebih bersemangat dan termotivasi jika belajar bersama sama.

13. lihat Suhu Udara
Jika kalian belajar di ruangan bersuhu dingin biasanya itu akan memicu datangnya rasa ngantuk karena disuhu dingin badan kita merespon untuk menghatkan badan dengan cara berselimutan dan rebahan.

14. Duduk Dikelas paling depan

Dengan Cara kalian duduk paling depan bisa membantu agar kalian tidak cepat merasa ngantuk karena didepan kita memiliki nyali untuk tetap berkonsentrasi dan tidak mau mengantuk, karena jika kita mengantuk akan dimarahi oleh dosen jadi kita bisa mengontrol rasa ngantuk itu.

15. Mendengarkan Musik

Mungkin cara ini sangat tidak sopan jika kalian belajar dikelas namun cara ini dapat dilakukan saat kalian belajar mandiri dirumah, jika rasa ngantuk itu datang maka kalian bisa berhenti sebentar belajarnya dan mendengarkan musik menggunakan earphone dengan musik yang ngebass atau rock agar kalian tetap semangat jika rasa ngantuk itu sudah hilang maka lanjutkan lagi belajarnya

Diantara 15 cara agar tetap konsentrasi tersebut diatas, manakah cara yang Sobat gunakan untuk menghilangkan rasa kantuk ketika sedang belajar. Baik ketika sobat sedang belajar online maupun sedang belajar offline. Atau Sobat BOGER memiliki cara agar tetap konsentrasi dan fokus saat belajar lainnya ? Yuk Bagikan  cara agar selalu fokus dan konsentrasi sobat lakukan untuk menghilangkan rasa mengantuk saat belajar.