Bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak boros?

Submitted by admin on Thu, 11/24/2022 - 20:34

A. Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros
B. Tips cara mengatur keuangan agar tidak boros
c. cara mengelola uang agar tidak boros

Hai Sobat belajar online gratis, masih menunggu artikel tentang belajar online keuangan dari belajaronlinegratis.com ? Pada artikel berikut lebih spesifik membahas tentang bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros, karena ada juga cara mengelola uang agar tidak boros bagi individu. Tetap terus membaca cara mengelola uang agar tidak boros juga ada tips cara mengatur keuangan agar tidak boros terutama bagi Sobat yang sudah berkeluarga.

Sobat tentu sering mendengar istilah ‘kanker’? alias kantong kering di akhir bulan? Bisa jadi itu akibat dari gaya hidup yang boros. Boros membelanjakan barang-barang yang tidak penting. Apalagi setelah gajian, Sobat hidup hedonis di awal bulan, maka bersiaplah kantong menjerit di akhir bulan.

Hidup tidak hemat alias boros akan membuat seseorang tidak memiliki persiapan pada saat darurat. Gaji habis untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan oleh karena itu Sobat perlu belajar keuangan tentang cara mengelola uang agar tidak boros.

Salah satu dari gaya hidup bos Akibatnya, pada saat darurat Sobat tidak memiliki simpanan yang cukup. Misalnya, tiba-tiba sakit datang, kecelakaan, bencana alam, atau kerusakan rumah. Untuk itu penting sekali menyudahi hidup boros. Mengelola uang membutuhkan usaha dan setiap orang memiliki caranya masing-masing. Pada dasarnya, jangan hidup boros agar keamanan finansial di masa depan aman terkendali. Ketika Sobat hidup mewah, Sobat biasanya  selalu gagal. Berikut ringkasan Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dan keluar dari jebakan gaya hidup boros.

1. Rutin Tabungan Gaji
Pastikan untuk menyimpan uang setelah gajian. Sisihkan 10% atau lebih dari gaji Sobat untuk keadaan darurat. Ini dilakukan agar Sobat memiliki tabungan yang cukup di masa depan. Sobat harus memiliki semangat dan alasan yang kuat untuk menyisihkan gaji tersebut setiap bulan untuk menambah tabungan.

Bagi yang kesulitan menyimpan kartu bank atau  ATM karena takut menggunakannya, ada baiknya  membeli dompet tabungan. Cara ini cukup efektif dalam meningkatkan motivasi  menabung. Dan Sobat bisa buka akhir tahun ini untuk liburan atau untuk membeli kebutuhan pokok lainnya.

2. Buat anggaran setiap bulan
Langkah Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros berikut sangat dianjurkan untuk menghindari gaya hidup boros. Tuliskan anggaran Sobat untuk bulan berikutnya. Tulis daftar belanja secara rinci apa saja yang harus dibeli dan pastikan jangan sampai ada yang terlewat. Apabila Sobat memiliki pengeluaran lain yang harus Sobat bayar, maka juga harus ditulis pada daftar anggaran.

Untuk Sobat yang menerapkan cara ini, maka Sobat akan dapat mengontrol ke mana aliran gaji dalam sebulan sekaligus menentukan mana yang harus diprioritaskan dalam menggunakan uang. Menabung tidak harus dilakukan dengan cara-cara klasik yang membosankan dan memberatkan. Tentu banyak cara lain yang bisa dilakukan agar kegiatan menabung dapat menjadi hal yang seru. Menabung bisa menjadi budaya yang melebur ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

3. Bawa Bekal Sendiri saat Bepergian
Untuk Sobat yang bekerja kantoran maupun ingin bepergian, tidak ada salahnya membawa bekal makanan dari rumah. Selain berhemat, masakan rumah juga dipastikan makanan yang bersih, sehat, dan bergizi. Ketika membeli makan di luar, terkadang cukup menguras dompet. Belum lagi jika di lingkungan yang suka jajan, pasti akan tergoda membeli cemilan setelah makan berat. Oleh karena itu, hal ini bisa disiasati dengan membawa bekal makan dari rumah. Tidak perlu ribet, cukup siapkan nasi dan topping sederhana lalu masukkan ke dalam food box.

