Panduan Pembelajaran Online

Submitted by admin on Wed, 07/28/2021 - 18:11

Kapan pembelajaran online dimulai ? ketika Sobat memanfaatkan media internet untuk belajar online saat itulah pembelajaran online dimulai. Lalu kapan pembelajaran online berakhir ? Ketika sobat sudah tidak memanfaatkan media online untuk belajar online saat itulah Sobat mengakhiri belajar online. Apakah Sobat memiliki pandangan terhadap pembelajaran online ditengah pandemi covid 19 ?

Ada pandangan terhadap pembelajaran online merupakan system pembelajaran online masa depan bagi pendidikan lalu bagaimana Sobat mengambil manfaat dari pendidikan pembelajaran online tersebut untuk meningkatkan kualitas diri baik melalui aplikasi pembelajaran online maupun lewat media online yang lain.

Pembelajaran online pada masa pandemi secara globat telah membuat naiknya jumlah kelas online dan banyak developer aplikasi membuat aplikasi pembelajaran online. Dengan platform peningkatan keterampilan online seperti Skillshare dan Masterclass memasarkan diri mereka sendiri sebagai alternatif untuk Netflix dan perusahaan besar lainnya yang menghasilkan banyak uang ke dalam teknologi yang diperlukan. Kami telah melihat kemajuan besar dalam kualitas pendidikan online.

Namun, pendidikan online menawarkan lebih dari sekadar aplikasi bahasa ajar sendiri atau kelas menulis yang direkam sebelumnya dengan Margret Attwood. Banyak universitas dan Akademi mulai menawarkan kursus online.

Bagi mereka yang tidak dapat mengikuti pendidikan formal – baik itu karena disabilitas, kekurangan dana, atau hambatan lainnya – kursus online berkualitas dapat menjadi penyelamat. Salah satu yang membuka pintu banyak orang tidak menyadari ada. Kemajuan pendidikan online adalah salah satu dari sedikit manfaat tak terduga dari pandemi covid-19.

Tidak peduli alasan Sobat BOGER ingin terjun ke pembelajatan online, Sobat akan menemukan panduan ini berisi semua yang perlu Sobat ketahui tentang memulai proses pembelajaran online. Mari kita nikmati cattan belajar online gratis tentang panduan pembelajaran online.

Apa itu Pembelajaran Online ?
Pembelajaran online tidak pernah semudah ini untuk diikuti atau disediakan. Pasar belajar online menawarkan berbagai macam kursus online di hampir setiap mata pelajaran yang Sobat inginkan. Kursus-kursus ini ditawarkan oleh para profesional kreatif, universitas, dan pekerja lepas.

Semua kursus ini memiliki satu tujuan yang sama – untuk menawarkan pelajaran kepada audiens di seluruh dunia melalui internet. Dengan banyak kursus gratis yang ditawarkan, pembelajaran online menawarkan kesempatan bagi siapa saja yang memiliki akses internet untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Telah diprediksi bahwa industri pembelajaran online akan bernilai $350 miliar pada tahun 2025 . Pasar saat ini terdiri dari berbagai bentuk penyedia pendidikan – dengan beberapa perusahaan individu bernilai lebih dari $50 juta.

Data menunjukkan bahwa (sebelum pandemi) lebih dari 6 juta orang mengikuti kelas pendidikan tinggi online di negara ini. Dan mereka menikmati kelas mereka. Sebuah studi baru - baru ini terhadap siswa yang memilih untuk berpartisipasi dalam pembelajaran online menunjukkan bahwa 85% siswa menganggap kelas online mereka sebaik jika tidak lebih baik daripada pelajaran tatap muka.

Seperti apa pembelajaran online itu?
Nah, pembelajaran online menawarkan kepada siapa saja kesempatan untuk belajar dari rumah sendiri, perpustakaan setempat, atau di mana saja yang memiliki akses internet. Pembelajaran online mencakup seluruh rentang kualifikasi, mulai dari PhD dan bentuk pendidikan tinggi lainnya, hingga kelas peningkatan keterampilan otodidak (tanpa kualifikasi akademik terlampir). Mata pelajaran apa pun yang Sobat minati untuk dipelajari, Sobat akan menemukan kursus belajar online yang membahasnya.

