Apa itu perencanaan keuangan dan mengapa perencanaan keuangan penting bagi individu?

Submitted by admin on Thu, 11/03/2022 - 18:05

Artikel belajar online gratis kali ini masih membahas soal belajar online keuangan yang berkaitan erat dengan sSalah satunya adalah belajar bagaimana merencanakan dan mengelola keuangan Sobat agar tetap berada pada posisi yang stabil untuk mencapai kehidupan sukses secara finansial. Pada pembahasan kali ini, kita akan  lebih banyak membahas tentang perencanaan keuangan dan perencanaannya bagi inividu. Apa itu perencanaan keuangan dan mengapa perencanaan keuangan  penting bagi individu?

Apa itu perencanaan keuangan?
Secara sederhana, perencanaan keuangan adalah seni dan prinsip yang harus dilakukan dalam mengelola perekonomian agar  lebih efektif dan efisien. Perencanaan keuangan ini penting bagi keuangan individu dan keluarga untuk mencapai kehidupan yang sukses. Tentu saja konsep kekayaan di sini menyesuaikan dengan standar ekonomi dimana semua kebutuhan  terpenuhi dengan baik.

Hal-hal yang  dikelola dalam kegiatan perencanaan keuangan adalah pendapatan yang diperoleh, dan pendapatan rutin dan sementara. Pengelolaan pendapatan ini  kemudian  disesuaikan dengan kebutuhan  individu dan keluarga. Kebutuhan itu sendiri secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu. kebutuhan saat ini dan kebutuhan masa depan.

Kebutuhan saat ini adalah semua kebutuhan yang muncul pada saat sekarang dan biasanya merupakan kebutuhan rutin. Misalnya  kebutuhan makan rumah tangga, listrik, pulsa, paket internet dll. Berdasarkan kerangka waktu, kebutuhan mendesak akan muncul dalam  waktu kurang dari 12 bulan atau satu tahun.

Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang, seperti biaya pernikahan, pendidikan anak, dana pensiun, dll. Dan untuk suatu periode, kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang muncul  lebih dari satu tahun.

Mengapa Perlu Merencanakan Keuangan Sobat Belajar Online?
Perencanaan keuangan sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan secara efektif dan efisien. Jika kita hanya membelanjakan uang yang kita miliki setiap kali pendapatan masuk,  cepat atau lambat situasi keuangan kita kemungkinan akan memburuk. Jika ya, maka kehidupan kaya yang Sobat inginkan hanyalah mimpi.

Selain itu, perencanaan keuangan harus dilakukan karena Sobat tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Saat ini, kita mungkin  memiliki penghasilan tetap yang kita terima setiap bulan, tetapi hal-hal buruk dapat terjadi  yang tidak  kita pikirkan sebelumnya, seperti PHK, kecelakaan, dll. Perencanaan keuangan  sangat membantu kita  memenuhi kebutuhan kita bahkan ketika hal-hal buruk menimpa kita.

Langkah-langkah Dasar Perencanaan Keuangan
Setelah kita memahami apa itu perencanaan keuangan dan mengapa harus dilaksanakan, kita akan membahas langkah-langkah apa  yang harus diambil di dalamnya. Proses perencanaan keuangan sebenarnya tidak sulit jika kita melalui langkah-langkah secara teratur, teratur dan konsisten. Langkah-langkah utama yang harus dilakukan dalam  perencanaan keuangan adalah sebagai berikut:

1. Pahami Situasi Keuangan Sobat
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam  perencanaan keuangan adalah memahami bagaimana keadaan keuangan Sobat atau keluarga. Pertama, daftar semua aset yang Sobat miliki dari uang tunai, rekening giro, rumah, perhiasan, dan barang berharga lainnya. Namun perlu diingat bahwa tidak semua barang yang ada di rumah dapat digolongkan sebagai barang berharga, hanya barang berharga yang memiliki potensi nilai jual kembali yang tinggi di masa depan.

Selanjutnya, Sobat juga harus mencatat hutang, baik dalam bentuk pinjaman maupun real estate, misalnya pembayaran kendaraan dan rumah. Jumlah utang ini  kemudian  menunjukkan berapa banyak aset yang sebenarnya dimiliki, dikurangi dari total aset yang dilaporkan sebelumnya.

Jika total aset Sobat dikurangi utang masih  lebih besar dari utang itu sendiri, situasi keuangan Sobat mungkin cukup baik. Sebaliknya, jika total aset Sobat lebih kecil dari utang Sobat atau berwarna merah, berarti kondisi keuangan Sobat sedang tidak baik. Dengan cara ini, Sobat harus merancang ekonomi yang lebih baik  untuk menghadapinya.