4. Jangan mudah tergoda
Sulit untuk tidak tergoda saat bepergian ke mall. Baru juga dibayar. Jika Sobat pergi ke mal atau supermarket, Sobat tentu  akan menemukan banyak penawaran melalui brosur, katalog, dan media sosial. Yang terpenting adalah Sobat jangan mudah tertarik dengan penawaran tersebut. Ingatlah bahwa Sobat perlu menabung untuk masa depan yang lebih baik. Jangan terkecoh dengan penawaran yang sebenarnya hanya tipu muslihat penjual.

5. Membeli Kebutuhan Bukan Keinginan
Cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros berikutnya, Sobat harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan tahu perbedaan ini, maka Sobat akan terhindar dari hidup boros. Jadi, untuk membeli barang atau sesuatu mengharuskan Sobat harus berpikir matang untuk mengeluarkan uang.

Jangan sampai sobat belajar online keuangan membeli barang karena emosi. Sobat harus bisa memilih barang yang ingin dibeli tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan saja. Jika barang tersebut memang kebutuhan, maka tidak ada salahnya untuk membeli. Di sisi lain, jika produk tersebut hanya angan-angan, sebaiknya Sobat tidak membelinya.

6. Batasi Penggunaan Kartu Kredit
Kartu kredit  terkadang membuat  kantong Sobat bolong tanpa Sobat sadari. Karena digunakan tanpa uang tunai,  terkadang bebas membeli barang sesuai  keinginan. Kartu kredit sangat memudahkan pengguna untuk melakukan pembelian, tetapi di sisi lain, mereka dapat membahayakan pengeluaran mereka. Sobat bisa terjebak dengan tagihan kartu kredit yang terus menumpuk setiap bulannya. Jadi, Sobat harus membatasi penggunaan kartu kredit Sobat untuk menghindari pengeluaran berlebihan.

7. Lupakan gengsi
Hindari mengenal gengsi dalam hidupmu. Pilih kelompok teman yang baik, hindari  pertemanan hedonistik. Contoh, saat teman-teman berbelanja, Sobat harus menahan gengsi dan berhemat untuk tidak ikut-ikutan belanja barang yang tidak perlu dan Sobat bisa menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Di saat orang lain makan siang di mall, Sobat bisa menyiasati dengan membawa bekal dari rumah. Di saat teman-teman pergi ke kafe atau restoran high class, Sobat tidak perlu iri. Melupakan gengsi bisa menyelamatkan keuangan di masa depan dan terhindar dari hidup boros.

8. Jual barang lama, beli barang baru
Jika ingin membeli barang baru dan lemari  terlalu penuh, tidak ada salahnya  menjual barang lama. Sobat bisa menggunakan dana hasil penjualan  barang lama  untuk membeli barang baru. Misalnya ingin membeli laptop  baru dengan spesifikasi yang lebih baik, Sobat bisa menambah uang dengan cara menjual barang lama. Dan pastikan laptop yang Sobat jual  masih layak jual.

9. Hindari hutang
Hindari hutang baik kepada teman atau sebagai pembayaran pinjaman. Jika Sobat sudah memiliki hutang, prioritaskan untuk melunasinya sekarang dan berjanjilah pada diri sendiri bahwa Sobat tidak akan berhutang lagi. Hiduplah secukupnya tanpa kemewahan dan selalu bersyukur.

Sobat harus menghadapi hutang dengan baik dan bertahan dalam situasi di mana kita semua tidak mengharapkan apa yang akan jatuh akibat hutang. Jika Sobat tahu cara mengelola hutang, disarankan untuk mempersiapkan kebutuhan hidup di masa depan  dengan membiasakan diri dengan produk investasi yang sangat dipercaya banyak orang, yaitu. produk investasi dengan modal kecil tapi return  maksimal.