Pembelajaran online membutuhkan sedikit atau tidak ada perjalanan. Jika Sobat memiliki akses internet di rumah maka Sobat tidak perlu bepergian ke mana pun untuk menghadiri kelas Sobat. Rata-rata mahasiswa menempuh perjalanan antara 9-20 KM untuk menghadiri kuliah mereka (di beberapa negara jumlah ini jauh lebih tinggi).

Pembelajaran online cenderung jauh lebih murah daripada kelas tatap muka formal. Ketika membayar uang sekolah ke sekolah formal, sebagian besar digunakan untuk menyewa atau memelihara gedung tempat Sobat belajar berlangsung. Pembelajaran online mengurangi biaya overhead ini. Juga tidak ada biaya perjalanan . Dengan begitu banyak kursus yang berbeda di luar sana, pelajar memiliki pilihan untuk mendapatkan pendidikan yang bagus dengan biaya yang sangat murah.

Siapa yang Dapat Manfaat dari Pembelajaran Online?
Yang benar adalah bahwa pembelajaran online benar-benar dapat bermanfaat bagi semua orang. Pembelajaran online membuka akses ke pendidikan yang sebelumnya tidak tersedia untuk sebagian besar masyarakat kita – dari orang-orang yang tidak mampu membayar pendidikan formal, orang-orang yang tidak dapat mencabut kehidupan mereka untuk mendapatkan pendidikan, hingga orang-orang yang tidak dapat hadir secara fisik untuk alasan kesehatan.

Dewasa Muda

Ketika Sobat lulus SMA, ada banyak tekanan bagi orang dewasa muda untuk langsung terjun ke pendidikan tinggi. Namun, ini tidak mungkin untuk semua orang. Beberapa orang tidak tertarik dengan pendidikan tinggi formal, sementara yang lain tidak mampu membayar semua biaya tambahan yang datang dengan menghadiri kuliah secara langsung.

Ditambah fakta bahwa kursus online menawarkan Sobat kesempatan untuk bekerja sesuai kerangka waktu Sobat sendiri, dari rumah, dan menghemat uang dalam prosesnya. Jika Sobat ingin meningkatkan pendidikan Sobat sambil menjaga keuangan Sobat tetap terkendali, maka kursus online adalah pilihan yang bagus.

Pelajar muda juga mungkin menemukan bahwa kursus online dan kelas ekstrakurikuler jauh lebih mudah diakses secara online daripada secara langsung. Sekali lagi Sobat dapat menghemat uang untuk biaya kuliah, perjalanan, dan akomodasi.

Orang Dewasa yang Ingin Mempelajari Keterampilan Baru
Jika Sobat ingin mempelajari keterampilan baru tanpa harus menyerahkan segalanya dalam hidup Sobat dan kembali ke sekolah – Sobat akan menyukai pendidikan online. Ada begitu banyak pilihan kursus yang tersedia sehingga Sobat dapat mempelajari apa saja.  Semua ini dapat dilakukan di waktu luang Sobat setelah bekerja, atau bahkan dari meja Sobat saat istirahat makan siang.

Banyak perusahaan akan membayar kursus online yang akan mengajarkan Sobat keterampilan baru yang mereka yakini akan menguntungkan bisnis mereka. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kinerja pekerjaan Sobat dengan biaya rendah.

Pembelajaran Perusahaan
Lama berlalu adalah hari-hari ketika pelatihan perusahaan harus membosankan. Kursus online menawarkan kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan efisiensi inisiatif pelatihan di seluruh perusahaan mereka.

Pembelajaran online menawarkan perusahaan kesempatan untuk membiarkan karyawan mereka belajar melalui modul pelatihan dengan kecepatan mereka sendiri. Tim HRD kemudian dapat menguji karyawan secara individual, yang meningkatkan tingkat retensi .

Peserta didik dengan Disabilitas
Kelompok orang yang paling diuntungkan dari pembelajaran online adalah peserta didik penyandang disabilitas. Jika Sobat menderita cacat fisik atau mental, mulai dari meninggalkan rumah, bepergian, hingga menaiki tangga bisa jadi sulit. Sayangnya, banyak sekolah tidak melayani peserta didik difabel.

