Apakah Pencarian Penyamaran Mempengaruhi SEO atau Peringkat Website ?

Submitted by admin on Fri, 06/10/2022 - 06:42

Apakah pencarian pada Google Chrome dengan incognito mode Mempengaruhi SEO atau Peringkat website ? Apa itu pencarian penyamaran dan apakah itu memengaruhi peringkat SEO ? Baca lebih lanjut tentang itu, apa itu RKT, dan apakah keduanya berpengaruh pada peringkat website ?.

Sebelum kita dapat menjawab ini, kita perlu melihat tindakan apa yang sebenarnya memengaruhi peringkat SEO, serta apa yang sebenarnya dilakukan mode incognito. Kita tahu bahwa Google memiliki ratusan faktor peringkat. Ribuan, jika  menghitung semua hal yang dibuat secara acak oleh para profesional SEO di Twitter. Diantaranya adalah beberapa informasi dasar yang bisa didapatkan Google dari browser Anda.

Saat Sobat melakukan pencarian, mereka tahu negara/bahasa apa yang disetel browser, mereka tahu lokasi Sobat, dan jika Sobat memiliki set cookie Google, mereka tahu riwayat pencarian yang sobat lakukan. Semua hal ini digunakan untuk membantu memberikan hasil penelusuran yang lebih relevan secara khusus untuk Sobat dan menjelaskan mengapa Sobat mungkin melihat kumpulan hasil yang berbeda dari orang lain.

Jika Sobat terus-menerus mencari sesuatu dan terus mengklik hasil yang sama, Google (dan Bing) akan mengenali ini dan mulai menunjukkan kepada Sobat hasil yang lebih tinggi untuk pencarian itu. Ini berguna karena banyak orang masih menggunakan navigasi pencarian (misalnya, mereka mengetik Facebook ke Bing daripada membuka facebook.com di browser mereka).

Jika Sobat sedang mencari sesuatu yang memiliki nuansa lokal, mereka dapat menggunakan lokasi Sobat untuk membuka paket peta. Apakah paket peta ini muncul (dan bahkan di mana ia muncul untuk Sobat) dapat bergantung pada seberapa jauh Sobat dari bisnis.

Apa yang Sebenarnya Dilakukan Browser Pada Mode Penyamaran?

Ada panduan hebat dari Google tentang cara kerja penjelajahan pribadi di sini, tetapi jangan khawatir, disini akan dirangkum poin-poin penting untuk Sobat di bawah ini.

Tujuan penyamaran adalah menyembunyikan riwayat penelusuran internet dari orang lain yang menggunakan perangkat yang sama dengan Sobat. Ini bukan untuk sepenuhnya menganonimkan Sobat. Untuk itu, Sobat memerlukan VPN dan TOR, wifi tetangga Sobat yang tidak aman, dan mungkin salinan Tails Linux yang berjalan di mesin virtual – semuanya berada di luar cakupan artikel ini.

Saat Sobat melakukan penelusuran menggunakan mode incognito (penyamaran), masih banyak info yang dapat diketahui Google dan Bing tentang Sobat. Itu termasuk:

    Alamat IP Anda.
    Lokasimu.
    Apa pun yang Sobat masuki selama sesi itu.

Ini berarti bahwa Google dan Bing masih menampilkan hasil khusus berdasarkan IP/Lokasi/dll Sobat. Inilah sebabnya mengapa ketika profesional SEO terkenal meminta semua orang di konferensi untuk melakukan pencarian dan mengklik hasil, Sobat dapat melihat hasil itu muncul lebih tinggi.

Itu karena Sobat semua berada di lokasi yang sama menggunakan alamat IP yang sama dan mesin pencari menyesuaikan hasilnya dengan ratusan pencarian Sobat sebelumnya – dan itu dilakukan berdasarkan info dan lokasi ISP, bukan cookie Sobat.

Apakah Pencarian Mempengaruhi Peringkat Website ?

Itu membawa kita ke inti pertanyaan. Sementara Sobat tidak keluar dan mengatakannya, saya harus berpikir bahwa sebagian dari pertanyaan ini berkaitan dengan topik rasio klik-tayang dan peringkat. Saya menyinggungnya di atas, tetapi mari kita tangani secara langsung: Google mengatakan bahwa rasio klik-tayang bukan merupakan faktor dalam algoritme peringkat biasa . Apa yang mereka maksud dengan ini adalah, ketika Sobat menghilangkan personalisasi dan riwayat dan semua jenis hal itu, mereka tidak menggunakan RKT dalam algoritme. Apa artinya ini?

Ini berarti bahwa mereka dapat menggunakannya untuk mempersonalisasi Sobat berdasarkan keadaan Sobat sebelumnya, tetapi tidak ada klik Sobat yang akan memengaruhi posisi peringkat itu untuk orang lain. Tapi bagaimana dengan paten dan pernyataan lainnya?

Di sinilah ada banyak kebingungan orang yang sedang belajar SEO. Meskipun mereka mungkin tidak menggunakan RKT sebagai faktor peringkat yang sulit, ada banyak kegunaan yang sah untuk itu. Misalnya, jika mereka melakukan pengujian A/B di antara varian algoritme penelusuran, RKT membuat metrik yang bagus untuk dilihat guna melihat kumpulan hasil mana yang lebih baik.

Demikian juga, jika mereka memperhatikan bahwa paket peta untuk jenis kueri tertentu tidak mendapatkan klik, mereka mungkin memutuskan untuk tidak lagi menampilkan paket peta untuk jenis kueri tersebut. Mereka juga dapat menggunakan RKT untuk menentukan posisi terbaik yang menunjukkan kotak tanya orang juga atau fitur serupa.

Apakah Google menggunakan RKT? Ya.

Apakah mereka menggunakannya seperti yang dipikirkan SEO? Tidak.

Sobat dapat mengklik hasil Sobat atau meminta orang lain mengklik hasil Sobat semau Sobat, itu tidak akan meningkatkan peringkat Sobat. Hal yang harus diperhatikan, bahwa jika Sobat berbicara tentang hasil dalam paket peta lokal atau sesuatu. Saya tahu beberapa Black Hat SEO dengan beberapa ratus telepon yang mengklik barang dan berkeliling, dan itu tampaknya masih berfungsi – tetapi hanya dalam fitur pencarian lokal tertentu , tidak dalam pencarian umum.

Kembali ke pertanyaan: Apakah penggunaan browser dengan mode incognito mengacaukan salah satu hal yang kami sebutkan di atas ? Jawabannya adalah tidak, tidak juga – setidaknya tidak dengan cara yang berarti. Kami harap itu membantu memperjelas beberapa nuansa tentang apa yang sebenarnya dilakukan penyamaran dan bagaimana RKT dapat digunakan dan tidak digunakan.

Apabila website sobat dalam keadaan menurun silahkan baca artikel tentang faktor-faktor yang menyebabkan penurunan website.