10. Jangan sering berpesta
Menjamurnya penginapan atau kafe di gurun pasir kini mendukung gaya hidup yang semakin mewah. Terkadang  rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi menu terbaru atau kopi yang lagi hits saat ini. Sekali atau dua kali sepertinya Sobat tidak menghabiskan uang, tetapi seiring waktu Sobat harus mempertimbangkan untuk menghabiskan waktu. Ratusan ribu bisa nongkrong sekaligus hanya untuk ngopi dan jajan.

Jika Sobat dapat menghemat uang dengan membatasi pembelian atau menghabiskan lebih sedikit waktu, keuangan Sobat akan lebih aman dan sejahtera di masa depan.

11. Jangan sering beli makanan di luar
Membeli makanan atau jajanan di luar atau  online bisa menjadikan hidup boros. Sesekali Sobat mengklik sebuah aplikasi dan makanan yang Sobat tunggu-tunggu tiba, lalu tanpa sadar Sobat mulai kehabisan uang  di saku. Anggaran untuk membeli makanan meningkat.

Cara mengelola keuangan agar tidak boros dan bisa jadi solusi yang tepat berikutnya adalah berhemat dengan memasak di rumah atau di wisma. Ekonomi yang berkelanjutan adalah dasar dari kemakmuran di masa depan. Hemat juga bukan berarti kelangkaan.

Terkadang Sobat dapat membeli makanan secara online atau makan di luar jika itu tidak terlalu sering terjadi. Selain itu, Sobat memiliki cita-cita yang menjadi kenyataan. Sobat perlu mengelola keuangan dengan baik. Mulai sekarang,  hidup boros akan berkurang!

12. Kurangi penggunaan Jasa Transportasi Online
Penggunaan jasa transportasi online yang terlalu sering juga  membuat hidup Sobat semakin boros. Hitung  berapa rupiah yang harus Sobat keluarkan sekaligus. Jika  mendesak atau Sobat punya uang untuk dikirim secara online,  tidak  masalah. Apalagi jika Sobat tidak memiliki banyak penghasilan  dan Sobat terus-menerus menggunakan jasa transportasi online, pengeluaran akan meningkat dari waktu ke waktu dan solusinya adalah menguranginya dan beralih ke transportasi lain yang ramah kantong.

13. Tidak merokok
Harga rokok per bungkus cukup mahal. Ini tidak mungkin jika seorang perokok hanya merokok sekali atau dua kali  seminggu. Rokok diketahui mengandung zat yang membuat orang  ketagihan atau ketergantungan. Hal ini memicu alasan mengapa perokok menjadi pemboros.

Hingga saat ini, hampir semua orang sulit untuk berhenti merokok. Terutama pengguna tembakau. Namun bukan berarti Sobat tidak bisa berhenti merokok setiap hari, atau setidaknya mengurangi intensitasnya. Ini bisa menghemat biaya. Berhentilah merokok demi kesehatan dan keuangan Sobat.

14. Kurangi berbelanja di mall
Mall merupakan tempat belanja favorit bagi para pembelanja. Berbagai kebutuhan dapat ditemukan di  tempat ini. Kemewahan yang ditawarkan memungkinkan orang untuk menghabiskan uang mereka dengan bebas ketika mereka mengunjungi mal.

Meskipun Sobat tidak pergi ke mal setiap hari, itu membuat Sobat relatif akan mengeluarkan dana lebih, Apalagi jika Sobat menjadikan mall sebagai tempat yang bisa diandalkan untuk membeli kebutuhan pokok. Selain itu, masih banyak cara lain yang membuat Sobat boros seperti kecanduan produk skin care, selalu ingin tampil gaya dan trendy, segala sesuatu yang mewah dll.

Jika  ingin berhemat, tinggalkan  gaya hidup mewah tersebut dan mulailah kebiasaan lain yang lebih baik dan dapat menghemat biaya. Ada baiknya  membuat rencana anggaran bulanan untuk pendapatan dan pengeluaran. Apakah benar gaji Sobat tidak cukup atau ada yang salah dengan manajemen?

 15. Alat bantu cadangan
tips mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah kita tahu, hidup tidak bisa diprediksi, termasuk masalah uang. Agar Sobat belajar online keuangan tidak perlu mengeluarkan biaya besar jika terjadi kebutuhan yang tidak terduga,  salah satu kemungkinannya adalah penyaluran dana darurat.

