Cara Meningkatkan Peringkat Kata Kunci Blog Tanpa Membangun Tautan

Submitted by admin on Fri, 01/14/2022 - 20:30

Bisakah Sobat Meningkatkan Peringkat Kata Kunci Tanpa Membangun Tautan?

apakah tautan itu / apakah arti tautan itu ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari tautan adalah hasil bertaut, kaitan, hubungan. Terus apa maksud membangun tautan dalam dalam dunia SEO ? Membangun tautan (Link Building) artinya Sobat menautkan blog yang sobat miliki ke blog lain agar terhubung dengan blog tersebut atau sobat menautkan antar artikel di blog Sobat.

Dalam dunia SEO ada istilah Backlink dan internal link. Apa itu Backlink ? Backlink adalah menautkan blog/website ke website lain agar menautkan tautan ke blog/ website tersebut. A[abila ada blog ada yang menautkan tautan ke blog sobat artinya sobat mendapatkan backlink dari website yang menautkan tautan tersebut. Lalu apa arti internal link ? Internal link adalah tautan, kaitan, hubungan antar halaman internal blog/website. Bisa dipahami kan sobat belajar online gratis pengertian tautan dalam dunia SEO tersebut ?

Setelah sobat belajar online memahami apakah arti tautan tersebut, mungkin sobat masih bertanya-tanya mungkinkah meningkatkan peringkat kata kunci yang ditargetkan tanpa membangun tautan (link building) ? Berikut lima cara meningkatkan peringkat posisi kata kunci target blog / website yang bisa dilakukan oleh sobat yang sedang belajar seo online.

Hal pertama yang kita pahami dalam meningkatkan peringkat target kata kunci blog, mari kita definisikan apa yang kita maksud dengan “peringkat kata kunci”. Dalam penggunaan istilah tersebut, belajaronlinegratis.com lebih suka menggunakan istilah "query" yang biasa digunakan oleh developer yang berkutat dengan data base yang artinya query adalah permintaan informasi atau pertanyaan tertentu dari sebuah database yang ditulis dalam format tertentu dan "positioning", secara harfiah artinya posisi/peringkat yaitu posisi blog dalam pencarian mesin pencari meskipun kata kunci dan peringkat adalah subteks untuk dua definisi yang lebih komprehensif ini.

Peringkat (positioning) menyimpulkan bahwa ada posisi yang dilihat semua orang dan posisi itu mutlak, yang bukan lagi cara kerja Google (query). Pemosisian mengacu pada tempat situs ditempatkan di halaman relatif terhadap pengubah halus yang digunakan Google seperti geolokasi, keberadaan item lokal seperti paket peta, dan personalisasi pengguna. Sobat dapat menggunakan peringkat ketika berbicara tentang SERP tertentu, tetapi ini adalah bagian dari konsep penentuan posisi.

Kueri adalah representasi yang lebih baik tentang bagaimana Google bekerja dengan bahasa akhir-akhir ini, meskipun Sobat akan memiliki kata kunci di dalam kueri.Jadi Bagaimana Dengan Query Positioning? (Peringkat Kata Kunci). Apakah Sobat harus memiliki tautan?

Kita harus jelas, sebuah situs membutuhkan link. Kita semua mungkin menyadari bahwa Google mengatakan bahwa Sobat dapat menentukan peringkat tanpa tautan dan meskipun itu bukan tidak mungkin , untuk mempertahankan pemosisian dalam kueri yang cukup kompetitif hingga yang kompetitif, Sobat akan memerlukan tautan.

Bagaimana Sobat memperoleh tautan itu adalah masalah strategi atau taktik apa yang Sobat gunakan, tetapi tautan adalah suatu keharusan. Namun, pertanyaannya adalah dapatkah Sobat meningkatkan positioning tanpa tautan tersebut? Dan jawabannya adalah ya, ya Sobat bisa, dalam banyak hal.

Bagaimana Sobat Dapat Meningkatkan peringkat blog di mesing pencari Tanpa Tautan ? Sebuah situs memiliki serangkaian peringkat internal yang diberikan oleh Google yang terdiri dari ratusan (mungkin dikabarkan ribuan) faktor peringkat , sehingga peningkatan di seluruh sinyal lain (di luar tautan) bisa sangat berdampak pada posisi situs.

