Apakah Internal Link NoFollow Mempengaruhi Kualitas SEO Blog ?

Submitted by admin on Sat, 01/08/2022 - 06:05

Pada konten belajar SEO sebelumnya belajaronlinegratis.com berbagi artikel tentang Arikel VS Halaman Kategori pengaruhnya terhadap masil pencarian mesin pencari. Pada artikel ini, belajar online akan berbagi artikel Akankah Tautan Internal (Internal Link) Nofollowed Mempengaruhi kualitas SEO blog

Apakah penggunaan atribut nofollow pada internal link benar-benar membuat Google curiga dan berdampak negatif terhadap SEO?  Apakah sobat belajar online memanfaatkan SEO tools untuk menaikkan peringkat mesin pencari ? Sobat lagi galau karena Tools SEO yang sobat gunakan menginformasikan peringatan kesalahan berikut:

“Tautan internal (internal Links) menggunakan atribut 'nofollow'

Menggunakan atribut tautan nofollow menunjukkan bahwa Sobat tidak tahu apakah Sobat memercayai suatu tautan, jadi menggunakannya pada tautan internal akan membuat Google meragukan kualitas blog.

Tautan internal berikut menggunakan atribut nofollow:”

Dari infosi tools SEO tersebut mengarah ke tautan komentar memiliki tag "nofollow". Apakah ini akan memengaruhi SEO blog untuk peringkat hasil pencarian Google?

Tidak. Ini tidak akan mempengaruhi peringkat SEO blog untuk Google, Bing, atau mesin pencari lainnya .Ini adalah masalah dengan hanya menggunakan alat untuk melakukan SEO. Mereka memiliki kecenderungan untuk memunculkan banyak hal positif palsu.

Ini diperlukan karena tools seo tidak dapat memahami karakter yang dapat dipahami manusia, tetapi dapat menjadi tantangan ketika penjelasan yang diberikan juga tidak akurat tentang internal links nofollow. Sobat benar-benar dapat menggunakan nofollow pada tautan internal blog.

Sebenarnya, jika Sobat tidak ingin halaman seperti layar login atau komentar di blog ditampilkan dalam pencarian, nofollow adalah salah satu cara yang baik untuk mencapainya. Dan tidak ada alasan bagus untuk mengizinkan orang menautkan ke halaman tersebut secara langsung, Sobat juga tidak ingin mereka muncul dalam pencarian, jadi nofollow adalah cara yang sepenuhnya dapat diterima untuk menanganinya.

Agar sobat belajar SEO lebih yakin lagi dan memanfaatkan atribut nofollow dalam blog belajar online berikut beberapa manfaat penerapan atribut nofollow. Pada blog Nofollow hanya berfungsi untuk menyembunyikan halaman dari hasil pencarian dan bisa juga dipasangkan dengan perintah noindex pada halaman tujuan dan tidak ada link lain yang dapat diikuti ke halaman tersebut. Sobat belajar SEO dapat memanfaatkan internal link Nofollow untuk hal-hal berikut ini:

  •    Meningkatkan kualitas SEO dalam hasil mesin pencari dapat terjaga
  •     Komentar spam link building akan diminimalisir
  •     Menstabilkan internal link dan membuat Google crawler mudah mengikutinya.


Banyak orang mengira Google menemukan “nofollow”, tetapi kenyataannya tidak. Nofollow adalah microformat tempat Matt Cutts (sebelumnya dari Google) dan Jason Shellen (sebelumnya dari Blogger) berkolaborasi.

Bagaimana Sobat belajar SEO, setelah belajar dan membaca artikel Apakah Internal Link NoFollow Mempengaruhi Kualitas SEO Blog yakin untuk menggunakan atribut no follow untuk blog sobat ?