Tidak harus denominasi besar, karena dengan melakukan pembagian ini berarti Sobat sudah mengarah pada pengelolaan keuangan yang baik. Memastikan bahwa porsi keuangan kontinjensi selalu ditingkatkan setiap bulannya hingga mencapai jumlah nominal yang sesuai untuk setiap bulannya. Perhitungannya sederhana, minimal tiga kali lipat total makanan Sobat selama sebulan. Jika  sudah memiliki dana darurat, dana Sobat belajar online keuangan akan tetap berjalan lancar, meski muncul masalah yang tidak terduga.

16. Cek Keinginan Berbelanja
Di masa pandemi  ini, banyak pusat perbelanjaan seperti mal dan pasar  tutup. Namun, orang beralih ke belanja  online. Jika Sobat belajar online gratis tidak pandai mengendalikan diri dan mudah tertarik dengan penawaran atau diskon,  keuangan Sobat mungkin tidak sehat dan kantong bisa jebol di akhir bulan.

Kendalikan dorongan Sobat untuk membeli dan jangan buang uang untuk kesenangan instan, pastikan Sobat berbelanja untuk kebutuhan Sobat dan bukan hanya keinginan Sobat, bukan? Untuk menghindari hidup boros ini, Sobat bisa menganggarkan dan menabung sesuai kebutuhan.

Selama barang masih dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik, sebisa mungkin hindari membeli barang  baru agar biaya bulanan tidak bertambah. Meski mengendalikan dorongan untuk membeli ini tidak mudah,  Sobat belajar keuangan harus yakin untuk mencapai posisi keuangan yang baik dan menabung untuk masa depan.

17. Rencanakan Daftar Prioritas
Sobat belajar online, ketika kita menghabiskan waktu bersama teman, hanya sedikit dari kita yang merasa kebutuhannya bertambah. Mulai dari menikmati kopi nikmat bersama teman hingga jalan-jalan ke destinasi wisata yang eksotis, media sosial membuat gaya pergi kerja atau hang out menjadi mode agar tidak terlihat jadul.

Daftar prioritas harus dibuat di sini. Kebutuhan mana yang dapat ditangguhkan atau dicicil  dan mana yang  harus segera disediakan. Misalnya, jika Sobat belajar online keuangan ingin jalan-jalan, Sobat bisa mulai menabung  dengan menghindari tempat-tempat mewah atau mahal. Pemilihan tempat menghabiskan waktu bisa dilakukan di tempat yang nyaman dan nyaman, misalnya kantor atau taman.

18. Rajin berburu promo
Kabar gembira bagi Sobat yang suka berburu promo. Di tengah situasi pandemi  ini, banyak toko dan toko online  yang menawarkan promo besar-besaran. Dengan menggunakan diskon ini, biaya Sobat akan berkurang sehingga Sobat dapat menghemat persentase tertentu. Apalagi jika produk yang Sobat cari memiliki harga awal yang bagus, tidak ada salahnya  memanfaatkan penawaran tersebut.

19. Cerdas Menggunakan THR atau Bonus
Namun, jangan sampai terbuai untuk menggunakan dana-dana tersebut secara tidak bijak.  Sobat sebaiknya dana tersebut tidak digunakan secara bersamaan. Simpan bonus ini untuk tabungan atau investasi. Jika Sobat mengelola bonus ini dengan baik, Sobat bisa tersenyum di setiap akhir bulan ketika teman-teman  lain membicarakan situasi keuangan dan gaya hidup hedonistik mereka.

Selain itu, pastikan Sobat menggunakan uang bulanan Sobat dengan bijak dengan menyisihkan 10% dari gaji Sobat untuk memperkuat fondasi keuangan Sobat demi masa depan yang lebih baik.  Kerahkan kekayaan untuk tujuan yang bermanfaat dan tidak menyia-nyiakannya untuk kesenangan belaka, serta mengajarkan  Sobat untuk menabung, menghilangkan hutang dan hidup tanpa beban  keuangan.

