Cara Membuat Presentasi Online Terbaik Walau Belajar Online Dari Rumah

Submitted by admin on Tue, 07/05/2022 - 20:14

Bagaimana cara membuat presentasi online terbaik walau sedang belajar online dari rumah ? Yuk upgrade softsckill dengan belajar membuat presentasi belajar online dari rumah. Mau tahu cara membuat presentasi yang fantastis walau sedang belajar dari rumah ? Yuk ikuti cara membuat presentasi terbaik berikut.

Walau masih dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, banyak kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan sukses seperti sebelumnya. Kegiatan pendidikan dan pembelajaran (KBK) saat ini dilakukan terutama dari rumah dengan menggunakan model strategi pembelajaran online, seperti  yang dialami di sekolah-sekolah dari semua tingkatan. Meski demikian, mahasiswa diharapkan tetap aktif dan produktif selama belajar online.

Pembelajaran online tentunya membutuhkan aplikasi belajar online yang mendukung komunikasi intensif dengan teman sekolah dan guru. Selain itu, menciptakan karya dan tugas yang bagus dan menarik membutuhkan kreativitas dalam menyajikan materi.

Agar presentasi lebih menarik, teman-teman bisa menyimak  cara membuat presentasi online terbaik berikut yang dikutip dari akun Instagram @kemnaker.

1. Pastikan koneksi internet Sobat berfungsi dengan baik
Selama presentasi, guru dan teman akan memastikan Sobat memutuskan bagaimana menyajikan materi. Pastikan koneksi internet Sobat lancar dan tidak terputus agar presentasi Sobat berhasil. Dengan begitu, guru dan teman yang menonton proses presentasi tidak akan terganggu dan setidaknya mendapatkan reputasi yang baik.

2. Siapkan slide yang polos dan jelas
Membuat slide biasanya membutuhkan aplikasi PowerPoint. Teks pada slide adalah teks utama materi. Jangan menambahkan terlalu banyak kalimat ke slide presentasi Sobat. Hal ini karena tampaknya dapat menimbulkan kebosanan dan kejenuhan bagi guru dan teman menyimak. Simpulkan materi secara singkat, padat dan jelas sehingga tidak panjang dan mudah dipahami oleh guru dan teman.

3. Membuat dan menonton tayangan slide yang menarik
Presentasi online terbaik juga membutuhkan tayangan slide yang menarik. Hal ini akan membuat guru dan teman-teman Sobat yang sedang menyaksikan dapat lebih fokus pada slide dan materi yang sedang ditayangkan.

4. Bentuk Presentasi Interaktif
Saat melakukan presentasi online, Sobat juga harus interaktif dalam menjelaskan materi, agar tidak terkesan monoton. Sesekali, berikan juga kesempatan kepada penyimak untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan informatif maupun diskusi.

5. Pastikan suara Sobat lantang dan jelas
 Pastikan suara Sobat lantang dan jelas saat memberikan presentasi agar Sobat dapat lebih memahami materi. Juga, sesuaikan perataan dengan slide yang ditampilkan.

Semoga dengan melakukan 5 cara presentasi online tersebut proses belajar online lebih menarik walaupun dijalankan secara virtual melalui jaringan internet.