Jika Sobat adalah pembelajar penyandang disabilitas yang mengambil bagian dalam pembelajaran online, Sobat tidak perlu khawatir tentang masalah ini. Sobat juga akan bisa mendapatkan lebih banyak dukungan yang dipersonalisasi dan bekerja dengan kecepatan Sobat sendiri. Selain dapat bekerja dan belajar di lokasi yang dapat memenuhi kebutuhan pribadi Sobat.

Pembelajar Global
Ada permintaan besar untuk pembelajaran online di seluruh dunia. Banyak negara di seluruh dunia menganggap gelar Universitas sangat penting bagi kaum muda mereka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 89% orang tua Cina berpikir seperti ini.

Pembelajaran online memungkinkan pelajar global untuk belajar dari mana saja. Melalui skema seperti ini, pelajar global dapat menghemat uang untuk perjalanan dan akomodasi tanpa harus berkompromi dengan kualitas pendidikan mereka. Mereka dapat memiliki akses ke guru dan sekolah terbaik di dunia tanpa harus meninggalkan rumah mereka. Banyak orang mendapatkan keuntungan dari ini karena mereka dapat terus bekerja sambil mendapatkan pendidikan mereka.

Bagaimana Pembelajaran Online Dinilai?
Tidak jarang orang percaya bahwa kursus online adalah cara mudah untuk mendapatkan kualifikasi karena lebih sedikit pekerjaan yang terlibat dan lebih mudah untuk menipu. Kedua anggapan itu salah. Berikut adalah empat jenis penilaian utama yang akan Sobat jalani selama kursus online.

1. Tugas Perorangan
Sebagian besar tugas Sobat akan berbentuk tugas individu. Ini berarti bahwa Sobat telah melakukan pekerjaan Sobat sendiri dan Sobat akan menerima nilai individu untuk itu. Sebagian besar kursus akan mencakup setidaknya satu esai yang harus Sobat selesaikan sebagai individu.

Sisa tugas Sobat akan didasarkan pada jenis kursus yang Sobat pelajari. Beberapa kursus mungkin hanya meminta esai, sementara yang lain mungkin mencari pertunjukan, eksperimen, atau karya seni. Ini adalah kesempatan bagus untuk memamerkan bakat pribadi Sobat.

2. Kegiatan Kelompok
Sobat mungkin juga diminta untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok. Banyak majikan melihat ini sebagai tugas yang berharga, tidak hanya untuk membuktikan etos kerja Sobat sendiri tetapi juga bahwa Sobat dapat bekerja dengan baik dengan orang lain.

Kegiatan ini sering berbentuk presentasi kelompok. Atau eksperimen kelompok dengan tulisan individu di akhir. Atau sesuatu yang lebih relevan dengan bidang studi Sobat. Cara tugas kelompok ditandai akan bervariasi dari satu lembaga ke lembaga lainnya. Beberapa akan menandai semua tugas kelompok LULUS/GAGAL, sementara yang lain akan memberikan satu nilai kelompok, dan beberapa lembaga mungkin akan menandai peserta secara individual.

3. Kegiatan Jurnal
Sobat mungkin diminta untuk melakukan banyak refleksi diri selama kursus online. Ini adalah cara yang baik bagi guru Sobat untuk memahami proses berpikir Sobat karena mereka tidak dapat menghabiskan banyak waktu dengan Sobat. Ini juga merupakan cara yang baik bagi mereka untuk melihat bahwa Sobat telah bekerja keras dan mendekati proyek Sobat dengan benar, bahkan jika Sobat tidak berhasil pada akhirnya. Metode ini sangat umum dalam derajat ilmiah dan kreatif.

4. Ujian
Akhirnya, Sobat mungkin harus mengikuti ujian. Sayangnya tidak ada jalan keluar dari mereka, bahkan online.  Sobat mungkin harus masuk ke platform perangkat lunak yang disediakan oleh pembuat kursus untuk menyelesaikan ujian. Atau mungkin ujian lisan melalui video.

Jika Sobat melakukan kursus akademik maka Sobat akan diminta untuk menginstal perangkat lunak yang mencegah Sobat menyontek selama ujian. Atau Sobat mungkin diberi tugas menulis esai dengan tenggat waktu yang sangat ketat.