20. Kurangi pembayaran tanpa uang tunai
Saat ini trennya adalah melakukan pembayaran tanpa uang tunai. Selain pembayaran melalui bank atau kartu kredit, pembayaran kini semakin mudah dengan memindai barcode dengan ponsel Sobat atau didebit secara otomatis. Metode pembayaran ini sangat memudahkan uang tunai bagi semua orang, terutama orang yang sedang bepergian. Membawa uang tunai kurang aman dan langsung lebih praktis.

Namun, Sobat harus berhati-hati bahwa gaya hidup ini dapat lepas kendali dari waktu ke waktu dan Sobat tidak disiplin dalam pembukuan Sobat. Hidup mewah ini  terasa ketika saya tiba-tiba  mengecek saldo non tunai saya yang semakin menipis tanpa tahu tujuannya apa.

21. Senantiasa menggunakan prinsip berhemat
Jika Sobat belajar online terbiasa hidup boros, kini saatnya  meyakinkan diri untuk  disiplin dan selalu mengikuti prinsip berhemat. Prinsip menabung harus diikuti dengan disiplin baik di awal bulan maupun di akhir bulan. Pengelolaan keuangan dapat dikatakan baik jika biaya tidak melebihi pendapatan. Kondisi tersebut tentunya harus dicapai dengan memelihara segala kebutuhan pokok dan dengan menabung atau membiayai pembangunan.

Seperti warga China yang dikenal pandai berhemat, jangan habiskan uang Sobat untuk pengeluaran yang boros sampai Sobat memiliki ekonomi yang sehat. Adalah baik untuk mengikuti prinsip ini. Jika Sobat menerima penghasilan, jangan takut menyisihkannya untuk ditabung atau diinvestasikan. Penting untuk tetap berkomitmen untuk menghemat uang dan tidak menyia-nyiakannya.

Tips  mengatur uang bulanan agar tidak terbuang sia-sia

Gaji bulanan yang cukup besar pun akan cepat habis jika tidak ditata dengan baik. Apalagi jika di tengah bulan Sobat merasa lebih sedih lagi karena dompet menipis. Selain itu, ada biaya rumah tangga bulanan yang tidak sepenuhnya ditanggung. Namun jika Sobat tahu cara mengelola uang bulanan dengan baik, Sobat tidak hanya akan menghambur-hamburkan uang Sobat.


Mengapa Sobat Sulit Mengelola Keuangan
Uang memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan pribadi maupun pengeluaran bulanan rumah tangga. Semua kebutuhan ini terpenuhi jika Sobat tahu cara mengelola uang bulanan. Sayangnya, masih sedikit orang yang  melakukan kesalahan dalam merencanakan keuangannya. Hal ini mempersulit mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup karena mereka tidak tahu bagaimana mengatur gaji bulanan mereka dan ini membuat mereka semakin boros.

Pada umumnya mereka tidak tahu bagaimana mengatur uang bulanannya, karena sering melakukan empat kesalahan berikut:

1. Keinginan belanja yang besar
Kesulitan  mengatur pengeluaran rumah tangga bisa dipicu oleh keinginan belanja yang besar. Sobat cenderung impulsif dalam pembelian dan sering tergoda oleh produk promosi murah saat Sobat tidak membutuhkannya. Kondisi ini membuat Sobat menjadi sombong karena keinginan membeli yang tidak terkendali. Semakin sering Sobat menikmati dorongan berbelanja ini, semakin sulit bagi Sobat untuk mengetahui cara mengatur keuangan bulanan Sobat dengan cara yang tidak merugikan Sobat.

2. Gaya hidup yang berlebihan
Pengakuan dan gaya hidup yang berlebihan menjadi alasan berikutnya mengapa Sobat sulit menerapkan cara yang tepat untuk mengatur gaji bulanan. Sobat harus selalu berusaha  menunjukkan kehidupan yang tenang, sehingga Sobat sering membeli barang-barang mewah dan mahal. Menghabiskan uang hanya untuk gengsi akan membuatmu semakin boros dan tidak bisa mengatur keuanganmu. Situasi keuangan Sobat akan memburuk jika Sobat berhutang karena apresiasi.