Jadi apa secara spesifik beberapa hal yang dapat Sobat kerjakan untuk meningkatkan nilai itu dan karenanya meningkatkan posisi blog Sobat di mesin pencari google ?  Berikut 5 cara meningkatkan peringkat posisi quey blog tanpa membangun tautan.

1. Peningkatan Perayapan & Pengindeksan Situs

Sebelum membaca lebih lanjut coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

    Apakah Google dapat meng-crawl halaman blog/website Sobat dengan baik?
    Apakah ada perangkap laba-laba atau redirect loop?
    Bagaimana cara kerja kanonik Sobat?
    Apakah Sobat membuat penghalang jalan spider google untuk merayapi blog yang membuat Google keluar dari blog ?

Gunakan alat seperti Screaming Frog dan lihat seberapa baik situs Sobat dirayapi dan pastikan Sobat memeriksanya dengan mobile user agent. Untuk menambah wawasan tentan Mobile First Index (MFI) silahkan baca artikel apakah konten untuk mobile dan desktop harus sama. Bahkan jika Sobat belum pindah ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler, Sobat akan segera melakukannya dan penting bagi Sobat untuk mengetahui bagaimana situs Sobat dirayapi.


2. Skema

Meskipun schema bukan merupakan faktor peringkat langsung, ini adalah bagian dari bagaimana halaman berakhir di cuplikan fitur tertentu, jadi Sobat akan ingin meninjau skema dan menemukan yang terbaik untuk Sobat dan situs Sobat. Google lebih suka Sobat menggunakan versi JSON-LD . Ingatlah bahwa tidak ada yang akan muncul di konten skema yang berbeda dari apa yang ada di halaman. Google menganggap bahwa penyelubungan dan situs Sobat kemungkinan akan menerima tindakan manual.


3. Peningkatan Kecepatan Proses Buka Halaman Blog

Kecepatan halaman adalah faktor peringkat menurut Google. Sementara beberapa faktor hanya dapat mengandalkan pengalaman untuk memberi tahu bahwa itu berfungsi, kecepatan halaman adalah salah satu yang Google katakan kepada pemilik blog bahwa peningkatan kecepatan loading blog penting untuk menaikkan posisi blog dalam query tertentu.

Ini berarti ketika Google pergi untuk merayapi dan mengambil dokumen untuk mengisi permintaan hasil pencarian dan semuanya sama, situs dengan kecepatan halaman yang lebih baik akan menjadi faktor yang digunakan Google untuk memutuskan mana yang akan muncul lebih dulu.

Apa yang tidak diberitahukan oleh Google kepada Sobat adalah, ya, itu hanyalah pemutus ketika sinyal kecepatan halaman Sobat sudah bagus. Tetapi jika Sobat memiliki situs yang sangat lambat, memperbaiki masalah itu dapat menyebabkan peningkatan lebih dari 100% atau lebih dalam hal lalu lintas.

Bagaimana cara memperbaiki kecepatan blog / website ?

Google tidak memberi tahu secara khusus, tetapi jika Sobat menguji blog Sobat dengan spesifikasi Google (agen pengguna 3G, Nexus 5+) dan situs tersebut muncul dalam waktu lebih dari 10 detik pada pemuatan halaman penuh dan lebih dari 4-5 detik pada DOM (Document Model Objek – pada dasarnya HTML dan dependensi Sobat) peningkatan 50% atau lebih dalam kecepatan itu dapat menghasilkan peningkatan yang sangat signifikan dalam pemosisian dan lalu lintas. Untuk mengetahui kecepatan speed blog /situs, sobat belajar online dapat menggunakan tool dari google yaitu Google PageSpeed.

4. Relevansi Konten & Optimasi Pada Halaman

Relevansi konten dimulai dengan tag judul . Jika Sobat ingin ditemukan untuk kueri, tag judul masih merupakan salah satu tempat terbaik untuk menambahkannya. Gunakan istilah utama blog (target kata kunci blog) dalam kueri dan simpan kata-kata penting di sebelah kiri (untuk bahasa LTR, kanan untuk bahasa RTL).