Cara Memilih Kursus Pembelajaran Online
Setelah Sobat memutuskan bahwa pendidikan online adalah pilihan yang tepat untuk Sobat, inilah saatnya untuk memikirkan jenis apa yang ingin Sobat lakukan dan di mana Sobat ingin melakukannya.

Ketika mencoba memilih sekolah, perguruan tinggi, atau universitas untuk belajar, ada banyak pertimbangan yang perlu Sobat buat. Bagi kami, menurut kami tiga elemen terpenting yang harus dipertimbangkan adalah reputasi institusi, biaya kursus, dan testimoni dari mantan siswa.

Reputasi
Dalam hal pendidikan, reputasi sekolah tempat Sobat belajar bisa sangat berarti. Gelar Kelas Satu dari Harvard tidak sama dengan gelar Kelas Satu dari Morris College. Namun, jika Sobat ingin belajar untuk bekerja di industri tertentu. Sobat harus melihat reputasi kursus serta universitas secara keseluruhan. Khususnya, jika Sobat tertarik untuk berkarir di bidang kreatif atau artistik. Sobat tidak ingin reputasi institusi Sobat bertentangan dengan semua kerja keras yang Sobat lakukan untuk mendapatkan kualifikasi Sobat.

Biaya
Hal berikutnya yang perlu Sobat pertimbangkan adalah harga kursus online. Ketika datang ke gelar sarjana dan pascasarjana, Sobat mungkin tidak mendapatkan banyak variasi harga. Namun, jenis kursus lain dapat memiliki perbedaan harga yang serius. Sobat harus memikirkan apakah menurut Sobat kursus ini akan menjadi investasi yang baik untuk masa depan Sobat. Akankah keterampilan yang Sobat pelajari dan koneksi yang Sobat hasilkan membenarkan berapa banyak uang yang perlu Sobat keluarkan untuk kursus? Apakah reputasi tutor atau institusi sesuai dengan harga yang mereka tetapkan?

Keberhasilan Siswa
Terakhir, Sobat harus melihat siapa alumni kursus online tersebut. Jika Sobat mencari kursus SEO/ belajar SEO, Sobat ingin melihat orang-orang yang mengikuti kursus tersebut, dan kemudian membangun portofolio situs web yang sukses. Jika Sobat mengikuti kursus menulis kreatif, Sobat ingin melihat bahwa orang-orang telah mengikuti kursus ini dan kemudian dipublikasikan.

Kursus atau institusi pendidikan Sobat kemungkinan akan memiliki halaman di situs webnya yang didedikasikan untuk alumninya. Juga, luangkan waktu untuk melihat apa yang dikatakan mantan siswa tentang guru, dan bagaimana kursus disusun. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendapatkan gambaran tentang seperti apa kursus itu, selain berbicara dengan orang-orang yang telah melaluinya.

Di beberapa negara – seperti Inggris – badan independen mensurvei mahasiswa setiap tahun untuk mendapatkan umpan balik yang jujur tentang universitas, program studi, dan kualitas hidup mereka. Keberhasilan dan pengalaman siswa kursus akan sangat membantu dalam menunjukkan kepada Sobat apakah kursus ini sepadan dengan uang dan waktu Sobat.

Sumber Daya Apa yang Digunakan dalam Pembelajaran Online?
Kursus Pembelajaran Online datang dalam berbagai bentuk. Beberapa diajarkan sepenuhnya menggunakan kelas video, sementara yang lain menggunakan berbagai sumber daya untuk melibatkan siswa mereka.

Ketika Sobat ingin mendaftar kursus, Sobat harus mencari tahu lebih banyak tentang bagaimana mereka mengajar kursus mereka. Secara umum, semakin banyak jenis sumber daya yang mereka sediakan, semakin besar peluang Sobat untuk mencapai kualifikasi.

