Apa Itu Hotlinking ? Mengapa Sobat Harus Memahaminya
Submitted by admin on Tue, 05/18/2021 - 06:53

Pembahasan tentang belajar SEO sepertinya tidak ada habisnya, pada kesempatan ini kita akan sama-sama belajar online seo tentang apa itu Hotlinking. Mengapa harus membahas tentang hotlinking karena ternyata banyak blogger yang memanfaatkan hotlinking gambar dari layanan gambar online misalnya, tiba-tiba gambar tersebut tidak tampil lagi pada blog yang dimiliki blogger tersebut. Sudah ada gambaran tentang Hotlinking ?

Contohnya ketika kita browsing di situs layanan gambar gratis di internet yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, lalu kita embed gambar tersebut ke postingan blog. setelah sekian lama ketahuan bahwa gambar tersebut merupakan curian dan diminta untuk menghapus. Ketika gambar tersebut dihapus dari website layanan gambar gratis tersebut otomatis pada blog yang kita sematkan gambar tersebut tidak akan muncul lagi karena gambarnya sudah dihapus.

Untuk menghindari hotlinking yang bermasalah tersebut maka apabila sobat Belajar Online Gratis (BOGER) hendak memasukkan gambar ke dalam postingan blog lebih baik membuat gambar animasi sendiri untuk lebih menambah pemahaman postingan blog lewat gambar.

Untuk menghindari Hotlinking yang bermasalah tersebut, apabila sobat BOGER tetap ingin menggunakan hotlinking karena terbatasnya ruang penyimpanan hosting, sobat bisa membuat akun pada layanan hosting gambar gratis untuk mengupload gambar-gambar yang akan dibuat hotlinking ke postingan blog. Sobat dapat memasukkan gambar ke postingan blog dengan cara embed atau link yang disediakan oleh pemilik layanan image gratis tersebut.

Hotlinking menyebabkan masalah apabila sobat menautkan gambar orang lain yang di hosting di akun mereka/server mereka. Meskipun gambar tersebut di domain publik, sobat mungkin tidak ingin melakukan hotlink ke gambar tersebut karena faktanya beberapa layanan akan memblokir upaya hotlinking. Mereka memblokir hotlinking karena ketika sobat melakukan hotlinking, sobat menggunakan lebih banyak bandwidth daripada jika sobat hanya mengunduh gambar mereka ke komputer kemudian mengunggah sendiri ke blog sobat.

Dan kekhawatiran terbesar dari kegiatan hotlinking sobat tidak tahu persis siapa atau apa yang sobat tautkan. Ada kemungkinan bahwa gambar yang sobat tautkan tersebut dapat diubah dan diganti tanpa memberikan peringatan kepada sobat. Atau bisa jadi hotlinking tersebut mengarah ke situs yang disusupi malware yang kemudian dapat menyebabkan petaka bagi blog sobat sendiri. Berikut praktek terbaik apabila sobat BOGER hendak menyisipkan gambar ke dalam postingan blog:

Pertama Usahakan selalu untuk menggunakan gambar yang sobat buat sendiri dan unggah langsung ke dalam blog pribadi.

Kedua jika sobat tidak memiliki gambar yang sesuai untuk materi blog, carilah gambar di domain publik. Pixabay dan Unsplash adalah tempat yang bagus untuk mencari gambar yang ada di domain publik. Unduh gambar dan unggah ke dalam blog. Jangan lupa beri referensi ke gambar tersebut.

Ketiga Jika sobat tidak dapat menemukan gambar yang sesuai di domain publik, cari gambar yang memiliki lisensi Creative Commons yang menyertainya. Ekstensi Creative Commons Chrome memudahkan sobat mencari gambar dengan lisensi Creative Commons. Unduh gambar, unggah ke dalam blog jangan lupa beri atribut yang tepat pada pemilik gambar.

Itulah sobat dokumentasi online sekita Hotlinking bagi sobat yang belajar SEO untuk menambah blog lebih menarik lewat gambar.