Sementara Google menggunakan pixel width untuk menentukan berapa lama tag itu seharusnya, jika Sobat menyimpan kata-kata di bawah 60 karakter dengan spasi, Sobat harus menyesuaikan ruang yang dialokasikan di SERPs hampir 100% dari waktu tanpa memicu "..." yang ditakuti.

Selanjutnya, Sobat harus memastikan bahwa Sobat telah mengoptimalkan item di halaman . Ini akan menjadi:

H1 tag

Tag H1 penting .

Paragraf pertama

Dulu Google hampir membutuhkan beberapa penyebutan kata kunci di paragraf pertama untuk menentukan peringkat situs terbaik (Dikenal sebagai TF-IDF), tetapi sekarang dengan kemajuan mesin penccarian google, mereka dalam interpretasi bahasa, ini tidak dianggap perlu.

Namun, masih bagus untuk mengirim sinyal di paragraf pembuka tentang isi halaman tersebut dan ini tidak hanya untuk Google, tetapi juga pengguna.

Atribut Alt tag dalam Gambar

Catatan ini tidak boleh menjadi spam. Sobat bahkan bisa mendapatkan tindakan manual untuk melakukannya, tetapi jika Sobat menautkan gambar, atribut itu sama seperti meletakkan anchor teks di tautan. Juga, dengan penekanan Google baru-baru ini pada pencarian gambar, Sobat pasti ingin mengoptimalkan gambar untuk pengambilan view tambahan di sana.

Harap diingat meskipun tag ini terutama untuk penyandang disabilitas dan Sobat harus mengikuti panduan aksesibilitas WCAG untuk penerapan yang tepat.

Keterangan di Sekitar Gambar

Google menggunakan teks dan konteks di sekitar gambar untuk membantu memberi peringkat yang lebih baik dalam pencarian gambar , jadi Sobat harus memastikan telah menambahkan keterangan di sekitar gambar ke halaman jika memungkinkan.

Isi (Konten)

Ini mungkin tampak seperti tidak punya otak, tetapi mengejutkan betapa seringnya diabaikan. Pastikan Sobat benar-benar menyebutkan istilah kueri penggerak lalu lintas di halaman. Kami memiliki masalah di mana klien tidak menggunakan istilah kueri, tetapi hanya sebagian, dan kemudian tidak muncul sama sekali untuk istilah penuh yang mereka inginkan untuk melihat peringkat situs.

Masalahnya adalah, Google tidak pandai menafsirkan maksud bahasa seperti yang dipikirkan banyak orang. Jadi jika Sobat menjual buku cara belajar online gratis dan Sobat memasang halaman tentang belajar dengan gambar orang sedang memegang buku, manusia akan mengerti maksudnya adalah berbicara tentang bagaimana cara belajar online, tetapi Google tidak akan melakukannya, dan Sobat tidak akan mendapat peringkat kata kunci cara belajar online gratis untuk kueri cara belajar belajar online gratis tersebut.


5. Accelerated Mobile Pages

Accelerated Mobile Pages (AMP) sendiri tidak akan membantu dalam menentukan peringkat Google, tetapi diperlukan untuk penempatan halaman tertentu. Misalnya, jika Sobat ingin berada di kanal berita, selain berada di program Google News, Sobat harus memiliki halaman AMP atau Sobat tidak dapat muncul di sana. Hal ini juga berlaku untuk cerita AMP. Jadi hanya dengan menggunakan AMP, Sobat bisa masuk ke bagian atas penempatan halaman yang tidak terbuka untuk Sobat sebelumnya.


Itulah 5 cara meningkatkan peringkat kata kunci blog tanpa membangun tautan yang sobat bisa lakukan untuk meningkatkan peringkat kata kunci (keyword) tanpa membangun tautan ( Link Building ). Ini bukan satu-satunya hal yang dapat Sobat lakukan untuk meningkatkan visibilitas halaman blog, tetapi ini adalah beberapa perubahan yang lebih berdampak yang dapat dilakukan pada blog / situs untuk meningkatkan posisi blog tanpa membuat tautan ke halaman tersebut.

Sederhananya: ya Sobat dapat memberi peringkat situs yang lebih baik untuk istilah tertentu tanpa tautan meskipun jika situs tersebut berada dalam ceruk yang cukup kompetitif hingga kompetitif, itu tidak akan bertahan lama tanpa tautan tersebut.