Pembelajaran Online Real Time
Kelas real time online menjadi tulang punggung pembelajaran online, namun, banyak kursus memilih untuk menggunakan rekaman kuliah karena lebih nyaman bagi siswa. Kuliah Real Time mengharuskan Sobat untuk berada di depan layar Sobat saat sedang berlangsung. Mereka menawarkan Sobat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan guru. Siapa yang dapat menyesuaikan pelajaran mereka agar sesuai dengan kelompok yang belajar bersama mereka hari itu. Mampu belajar bersama untuk kuliah langsung di rumah Sobat sendiri bisa jauh lebih efektif daripada belajar di ruang kelas yang bising .

Rekaman Kuliah Tercatat
Jika Sobat mencari kursus yang sesuai dengan jadwal Sobat, maka Sobat akan ingin mencari kursus yang menawarkan rekaman kuliah. Meskipun Sobat tidak dapat berbicara dengan guru saat Sobat menonton kuliah, Sobat akan dapat menontonnya beberapa kali, sesuai permintaan, diarahkan sendiri, dan mengirim email kepada guru jika Sobat memiliki pertanyaan.

Sumber daya ini sangat berguna untuk revisi di akhir tahun.
E-Book
Banyak kursus online akan memberi Sobat E-Books dan E-Textbooks untuk membantu Sobat belajar. Manfaat utama dari E-book adalah mereka dapat dengan mudah diangkut. Ini dapat berupa versi elektronik dari karya yang sudah ada sebelumnya, atau mungkin telah disatukan oleh tim pengajar khusus untuk kursus Sobat. Mereka dapat dibaca secara elektronik jika itu yang Sobat suka, atau Sobat dapat mencetaknya jika Sobat menyiapkan salinan kertas.
Jurnal
Sebagian besar kursus pembelajaran online menawarkan akses gratis ke banyak jurnal online penting di bidang yang sesuai. Basis data ini menyimpan ribuan jurnal dan artikel yang ditinjau sejawat yang dapat dilihat dalam esai dan presentasi selama kursus online.

Ini bisa menjadi sumber penting bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana – jika perguruan tinggi Sobat tidak menawarkan ini, itu bisa menjadi hal yang ekspresif untuk mendapatkan diri Sobat sendiri.
Video
Beberapa tim pengajar mengumpulkan video yang membantu mengajarkan elemen kursus. Ini memiliki nilai produksi lebih dari ceramah yang direkam dan seringkali lebih menarik untuk ditonton.

Video-video ini dapat mencakup panduan langkah demi langkah untuk melakukan kegiatan penting untuk kursus yang dibuat oleh institusi. Mereka juga dapat berupa video yang diproduksi oleh orang luar di luar perguruan tinggi yang dibeli oleh institusi untuk membantu siswanya.

Video-video ini biasanya dapat diakses kapan saja, artinya siswa dapat menggunakannya dengan cara yang sesuai dengan jadwal mereka sendiri. Video adalah sumber daya yang bagus untuk siswa, karena lebih sedikit waktu yang digunakan guru untuk membuatnya (memberi mereka lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama siswa), dan meningkatkan tingkat retensi .
kuis
Kuis interaktif adalah cara yang bagus untuk belajar. Mereka mengakses bagian otak yang sangat mirip seperti yang dilakukan kartu flash. Dengan meminta otak untuk mengingat informasi yang dipelajari sebelumnya dengan cara yang tidak terduga, mereka membantu membangun koneksi saraf baru (juga disebut teori pembelajaran pengambilan).

Beberapa kelas mungkin menggunakan hasil tes sebagai cara untuk menentukan nilai akhir semester Sobat, sementara yang lain hanya akan menawarkannya sebagai sumber belajar.
Forum Diskusi
Banyak kursus (khususnya kursus non-akademik) menawarkan forum diskusi untuk siswa mereka sebagai bagian dari sumber daya mereka. Forum-forum ini sering digunakan sebagai wadah bagi siswa untuk saling membantu dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi. Serta tempat dimana guru dapat menjawab pertanyaan siswanya.
Wawancara
Akhirnya, banyak institusi akan mengundang pakar di bidang kursus untuk datang dan diwawancarai di depan mahasiswa sebagai dosen tamu. Kursus online akan sering melakukan ini juga, tetapi streaming wawancara daripada menahannya di ruang kuliah.

Mereka dapat melakukan ini secara langsung dan menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. Atau mereka dapat mengajukan pertanyaan sebelumnya dan memasang video sebagai ceramah yang telah direkam sebelumnya.