2. Daftar Kebutuhan Sasaran
Tahap perencanaan keuangan selanjutnya adalah menetapkan sasaran kebutuhan, baik kebutuhan saat ini maupun kebutuhan yang akan datang. Jika Sobat memiliki hutang yang harus dibayar, kebutuhan finansial Sobat termasuk melunasi hutang tersebut. Kemudian tetapkan tujuan untuk berapa lama kebutuhan ini akan dipenuhi, seperti beberapa bulan atau beberapa tahun.

Selain itu, Sobat harus memiliki tabungan darurat untuk  keadaan darurat yang tidak terduga. Namun, dengan tabungan tersebut, setidaknya Sobat bisa memenuhi kebutuhan rutin  pribadi dan keluarga. Itulah mengapa penting untuk memasukkan tabungan darurat dalam aliran kebutuhan, yang harus diisi ulang secara teratur.

3. Penyusunan Skala Prioritas
Jika kebutuhan tujuan telah ditentukan dengan benar, maka perlu diurutkan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu menurut prioritas. Dalam hal ini, sangat penting untuk membedakan antara apa yang merupakan kebutuhan nyata dan apa yang hanya  keinginan. Tentu  saja baik untuk memenuhi keinginan Sobat dan keluarga, tetapi jangan sampai  keinginan Sobat mendahului kebutuhan Sobat

Misalnya, informasi yang dibutuhkan dibuat memiliki beberapa daftar, seperti tabungan untuk pendidikan anak, pembayaran hipotek dan membeli tas baru. Dalam urutan prioritas, lebih baik melunasi hipotek terlebih dahulu. Baru setelah itu Sobat bisa membayar tabungan pendidikan anak Sobat , lalu Sobat bisa membeli tas baru.

Demikian pembahasan tentang pentingnya perencanaan keuangan dan tahapan pelaksanaan perencanaan keuangan. Semua hal di atas tidak ada gunanya jika tidak diterapkan dan segera dimulai. Memulai perencanaan keuangan mungkin sulit Sobat awalnya, tetapi jika ASobat melakukannya secara teratur, Sobat pasti akan  terbiasa.

4. Dapat Memberikan Gambaran Yang Jelas Tentang Situasi Keuangan Sobat
Menyusun rencana keuangan pasti memberikan gambaran yang jelas tentang situasi keuangan Sobat . Dengan cara ini Sobat dapat lebih mudah menerapkan gaya hidup yang sesuai dengan situasi keuangan Sobat . Selain itu, jika Sobat tahu berapa banyak yang telah Sobat belanjakan dan berapa yang tersisa, Sobat dapat mengukur batas kemungkinan keuangan Sobat . Itulah mengapa dikatakan bahwa perencanaan keuangan sangat penting untuk menjalani gaya hidup yang lebih baik dan lebih lengkap.

5. Dapat Membantu Mencapai Tujuan Dan Termotivasi Untuk Maju
Jika Sobat membuat rencana keuangan terlebih dahulu, setiap tujuan yang ingin Sobat capai dapat dengan mudah dicapai. Karena Sobat sudah memiliki perencanaan keuangan yang matang agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak atau kehabisan. Selain itu, membuat rencana keuangan yang jelas juga bisa menjadi insentif untuk menabung lebih banyak. Ingatlah bahwa rencana keuangan yang jelas dan tepat juga akan membantu Sobat menghitung berapa banyak waktu yang dibutuhkan dan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang Sobat inginkan.

6. Distribusi sumber daya lebih jelas terlihat
Ketika Sobat membuat rencana keuangan, Sobat dapat dengan jelas melihat kemampuan Sobat untuk membiayai pengeluaran yang diperlukan untuk hidup. Seperti membeli rumah atau membayar sewa, makan, membeli kendaraan dan lain sebagainya. Dengan cara ini, Sobat bisa lebih mudah mengatur keuangan dan mengontrol ketika pengeluaran terlalu banyak untuk hal-hal di luar kebutuhan tersebut. Nah, jika Sobat tahu cara mengalokasikan dana dengan jelas, pasti bisa membantu Sobat beroperasi lebih efisien.

7. Hindari Risiko Finansial Yang Memburuk
Perhatikan bahwa jika Sobat belajar online keuangan hanya membelanjakan uang dari penghasilan Sobat tanpa menyimpannya, itu akan memperburuk situasi keuangan. Oleh karena itu, perencanaan keuangan sangat penting untuk meminimalkan berbagai kemungkinan risiko keuangan. Perencanaan keuangan membantu Sobat memenuhi kebutuhan Sobat bahkan ketika Sobat menghadapi hal-hal buruk atau hal-hal yang tidak Sobat inginkan.

Inilah beberapa alasan mengapa perencanaan keuangan sangat penting bagi individu. Perencanaan keuangan, khususnya, dapat membantu Sobat mencapai tujuan keuangan Sobat dengan lebih mudah. Demikian gambaran di atas dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi terbaik bagi mereka yang sedang mencari jawaban mengapa perencanaan keuangan penting bagi individu.