3. Lingkungan tidak memenuhi kondisi ekonomi
Sehubungan dengan poin-poin di atas, lingkungan dapat mempengaruhi gaya hidup dan penilaian. Apalagi jika  berada di lingkungan yang cukup mewah. Itu dapat memengaruhi Sobat untuk menyeimbangkan diri, bahkan jika situasi keuangan Sobat tidak memungkinkan. Dengan demikian, Sobat kesulitan menangani pengeluaran  rumah tangga bulanan dan tidak dapat menerapkan pengelolaan uang bulanan karena Sobat cepat beradaptasi dengan lingkungan yang mewah.

4. Mengabaikan pentingnya menabung dan berinvestasi
Uang yang dibelanjakan sembarangan membuat sulit menabung, apalagi berinvestasi. Padahal dua hal ini bisa membantu memastikan keamanan finansial di masa depan. Jadi alangkah baiknya kelola uang bulanan agar bisa hidup lebih nyaman secara finansial ke depannya.

Cara Efektif Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga
Agar tidak berkutat dengan keuangan, berikut  beberapa cara mengatur uang bulanan rumah tangga yang bisa Sobat coba untuk menghindari masalah keuangan:

1. Pisahkan dana darurat saat krisis. Dana di awal setiap gajian
Dana darurat memiliki peran keuangan yang penting untuk memastikan keadaan  di masa depan. Itu sebabnya Sobat perlu menyisihkan uang untuk mencoba menciptakan cara yang sehat untuk mengelola uang bulanan Sobat. Tidak ada  yang tahu apa yang akan terjadi pada Sobat di masa depan. Jadi bangun dana darurat sekarang  dengan menyisihkan sebagian dari gaji bulanan!

2. Pisahkan kebutuhan dan keinginan Anda Anggaran  
Selain untuk memenuhi kebutuhan wajib, Sobat pasti ingin membeli beberapa produk setiap bulannya. Namun, jika terus terkabul, keinginan tersebut akan membahayakan kesehatan finansial Sobat! Untuk menyiasatinya, Sobat perlu mengalokasikan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Sobat. Dengan menerapkan cara pengelolaan uang bulanan ini, Sobat tidak akan membuang-buang uang untuk memenuhi keinginan dan lupa memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

3. Lacak pendapatan dan pengeluaran
Membuat laporan keuangan terpisah membantu Sobat melacak pendapatan dan pengeluaran setiap bulan. Lacak semua pengeluaran setiap hari sehingga Sobat tahu kemana perginya uang  selama ini. Cara mengatur keuangan bulanan ini juga bisa membantu Sobat menganalisis pengeluaran apa saja yang tidak perlu Sobat keluarkan di bulan berikutnya. Pastikan juga untuk membawa laporan pembelian bulanan saat berbelanja. Dengan begitu Sobat tidak hanya berbelanja dan berusaha untuk tidak tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

4. Rencanakan Pengeluaran Anda
Cara mengelola uang bulanan selanjutnya adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan. Rencananya memiliki semua yang dibutuhkan untuk dibeli dengan gaji bulan depan. Sobat juga akan tahu apakah Sobat membutuhkan produk atau hanya menginginkannya. Setelah itu, buat anggaran yang berfokus pada prioritas Sobat. Sobat juga bisa meminta gaji bulanan sebesar 50 – 30 – 20. Artinya, Sobat harus menyisihkan 50% gaji bulanan untuk  kebutuhan, 30% untuk kebutuhan darurat dan 20% untuk tabungan. Dengan begini rencana keuangan Sobat akan lebih terencana dan terukur sehingga terhindar dari pemborosan.

Kini sobat sudah tahu cara mengelola uang agar tidak boros setiap bulannya dengan lebih mudah, aman dan menyenangkan. dengan aplikasi digital yang ada di smartphone. Sobat juga bisa mengatur gaji bulanan melalui aplikasi keuangan online. Dari mengelola transaksi keuangan hingga melacak keuangan Sobat, sehingga pengaturan keuangan menjadi lebih praktis hanya dengan aplikasi keuangan online agar tidak boros dan. Alhasil, Sobat tidak lagi kesulitan  mengatur keuangan setiap bulan.