Pengakuan Kualifikasi Online
Seperti yang kami sebutkan secara singkat di atas, ketika memilih kursus Sobat, Sobat harus memikirkan reputasinya. Beberapa pekerjaan memerlukan tingkat kualifikasi tertentu dan tidak akan menerima yang kurang dari itu. Sedangkan kualifikasi pada jenjang yang sama dari dua universitas yang berbeda dapat dilihat memiliki nilai yang berbeda.

Berikut adalah panduan singkat tentang faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi cara pemberi kerja memandang akreditasi Sobat.

Negara Tempat Institusi Online Berbasis
Meskipun negara yang memberikan kualifikasi Sobat mungkin tidak memengaruhi jenis pengajaran yang Sobat terima – ini akan memengaruhi cara orang lain memandang kualifikasi Sobat, karena bias internal yang sering ditemukan di sebagian besar industri. Misalnya, gelar Hukum dari Kongo tidak akan terlihat memiliki nilai yang sama dengan gelar dari negara Inggris misalnya.

Institusi Swasta atau Negeri
Bias lain yang sering kita lihat dari pengusaha adalah lebih memilih pendidikan swasta daripada pendidikan umum. Di perguruan tinggi dan sekolah negeri, guru dan sekolah menerima dana dari pemerintah, sedangkan sekolah swasta mendapatkan dana dari donatur. Ini biasanya berakhir dengan institusi swasta memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan pada siswa mereka. Majikan sering lebih memperhatikan kualifikasi yang diperoleh secara pribadi.

Universitas, Sekolah, atau Akademi?
Ada banyak jenis kualifikasi yang tersedia secara online dan banyak jenis tempat yang menawarkannya. Sementara secara teknis mereka semua harus memiliki nilai yang sama dari mana pun Sobat mendapatkannya. Hal ini tidak selalu terjadi.

Misalnya, jika Sobat ingin memperoleh kualifikasi EMT, pemberi kerja mungkin lebih menghargainya jika Sobat mendapatkannya dari universitas daripada akademi – meskipun kualifikasi secara teknis akan bernilai jumlah yang sama.

Gelar, Sertifikat, atau Kualifikasi?
Terakhir, Sobat perlu memutuskan jenis kualifikasi apa yang Sobat inginkan. Sobat mungkin sudah tahu jika, misalnya, Sobat memerlukan gelar di bidang teknik untuk mendapatkan promosi yang Sobat inginkan. Sementara di sisi lain, Sobat mungkin juga mengetahui bidang studi, tetapi tidak mengetahui tingkat kualifikasi yang Sobat butuhkan.

Sobat harus memikirkan keahlian seperti apa yang Sobat butuhkan dari kualifikasi Sobat untuk membuktikan bahwa Sobat memiliki alat yang tepat untuk berhasil. Jika Sobat ingin membuktikan kepada majikan Sobat berikutnya bahwa Sobat tahu cara menggunakan wordpress, maka Sobat tidak perlu gelar di bidang teknik, sertifikat saja sudah cukup. Namun, jika Sobat ingin mendapatkan pekerjaan di NASA maka kemungkinan besar Sobat akan diharapkan untuk mendapatkan kualifikasi gelar pascasarjana.

Pilihan terakhir ini akan sepenuhnya bergantung pada apa yang Sobat butuhkan dari kursus – jangan merasa tertekan untuk berkomitmen pada kursus yang Sobat rasa tidak akan mendapat manfaat darinya.

Dukungan Apa yang Tersedia untuk Pembelajaran Online?
Salah satu kelemahan dari pembelajaran online adalah Sobat tidak mendapatkan dukungan tatap muka. Jenis dukungan yang kami butuhkan selama studi kami bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin membutuhkan dukungan akademis sementara yang lain mungkin memiliki hal lain yang terjadi dalam hidup mereka yang membutuhkan sesuatu yang lebih.

Penting untuk diingat bahwa Sobat tidak sendirian dan institusi Sobat ingin Sobat berhasil. Meminta bantuan saat Sobat membutuhkannya sangatlah penting dan Sobat mungkin akan terkejut dengan banyaknya dukungan yang Sobat terima.

Tim Dukungan Siswa
Semua institusi yang lebih besar akan memiliki tim dukungan siswa yang berdedikasi. Mereka akan dilatih untuk menangani masalah mulai dari masalah medis yang mempengaruhi studi hingga siswa yang tidak sepenuhnya memahami kursus, dan bahkan siswa yang memiliki masalah dengan guru.

Mereka harus menjadi port of call pertama Sobat jika Sobat memiliki masalah. Mereka dapat memberi tahu Sobat apa yang harus dilakukan, dan mengarahkan Sobat ke apa pun yang dapat dilakukan institusi untuk Sobat. Mereka juga akan dapat memberikan dukungan pendidikan dan keuangan jika diperlukan.

Dosen In-House dan Freelance
Jika Sobat mengalami masalah, Sobat akan ingin agar dosen Sobat tetap terhubung – karena mereka hanya dapat membantu Sobat jika mereka tahu ada masalah. Mereka akan dapat membantu Sobat dengan masalah apa pun yang Sobat alami dengan kursus itu sendiri. Tetapi jika masalah Sobat berada di luar cakupan ini, mereka mungkin mengarahkan Sobat ke dukungan siswa jika Sobat memerlukan ekstensi karena masalah eksternal.

Banyak institusi online telah berinvestasi dalam perangkat lunak seperti Lark atau Blackboard, yang menciptakan ruang bagi siswa dan guru untuk berkomunikasi dengan aman.

Dr. Amjad, seorang Profesor di The University of Jordan mencatat, “Ini telah mengubah cara mengajar. Ini memungkinkan saya untuk menjangkau siswa saya secara lebih efisien dan efektif melalui grup obrolan, rapat video, pemungutan suara, dan juga berbagi dokumen, terutama selama pandemi ini. Murid-murid saya juga merasa lebih mudah untuk berkomunikasi di Lark.'

Tantangan Pembelajaran Online
Ada beberapa kelemahan belajar online yang harus Sobat ketahui sebelum memulai kursus Sobat. Meskipun sistem ini memiliki banyak manfaat, tidak ada yang sempurna.

Banyak Waktu Menatap Layar
Salah satu kelemahan nyata dari mengambil kelas online adalah Sobat akan secara drastis meningkatkan waktu melihat layar monitor. Ada banyak efek samping negatif dari screen time tingkat tinggi. Ini termasuk sakit leher dan punggung kronis, Cedera Regangan Berulang, dan migrain.

Banyaknya waktu di depan layar dapat mengurangi jumlah waktu tidur Sobat. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan kolesterol dan membuat Sobat menjadi orang yang kurang gerak. Kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan tingkat kecemasan dan episode depresi yang lebih dalam.

Disarankan bahwa jika Sobat ingin meningkatkan waktu di depan layar, maka Sobat harus meningkatkan jumlah waktu yang Sobat habiskan untuk berolahraga. Sobat juga disarankan untuk meningkatkan jumlah waktu yang Sobat habiskan di luar. Dokter juga menyarankan Sobat untuk mencoba melakukan peregangan saat Sobat bisa untuk mengurangi kemungkinan mengembangkan masalah ketegangan berulang. Mungkin juga berinvestasi dalam beberapa kacamata cahaya biru juga, hanya untuk melindungi mata Sobat dalam jangka panjang.

Masalah Teknologi
Saat Sobat menghadiri kelas online, Sobat sepenuhnya bergantung pada teknologi Sobat. Jika Sobat memiliki koneksi internet yang buruk, Sobat akan kesulitan untuk dapat mengikuti kelas online, dan bahkan untuk mengakses beberapa konten yang telah direkam sebelumnya.

Sobat akan memerlukan koneksi internet yang andal dan laptop yang kokoh untuk dapat menyelesaikan sebagian besar kursus online. Tanpa barang-barang ini, Sobat akan berjuang dan mungkin tertinggal.

Banyak universitas akan menyediakan laptop untuk mahasiswa yang tidak mampu membelinya sendiri. Jika Sobat termasuk dalam kategori ini, Sobat harus melihat hibah dan beasiswa yang ditawarkan universitas Sobat kepada orang-orang dengan upah lebih rendah.

Dapat Mengisolasi
Kerugian lain dari belajar dari rumah adalah bisa sangat sepi . Terutama jika Sobat mengikuti pendidikan online penuh waktu. Selama setahun terakhir, banyak siswa mengeluh bahwa kurangnya interaksi sosial yang datang dengan menghadiri kelas online telah menyebabkan sejumlah besar kerusakan pada kondisi mental mereka. Banyak yang melaporkan merasa sendirian, terisolasi, dan tertekan karena perubahan dalam kehidupan sosial mereka.

Namun, banyak pembelajar online bekerja serta belajar atau tidak dapat menghadiri pelajaran tradisional sehingga dapat memiliki lebih banyak interaksi sosial daripada yang seharusnya mereka lakukan.

Tidak ada data yang jelas tentang bagaimana memilih untuk pergi ke kelas online mempengaruhi perasaan orang yang terisolasi. Karena sebagian besar penelitian telah dilakukan pada orang-orang yang harus mulai belajar online karena sekolah mereka ditutup.

Manfaat Belajar Online
Sebelum kami meninggalkan Sobat untuk memulai perjalanan Sobat ke pembelajaran online, kami ingin merangkum manfaat pembelajaran online.

Nyaman
belajar online adalah salah satu cara paling nyaman untuk belajar – dan akan terus berlanjut, sampai mereka belajar cara mengunduh pengetahuan langsung ke otak kita! Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat retensi ketika mempelajari materi online antara 25-60% dibandingkan dengan sangat sedikit 8-10% di kelas tradisional.

Sobat dapat belajar dari mana pun Sobat inginkan. Sobat tidak perlu khawatir harus datang ke perkuliahan tepat waktu atau bahkan harus tinggal di negara yang sama dengan kampus Sobat. Jika Sobat adalah seseorang yang kekurangan waktu maka pembelajaran online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Sobat.

Fleksibel
Selain menawarkan Sobat kesempatan untuk belajar dari rumah (atau di bus selama perjalanan Sobat), pembelajaran online juga memberikan banyak fleksibilitas dalam hal kapan Sobat dapat belajar. Kelas online cenderung terdiri dari kuliah pra-rekaman yang dapat diakses kapan saja dan ditinjau juga.

Selain itu, Sobat dapat menggunakan berbagai perangkat untuk melihat konten kursus, laptop, desktop, tablet, dan bahkan ponsel Sobat. Pembelajaran online adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang yang memiliki banyak tanggung jawab pengasuhan anak, atau yang bekerja penuh waktu – karena prosesnya cukup fleksibel untuk mengatasi jadwal Sobat.

Membuat Pendidikan Tinggi Lebih Mudah Diakses
Jika Sobat adalah seseorang yang tinggal di suatu tempat di mana pendidikan tinggi sulit diakses. Atau jika Sobat memiliki disabilitas yang menghalangi Sobat untuk dapat berpartisipasi dalam pendidikan formal, maka Sobat mungkin ingin mempertimbangkan pembelajaran online.Belajar online tidak datang dengan batasan fisik yang sama dengan sekolah tradisional.

Efisien
Bepergian bolak-balik ke kampus untuk menghadiri kelas dapat menjadi sangat tidak efisien. Terutama ketika Sobat tidak punya banyak waktu luang di tempat pertama. Telah terbukti bahwa belajar online hingga 60% lebih efisien waktu daripada pendidikan formal – baik untuk guru maupun siswa.

Dengan memangkas waktu perjalanan ini Sobat bisa jauh lebih produktif dan efisien. Sebagian besar pelajar rumahan menemukan bahwa mereka dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam sehari ketika mereka belajar atau bekerja dari rumah.

Terjangkau
Akhirnya, pembelajaran online merupakan layanan online yang jauh lebih terjangkau daripada bentuk pendidikan formal. Sobat membayar lebih sedikit untuk akomodasi dan perjalanan. Sobat juga dapat tetap bekerja sambil mengikuti kelas online.

Biaya kuliah sering kali lebih rendah untuk kelas online daripada kelas tatap muka (khususnya untuk siswa internasional), karena institusi tidak perlu membayar sewa atau fasilitas gedung.. Sobat dapat menghemat banyak uang dengan belajar online